SDK Yaswari Siolais Gelar ANBK Di Rumah Warga: Kreativitas dalam Pendidikan di Tengah Kendala Akses Internet

oleh -1542 Dilihat

SoE,METROTIMOR.ID–Desa Olais, Kecamatan Kuanfatu, Kabupaten Timor Tengah Selatan menjadi saksi peristiwa unik saat Sekolah Dasar Katolik (SDK) Yayasan Swastisari (Yaswari) Siolais menggelar Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di Rumah warga pada tanggal 30-31 Oktober 2023.

Kepala sekolah, RD. Mareselus Nubatonis, mengungkapkan bahwa sekolah mereka menghadapi kendala dalam akses internet dan fasilitas yang terbatas. Untuk mendukung program pemerintah, mereka mengambil langkah kreatif dengan menggelar ANBK di luar ruangan, yaitu di rumah warga yang memiliki akses internet 4G. Meskipun fasilitas terbatas, mereka berhasil menjalankan program ini.

READ  BMPS Minta Kadis Pendidikan Berlaku Adil dan Lakukan Kajian, Kebijakan Penutupan 9 Sekolah Swasta di Kota Kupang

Menurut RD. Mareselus, tindakan ini menunjukkan makna kemerdekaan yang beragam dalam era digital. Akses informasi adalah kunci, dan anak-anak di SDK Yaswari Siolais di pelosok kabupaten TTS ini harus merayakan kemerdekaan informasi dengan cara yang unik.

Delapan peserta didik dibawa ke rumah penduduk yang terletak sekitar 20 menit perjalanan dari sekolah. Mereka menggunakan meja sederhana yang mendukung chromebook (pinjaman) sebagai alat ujian, didampingi oleh guru dan orang tua yang rela membantu.

READ  Ansy Lema: Ganjar Pranowo Sosok Pemimpin Merakyat, Pro-Rakyat, dan Nasionalis

Albinus, seorang warga desa Olais, berharap agar pemerintah memperhatikan sekolah-sekolah di pelosok agar dapat menikmati kemerdekaan pendidikan layaknya anak-anak sekolah lainnya.

ANBK adalah program evaluasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. SDK Yaswari Siolais menunjukkan semangat dan ketekunan dalam menghadapi kendala akses internet untuk memaksimalkan kesempatan yang ada dan tidak menyerah pada situasi yang sulit.

READ  Terjunkan Pasukan Barbar Polsek Pantai Baru Amankan Jumat Agung

(Albert Baunsele)

No More Posts Available.

No more pages to load.