“Siap Terapkan Demokrasi, Peserta Didik SMAN 1 Soe Ikuti Sosialisasi Dari KPU TTS”

oleh -1619 Dilihat

SoE,METROTIMOR.ID–Dalam upaya untuk menerapkan prinsip demokrasi sebagai bagian dari Project Profil Pelajar Pancasila, Komisi Pemilihan Umum Daerah Timor Tengah Selatan (KPU TTS) telah menyelenggarakan sosialisasi tentang mekanisme dan proses pemilihan umum kepada peserta didik di SMAN 1 Soe. Kamis 26 Oktober 2023

 

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang cara melaksanakan pemilihan ketua OSIS secara demokratis, mirip dengan pemilihan umum di Indonesia.

Kepala sekolah, Rovis Selan, M.Pd., dalam sambutannya menjelaskan bahwa sosialisasi ini sangat penting untuk memahami prinsip demokrasi yang benar. Peserta didik diharapkan dapat mengaplikasikan pemahaman ini dalam pemilihan ketua OSIS serta dalam situasi demokrasi yang lebih besar, seperti pemilihan presiden dan legislatif.

READ  Bupati Paulina ┬áMelepaskan Peserta Karnaval Peringati HUT RI ke-78 Tahun

Rovis juga menekankan pentingnya mengadopsi mekanisme pemilihan dari KPU, dan dia berterima kasih kepada narasumber dari KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) yang telah memberikan pemahaman tentang proses demokrasi.

Nikson Bala, Komisioner KPUD kabupaten Timor Tengah Selatan, menyatakan bahwa pemahaman tentang demokrasi perlu diberikan kepada generasi muda agar mereka dapat menggunakan hak-hak mereka sebagai warga negara. Dia mengingatkan peserta didik tentang hak mereka untuk memilih dan dipilih, baik dalam pemilihan umum maupun pemilihan ketua OSIS, yang memiliki peran penting dalam mendukung program sekolah.

READ  Barbar-School" Polsek Pantai Baru Sambangi Sejumlah Sekolah di Pantai Baru

Selain itu, Nikson juga memberikan penjelasan tentang denah dan alur pemilihan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilihan umum, serta pemilihan OSIS. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan pemilihan berjalan sesuai mekanisme yang benar dan panitia pemilihan OSIS dapat menjalankan tugas mereka dengan baik.

Wakasek Kesiswaan dan Kurikulum, Dionisia Lakapu dan Adrianus Amsikan, mengungkapkan bahwa pihak sekolah telah berkomunikasi dengan KPUD untuk menyelenggarakan sosialisasi ini sebagai bagian dari Program Project Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Mereka berharap agar pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS, Majelis Permasyawaratan Kelas (MPK), dan Polisi Keamanan Sekolah (PKS) dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan bersama.

READ  Stok Obat Puskesmas Oele Kosong, Pasien Terpaksa Harus Diberikan Lakban Penganti Farban

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan bahwa peserta didik SMAN 1 Soe akan lebih memahami prinsip demokrasi dan dapat mengaplikasikannya dalam pemilihan ketua OSIS serta dalam peran mereka sebagai warga negara yang aktif. Sosialisasi ini menjadi langkah penting dalam mendukung pendidikan demokrasi di sekolah.

 

(Albert Baunsele)

No More Posts Available.

No more pages to load.