Tiga Parpol Mendaftarkan Caleg Hari Ini, PDIP dan PSI Lengkap NasDem Dikembalikan untuk Diperbaiki

oleh -2390 Dilihat

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Tiga partai politik (parpol) mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rote Ndao, Kamis (11/05/2023).

Ketiga parpol tersebut, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Nasional Demokrat (NasDem). PDIP dan PSI dinyatkan lengkap, sementara NasDem dikembalikan untuk diperbaiki.

Pantauan victorynews.id, di kantor KPU Rote Ndao sejak pukul 10.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita, PDIP menjadi peserta yang pertama mendaftar pada pukul 10.15 Wita. Selanjutnya berturut-turut, PSI pada pukul 14.00 Wita dan NasDem pada pukul 15.00 Wita.

Ketua KPU Rote Ndao Christian Dae Panie kepada victorynews.id menjelaskan, hasil pemeriksaan berkas pendaftaran bacaleg yang diajukan oleh masing-masing parpol tersebut, dua parpol yakni PDIP dan PSI dinyatakan lengkap dan ditetapkan dalam Berita Acara Penerimaan Berkas Pendaftaran.

READ  Ikatan Keluarga Besar Faot Resmi Terbentuk di Kota SoE

Sementara untuk Partai NasDem, walaupun telah memasukan seluruh dokumen Pengajuan Bacaleg yang lampirannya nama caleg dapil 1, dapil 2, dan dapil 3 serta Formulir Persetujuan bakal calon yang ditandatangani oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP. Namun masih ada kekurangan, sehingga dibuatkan Berita Acara Pengembalian berkas untuk dilengkapi selama masa pendaftaran, hingga 14 Mei pukul 23.59 Wita mendatang.

Dikatakan Christian Dae Panie, sebenarnya semua dokumen yang disyaratkan dalam pengajuan Baceleg NasDem dan yang diupload di Silon KPU itu semuanya terpenuhi.

Namun, lanjut dia, terdapat perbedaan foto dari salah satu bacaleg yang berjenis kelamin laki-laki tertempel foto seorang perempuan. Selanjutnya ada perbedaan nomor urut bacaleg pada formulir pendaftaran calon yang disampaikan dengan SK hard copy dengan sudah diupload Silon KPU.

READ  Polres Rote Ndao Deklarasikan Pemilu Damai 2024 Untuk Menjaga Keamanan & Keterlibatan Masyarakat

Masih menurut Ketua KPU, perbedaan-perbedaan tersebut sebenarnya merupakan kekeliruan kecil, tiggal disesuaikan lagi foto caleg dan juga mengubah nomor urut bacaleg sesuai formulir daftar caleg atau SK caleg hard copy.

“Kita kembalikan untuk diperbaiki dan didaftarkan kembali sampai batas waktu 14 Mei pukul 23.59 Wita. Kami berharap besok sudah selesai diperbaiki dan diusulkan kembali karena itu hanya kekeliruan kecil yang bisa diperbaiki oleh Operator Silon NasDem,” tutupnya.

Sekretaris DPD NasDem Rote Ndao Laheroy Bua yang dikonfirmasi menjelaskan bahwa pendaftaran bacaleg NasDem secara nasional dilaksanakan hari ini.

READ  Besok, Perserond Rote Ndao Bertemu Kembali dengan Persami Maumere dalam Enam Belas Besar Piala Eltari Memorial Cup XXXII Rote Ndao 2023

Menurutnya, kekeliruan penempatan foto caleg dan perbedaan nomor urut caleg antara daftar caleg yang diajukan dan hard copy SK DPP itu sudah diusulkan ke Operator Silon DPP yang memegang akses. Namun karena waktunya sudah mepet akibat kesibukan seluruh DPW dan DPD mendaftar pada hari yang sama, sehingga belum sempat diubah.

“Sebenarnya kekeliruan itu bisa diperbaiki, namun karena semua DPW dan DPD mendaftar serentak jadi belum bisa diubah. Akan tetapi, kami pastikan segera diperbaiki dan akan segera disampaikan kembali tak melampaui batas waktu pendaftaran,” imbuhnya. 

 

sumber : victorynews.id

No More Posts Available.

No more pages to load.