Prosesi Laut Tradisional Larantuka Memasuki Tahap Persiapan

oleh -26 Dilihat

 

Larantuka, Metrotimor,id-Rabu 27 Maret 2024 – Sebanyak 1761 peziarah siap memulai prosesi laut yang ditunggu-tunggu dari Pelabuhan Pantai Pallo menuju Tanah Mera pada Jumat pagi. Dalam keterangan kepada media, Mat Duli selaku Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Perhubungan Kabupaten Flores Timur mengungkapkan bahwa prosesi ini melibatkan 36 armada yang siap melayani para peziarah.

READ  Dari Bunga Hingga Perhiasan: Ragam Hadiah untuk Memeriahkan Hari Ibu

“Kami telah menerima konfirmasi bahwa sebanyak 1761 peziarah akan mengikuti prosesi ini. Armada yang disiapkan dari Pantai Pallo hingga Tanah Mera mencapai 36 kapal,” ungkap Mat Duli kepada awak media pada Kamis, 27 Maret 2024.

Meskipun data yang diterima saat ini masih terbatas, Mat Duli memastikan bahwa informasi lanjutan akan diperoleh saat prosesi tiba di pelabuhan. “Kami masih menunggu informasi lebih lanjut saat prosesi tiba di pelabuhan. Namun, kami optimis bahwa prosesi ini akan berjalan lancar,” tambahnya.

READ  Puluhan Siswa Kelas XII SMKN Pantai Baru Sukses Ikuti Ujian Kompetensi Kejuruan

Prosesi laut ini telah menjadi bagian dari tradisi yang berlangsung setiap tahun di Larantuka. Para peziarah berkumpul untuk melakukan doa bersama dan menjemput Tuan Menino (Bayi Yesus semasa kecil) dari Wureh. Setelah itu, mereka akan memperaraki Tuan Menino menuju Pantai Kuce di Kelurahan Pohon Sirih untuk ditempatkan dengan khidmat. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan mengelilingi kota Larantuka menuju Gereja Katedral Reinha Rosari Larantuka.(*Tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.