SMAN Banat Gelar Aneka Lomba Di Sekolah

oleh -808 Dilihat

SoE, METROTIMOR.ID–Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Banat, kecamatan Kolbano, kabupaten Timor Tengah Selatan menggelar aneka lomba dalam rangka pekan kegiatan libur besar (PKLB) di sekolah tersebut selama dua hari kerja yakni kamis-jumad, (4-5/1/2024).

Kepada media ini, sabtu, (6/1/2024), Putry E.T.I.R. Babys, kepala sekolah tersebut, menuturkan bahwa ada lima jenis lomba dalam kegiatan PKLB yakni debat bahasa inggris,pidato , debat bahasa indonesia, solo putra/i dan pengolahan menu makanan lokal yang diikuti oleh 6 tim debat bahasa inggris , 12 solo putera-puteri, 18 tim pengolahan menu makanan lokal antara lain jagung ktemak, bose, getut ubi, talam ubi, onde goreng, ond kukus, 6 tim debat bahasa indonesia dan pidato. Menurutnya,anak-anak di kampung ini kalau kita bimbing mereka ternyata memiliki potensi yang luar biasa karena mereka pernah menjuarai lomba pidato yang diselenggarakan oleh kesbangpol dan dinas kearsipan kabupaten TTS tahun 2023 sehingga untuk memotivasi peserta didik yang lain kita gelar juga dalam PKLB ini, tuturnya.

READ  Komandan Barbar Pimpin Bersihkan Pohon Tumbang yang Tutupi Jalan Menuju Pelabuhan Pantai Baru

Selain itu, Putri menjelaskan, terkait pidato banyak peserta didik yang tertarik mengikuti lomba ini karena termotivasi oleh dua rekan mereka yang mengikuti lomba di dinas kearsipan dan perpustakaan daerah TTS berhasil meraih juara pertama dan kedua namun intinya bahwa tujuan kegiatan ini untuk mengembangkan minat , bakat dan potensi yang dimiliki serta melatih peserta didik berkreasi dan berinovasi dalam pengolahan menu makanan lokal, jelasnya.

READ  Sambangi Rumah Warga,Personil DOBRAK Berikan Himbaun Karhutla

Putri juga menambahkan, kegiatan seperti ini biasanya dilakukan pada bulan juli namun kita laksanaka pada saat ini agar melibatkan peserta didik kelas X yang baru masuk serta kita datangkan dewan juri dari luar sekolah yakni Dosen dari Universitas Timor dan Institut Pendidikan Soe, sedangkan pengolahan menu makanan lokal tim juri teediri dari, ketua tim penggerak kecamatan kolbano, ketua tim penggerak desa Ofu dan ketua majelis /Pdt. Taebesa, tambahnya.

Sementara itu, Yabes , salah satu tim juri mengapresiasi semangat dan kemauan para peserta lomba karena yang terpenting adalah mau menampilkan kemampuan dan potensi yang dimiliki , misalnya bahasa inggris jangan takut salah ucap karena kalau takut maka tidak akan bisa untuk berkembang maju, ujarnya.

READ  Ciptakan Kondisi Wilayah Aman, Personel Satgas Yonif 122/TS Pos Yetti Lakukan Patroli

Untuk diketahui bahwa tema debat yang diusung adalah PENGGUNAAN INTERNET DALAM MELAKSANAKAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH DAN PENETAPAN POIN UNTUK TATA TERTIB DI LINGKUNGAN SEKOLAH tersebut berlangsung selama dua hari yakni kamis-jumad, (4-5/1/2024) di halaman sekolah tersebut. Untuk hari pertama, lomba debat bahasa inggris, solo dan pengolahan menu makanan lokal sedangkan hari kedua, lomba debat bahasa indonesia dan pidato.

(Albert Baunsele)

No More Posts Available.

No more pages to load.