Pertemuan Delegatus Kitab Suci Regio Nusa Tenggara Tahun 2023, Diikuti 22 Utusan dari Delapan Keuskupan

oleh -2040 Dilihat
Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu,SE foto bersama saat Pertemuan Delegatus Kitab Suci Regio Nusa Tenggara Tahun 2023, Diikuti 22 Utusan dari Delapan Keuskupan

 

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Sebanyak 22 orang utusan dari delapan Keuskupan di wilayah Regio Nusa Tenggara (Nusra), hadir dalam Pertemuan Delegatus Kitab Suci Regio Nusa Tenggara 2023, yang dilaksanakan di Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (29/04/2023) hingga Selasa (02/05/2023).

 

Hal tersebut disampaikan Ketua Panitia Pekaksana Pertemuan Delegatus Kitab Suci Regio Nusa Tenggara 2023 Romo Siprianus S Senda, Pr kepada victorynews.id, di sela-sela kegiatan pembukaan, di Anugerah Surf and Dive Resort Nembrala, Kecamatan Rote Barat, Sabtu (29/04/2023).

Menurut Romo Sipri Senda, kegiatan tahunan Komisi Kitab Suci Regio Nusa Tenggara di Rote Ndao ini diikuti oleh lima Keuskupan di wilayah utara, yakni Keuskupan Denpasar, Keuskupan Ruteng, Keuskupan Agung Ende, Keuskupan Maumere, dan Keuskupan Larantuka. Sementara tiga keuskupan di wilayah selatan, yakni Keuskupan Agung Kupang, Keuskupan Atambua, dan Keuskupan Weetebula.

READ  Keluarga Besar Arisan Oehonis Sambut Natal 2023 dengan Penuh Kebahagiaan

“Jadi total Keuskupan Regio Nusa Tenggara ada delapan. Lima di wilayah utara dan tiga di wilayah selatan. Setiap tahun Komisi Kitab Suci bertemu secara rutin untuk membicarakan tema Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN), belajar Kitab Suci bersama, menggodok dan menyusun Bahan BKSN dalam konteks Nusra yang akan dibawa dalam Pertemuan Katekese bulan September,” terang Romo Sipri Senda.

Menurutnya, sejak Covid-19 kegiatan ini ditiadakan dan baru dilaksanakan lagi tahun 2022 di Keuskupan Larantuka. Tahun 2023 Keuskupan Agung Kupang menjadi tuan rumah.

Namun, lanjut Romo Sipri Senda, teman-teman sepakat bahwa Keuskupan Agung Kupang yang jadi tuan rumah tetapi jangan dilaksanakan di Kota Kupang, tetapi di Nemberala karena ingin melihat Rote Ndao.

“Jadi saya berkoordinasi dengan Pastor Paroki dan DPP, mereka mendukung dan sangat terbuka untuk menerima. Sehingga saya minta coba untuk menghubungi Ibu Bupati bersama jajaran pemerintah daerah dan setelah dihubungi ternyata beliau juga senang dan mendukung, sehingga terlaksana saat ini dan Ibu Bupati sendiri yang membuka,” terang Romo Sipri Senda.

READ  Munuju H-8 PKD Baus Menyampaikan Kepada PTPS se-Kecamatan Boking Harus Bermental Baja

Panitia Lokal Polikarpus Adi Lundolo mengatakan, 22 orang utusan yang mengikuti Pertemuan Delegatus Kitab Suci Regio Nusa Tenggara 2023 di Rote Ndao, yakni:

Utusan dari Keuskupan Ruteng sebanyak empat orang, yakni Pater Paulus Tolo Djogo, SVD (DELKIT Provinsi SVD Ruteng), Romo Fransiskus Nala, Pater Yoseph Masan Toron, dan Suster Melania Erni.

Utusan dari Keuskupan Denpasar sebanyak tiga orang, terdiri dari Romo Agustinus Sugiarto, Romo Herman Yoseph Babey, dan Ibu Kustati.

Selanjutnya utusan dari Keuskupan Agung Ende sebanyak lima orang, yakni Romo Yohanes Don Bosko Bohdo, Romo Yohanes Maria Vianei Kela Sedu, Romo Sevasius Sai, Romo Hendrikus Didimus Mbete, dan Romo Giovani Don Bosko Seso.

READ  Empat Pekan OMB: Polsek Lobalain Gencar Lakukan Patroli Biru Jelang Pemilu 2024

Dua utusan dari Keuskupan Maumere, yakni Romo Yulius Hubertus dan
Romo Marton Wega. Juga dua orang utusan Keuskupan Larantuka, yakni Romo Silvanus Sabon Helan dan Pater Petrus Christologus Dhogo.

Halaman:

Sementara Kuskupan Weetabula Pater Hendrikus Yulianus AH Resing dan Romo Stefanus Si. Keuskupan Atambua Romo Yohanes Pilis dan Romo Bernadus Bria. Sedangkan dari Keuskupan Agung Kupang, yakni Vikjen Keuskupan Agung Kupang Romo Gerardus Duka dan Romo Siprianus S Senda.

Selain itu, kata Polikarpus, ada 18 utusan yang merupakan Panitia Bersama Pertemuan Delegatus Kitab Suci Regio Nusa Tenggara 2023  dari masing-masing Keuskupan, sehingga total peserta dan panitia kegiatan ini sebanyak 40 orang. 

 

sumber : Victorynews.id

No More Posts Available.

No more pages to load.