Petrus Kanisius Tuaq, Pejuang Pertanian Lembata: Membangun dan Menyatukan Lewat Pemimpin yang Berpihak pada Petani

oleh -80 Dilihat
Petrus Kanisius Tuaq Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan di Lembata

Lembata,Metrotimor.id–Petrus Kanisius Tuaq, seorang yang dikenal sebagai Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyatakan niatnya untuk bertarung dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang. Dengan latar belakang pengabdian dalam pertanian dan perhatian yang tulus terhadap petani, Tuaq bertekad untuk menjadi pemimpin yang dapat mendobrak sekat-sekat yang menghalangi kemajuan di Lembata.

Menurut Tuaq, pertanian bukan hanya sekadar sektor ekonomi, namun juga merupakan alat pemersatu yang efektif bagi masyarakat Lembata. “Memberi perhatian terhadap petani merupakan cara memecahkan ego wilayah yang sedang dibangun pihak-pihak tertentu di Lembata,” ungkapnya.

READ  Audiensi Dengan Kepala Perpusnas RI, Bupati Paulina Usul Bangun Kantor Perpustakaan

Dalam upayanya untuk mengatasi permasalahan tersebut, Tuaq telah merancang serangkaian inovasi di bidang pertanian yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lembata secara keseluruhan. Salah satu program unggulan yang digulirkan adalah “Melati Mekar”, yang bertujuan untuk membangun lahan tidur menuju masyarakat sejahtera dengan fokus pada berbagai jenis tanaman pangan dan hortikultura.

READ  SMAK Stella Maris Niki-niki MOU Dengan Pemerintah Kecamatan Abanteng

Selain itu, program “Asmarah” dan “Two Days No Rice” dirancang khusus untuk mengatasi masalah stunting dan inflasi melalui konsumsi aneka sayur lokal secara berkala. Tidak hanya itu, Tuaq juga memperkenalkan program “Bengkel Alsintan Gratis” yang memberikan bantuan alat pertanian kepada petani secara cuma-cuma, serta program “Mader dan Apung” untuk mempromosikan produksi telur dan ayam kampung lokal guna mengurangi ketergantungan pada impor.

Tidak berhenti di situ, Tuaq juga menghadirkan program “IB Babi” dan “INKA” yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas genetik hewan ternak di Lembata, serta program “Rancangan Bukit HOG” yang mengoptimalkan penggunaan kawasan khusus untuk ternak babi.

READ  "Siap Terapkan Demokrasi, Peserta Didik SMAN 1 Soe Ikuti Sosialisasi Dari KPU TTS"

Dengan visi dan program-programnya yang progresif, Petrus Kanisius Tuaq siap untuk menjadi pemimpin yang mampu mengatasi tantangan dan memimpin Lembata menuju masa depan yang lebih baik melalui pembangunan pertanian yang berkelanjutan dan berpihak pada petani. (*RS)

No More Posts Available.

No more pages to load.