Upacara Peringatan HUT Ke-78 Tentara Nasional Indonesia di Pulau Rote, sebagai momen refleksi bagi Anggota TNI

oleh -1020 Dilihat

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Letkol Mar Nikodemus Balla, M.Tr,Opsla, Danlanal Pulau Rote, memiliki kehormatan menjadi Inspektur Upacara dan membacakan amanat Panglima TNI, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. Upacara berlangsung dengan semangat yang tinggi di Makodim 1627 Kabupaten Rote Ndao pada hari Kamis, 5 Oktober 2023.

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengusung tema “TNI Patriot NKRI Indonesia Maju Pengawal Demokrasi.” Dalam tema ini, TNI berkomitmen untuk menjaga amanat Sapta Marga, sumpah prajurit, dan Delapan Wajib TNI, serta terus memelihara kemanunggalan dan kepercayaan rakyat kepada TNI.

Dandim 1627 Kabupaten Rote Ndao, Letkol Inf Alber Inkiriwang, S.i.p., menyampaikan pesan penting dalam perayaan HUT TNI ke-78 ini. Dia mengungkapkan bahwa peringatan ini harus menjadi momen refleksi dan introspeksi bagi seluruh prajurit TNI, terutama yang berdinas di wilayah Kabupaten Rote Ndao.

READ  Sidang Perdana Digelar Atas Gugatan CV Permata Bunda Terhadap Pemda dan PT 51, Mediasi Jadi Upaya Penyelesaian

Dandim Inkiriwang mengatakan bahwa selama 78 tahun perjalanan TNI, mereka telah menerima banyak koreksi, introspeksi, dan evaluasi dari masyarakat. “Tentu itu menjadi kado terindah bagi kami dalam rangka meningkatkan kinerja dan pengabdian kepada bangsa dan negara di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Tema HUT TNI ke-78, yaitu Profesionalisme TNI untuk rakyat, dipilih sebagai bentuk pertanggung jawaban TNI kepada rakyat. Dandim Inkiriwang menegaskan bahwa semua yang dilakukan oleh TNI adalah untuk memenuhi tugas mereka dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

READ  Pemuda Papua Dukung Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi

“Dengan peningkatan profesionalisme, pendidikan, latihan, peralatan militer, kami berkomitmen untuk memberikan sumbangsih yang lebih besar demi kemajuan masyarakat dan negara yang kami cintai,” tambahnya.

Dandim Inkiriwang juga mengingatkan bahwa Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 mengamanatkan negara untuk melindungi bangsa Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan menjaga ketertiban dunia. TNI memandang hal ini sebagai kewajiban yang harus diemban sesuai dengan porsi yang diberikan oleh negara.

Selain itu, Dandim Inkiriwang juga memberikan pesan kepada pimpinan partai politik, penyelenggara pemilu, dan semua yang terkait dengan pemilu tahun 2024. Dia menekankan pentingnya memandang pemilu sebagai sarana untuk memajukan negeri dan menghindari sikap-sikap destruktif.

READ  Pemdes Oeleu Bagikan Bantuan Kacang Tanah dan Kacang Hijau untuk Masyarakat Desa

Acara peringatan HUT TNI ke-78 ini juga dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, yang diwakili oleh Armis Saek Asisten II. Kehadiran juga dari Kapolres Kabupaten Rote Ndao, AKBP Mardiono, pimpinan OPD Kabupaten Rote Ndao, Kepala BUMN/BUMD, aparat Polres Rote Ndao, aparat TNI Kodim 1627, Persit Kartika Candra Kirana AD, Jalasenastri ibu-ibu AL, serta insan pers.

Peringatan HUT TNI ke-78 ini menjadi momentum untuk merayakan peran TNI dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengabdi kepada masyarakat serta negara. Semoga semangat patriotisme dan profesionalisme TNI terus tumbuh demi kemajuan Indonesia.

(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.