Yosephina G. Making,Srikandi Partai Nasdem Dikenal Sosok Pejuang yang Gigih 

oleh -1970 Dilihat

 

PERHELATAN pemilu tahun 2024 tinggal menghitung hari. Partai politik (Parpol) tentunya sudah menyiapkan calon-calon terbaik untuk bertarung pada pemilu serentak 2024.

Yosephina G, Making adalah sosok pejuang yang pantang menyerah sebelum tujuannya tercapai. Sikap pantang mundur benar-benar sudah terpatri di dalam hatinya. Ia senantiasa memiliki niat yang tulus untuk terus berusaha maju guna membuktikan bahwa yang hak adalah kebenaran. Itulah salah salah satu prinsip yang selalu tertanam dalam setiap gerak dan langkah akan Yosephina G, Making 

ini terlukis dari kegigihanya dalam bekerja, awalnya ia berprofesi sebagai Tenaga Honor pada Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur (Flotim), tahun 1986 hingga Tahun 1999,  Tahun 2000 membentuk koperasi Efata dan menjadi bendahara mengembangkan koperasi gereja di kelurahan Onatali sejak Tahun 2007 menjadi ketua koperasi efata sampai dengan tahun 2012. Tahun 2017 membentuk koperasi ibu-ibu PKK kecamatan Roteng (bunda siaga), sampai dengan saat ini. 

Keluarga Yosephina G. Making,S.E bersama suami dan ke-3 putrinya

 

Membentuk kelompok untuk UP2K PKK di Kelurahan  Onatali, menjadi sekertaris PKK, tahun 2010 sampai tahun 2023. Menjabat  sekertaris WKRI Ranting Roteng sampai sekarang. Menjabat  Admin pengecer pupuk subsidi Kecamatan Rote Tengah.

Dengan jiwa pekerja keras Partai Nasional Demokrat (Nasdem), diwilayah Kabupaten Rote Ndao  memunculkan dirinya sebagai calon srikandi terbaik, yang mampu bersaing di kancah pemilihan anggota DPRD Rote Ndao tahun 2024 dari Daerah Pemilihan 2.

READ  Kapolsek RBD, Polri Mendorong Budaya Literasi dengan Distribusi Buku Hingga ke Pelosok Negeri

Tentu dengan munculnya calon srikandi baru dari partai Nasdem ini menjadi tanda tanya, siapakah Srikandi tersebut, yang mampu bersaing dengan para politik senior.

Dialah  Yosefina G Making,S.E Ia komitmen memperjuangkan kebijakan yang pro gender. sejak awal  selalu menyosialisasikan keterwakilan perempuan masuk legislatif kepada masyarakat.

Yosefina merupakan srikandi yang dikenal sejawatnya ramah tamah dan murah senyum ini dan pekerja keras yang selalu berpihak pada kaum perempuan, beberapa organisasi formal dan nonformal telah dibentuk dan berhasil dan kini masih eksis.   

Namun diakui tak bisa berbuat banyak dan lebih luas menjangkau kaum perempauan, oleh karena itu, dengan rendah hati Ia  mencalonkan diri sebagai anggota legislatif dari partai Nasdem. 

Bersama Keluarga Besar Flores Timur di Kabupaten Rote Ndao

“Jika Kaum Perempuan mendukung dan Tuhan merestui terpilih sebagai Legislatif ia akan memperjuangkan masyarakat daerah pemilihanya terutama kaum perempuan yang belum mendapat perhatian, Meskipun, saat ini kita baru sebagai bakal calon (balon) legislatif dari partai Nasdem Nomor urut 5 Dapil II dengan Nomor caleg  Urut 6 meliputi, Kecamatan Rote Tengah, Kecamatan Pantai Baru, Kecamatan Rote Timur, Kecamatan Landu leko dan Kecamatan Rote Selatan, tetapi kita punya langkah kedepan untuk masyarakat, yaitu kerja nyata tidak muluk-muluk,” ujar wanita Alumni Unstar Rote tahun 2007 ini saat ditemui media ini dikediamannya, Rabu 7 Juni 2023.

READ  Ganjar Pranowo Sapa Pulau Rote Dengan Nuansa Adat

Kendati demikian, Ia menceritakan mengapa dirinya ingin terjun ke dunia politik dan bersaing dengan kaum adam (laki-laki) tentulah, hal ini tidak mudah. Namun, dengan kepolosan hatinya menjawab.

“Saya ingin mencalonkan diri sebagai wakil rakyat, itu benar-benar terbersit dari hati saya pribadi. Yosephina Biasa disapa, inilah yang dinamakan panggilan hati, cukup dengan niat, tentu akan mendapat hasil yang baik, hal ini telah saya alami, membentuk beberapa komunitas perempuan termasuk membangun koperasi, adalah niat awal yang baik,” tuturnya.

Biodata

Nama    : Yosephina Gunung Making,SE

Alamat  : RT/RW, 013,008 Kelurahan  Onatali, Kecamatan  Roteng,Kabupaten  Rote Ndao, Provinsi NTT.

TTL       : Flores Timur, 14 Spetember 1964.

Pendidikan :

  1. Sekolah Dasar ; SDK Leworook, tahun 1979
  2. SMP PGRI Kupang  tahun 1983
  3. SMEA Negeri Kupang tahun 1986
  4. Perguruan Tinggi, Universitas Nusa Lontar (Unstar) Tahun  2007 angkatan ke-2, Fakultas Ekonomi 

Riwayat pekerjaan 

  • Tenaga Honor pada pada Dinas Pertanian Kabupaten Flores Timur (Flotim), tahun 1986 hingga Tahun 1999.
  • Tahun 2000 membentuk koperasi Efata dan menjadi bendahara mengembangkan koperasi gereja di kelurahan Onatali  Tahun 2007 menjadi ketua koperasi efata sampai dengan tahun 2012.
  • Tahun 2017 membentuk koperasi ibu-ibu PKK kecamatan Roteng (bunda siaga), sampai dengan sekarang, 
  • Membentuk kelompok untuk UP2k PKK di kel onatali, menjadi sekertaris PKK, tahun 2010 sampai tahun 2023
  • Menjabat  sekertaris WKRI ranting Roteng sampai sekarang 
  • Menjabat  Admin pengecer pupuk subsidi Kecamatan Rote Tengah, 
READ  Alfons Lau segera Dilantik sebagai Pengganti Antar Waktu almarhum Anwar Kiah di DPRD Kabupaten Rote Ndao

Hobby. 

“Bertani dilingkungan halaman rumah, gemar menanam tanaman kebutuh rumah tangga dengan hasilnya PKK.

Maka dari semua rangkaian kerja yang sering dilakukan ini keinginan menjadi bakal caleg adalah keterwakilan perempuan membawa aspirasi yang terkait dengan rumah tanggah dengan gerakan prempuan sehingga keterlibatan perempuan dalam segala bidang adalah melalui upaya untuk menghidupkan gerakan organisasi perempuan dan rumah tanggah atau keluarga. lebih intens lewat sosok perempuan saya merasa  tidak bisa banyak omong atau berdebat atau menghabiskan dengan suka kerja nyata,”

Yosefina adalah anak ke-3  dari 9 bersaudara,  menikah dengan Tarsisius Sani Koten,S.Pd. Pada tahun 1990 silam.

dari hasil pernikahan dikarunia 3 orang Putri cantik  yang kini telah menyesaikan pendidikan strata satu dan dua. 

  1. Maria Theresia Reza, S.Kep
  2. Yohana Fransiska Nuli Koten,S.Pd
  3. Maria Carolina W Kotten,S.Tr. Kep, M,H Kes 

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.