Pemkab Rote Ndao Gelar Musrenbang untuk Membangun Masa Depan yang Lebih Baik

oleh -45 Dilihat

 

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Pemerintah Kabupaten Rote Ndao telah menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024, bertujuan untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025. Acara ini dibuka oleh Penjabat Bupati Rote Ndao, Oder Maks Sombu, SH, MA, MH, di Auditorium Ti’i Langga pada hari Kamis (4/4/2024).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Oder Maks Sombu menyampaikan bahwa Musrenbang ini merupakan kesempatan penting untuk mendengarkan aspirasi dan masukan langsung dari semua pihak terkait. Tujuannya adalah agar rencana pembangunan yang dihasilkan dapat lebih mewakili dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat di Kabupaten Rote Ndao.

READ  Masyarakat Pertanyakan Upah Kerja Rabat Jalan, Ini Penjelasan Kepala Desa Hoi

Musrenbang RPJPD 2025-2045 difokuskan pada memberikan kontribusi berupa saran dan pemikiran untuk pembangunan Kabupaten Rote Ndao dalam 20 tahun mendatang, dengan harapan dapat mendukung tercapainya Visi Indonesia Emas 2045.

Sementara itu, Musrenbang RKPD Tahun 2025 mengangkat tema “Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia, Ekonomi dan Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan”. Perencanaan pembangunan ini merupakan wujud komitmen pemerintah daerah untuk memajukan daerah dari tingkat desa dan kelurahan.

READ  Peringati HARDIKNAS, SDN Leomanu Gelar Kegiatan Edukasi & perlombaan sekaligus semarakan Merdeka Belajar di Perbatasan Indonesia

Pj. Bupati Oder Maks Sombu menjelaskan bahwa upaya pembangunan di Rote Ndao pada tahun 2023 telah mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat, seperti penerimaan Dana Insentif Daerah sebesar Rp 11 miliar dan Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award 2023 dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Namun, Pj. Bupati juga menegaskan bahwa masih terdapat beberapa tantangan pembangunan yang perlu diatasi bersama, seperti pengentasan kemiskinan, penanganan stunting, dan pengendalian inflasi.

READ  Ujian Akhir Semester Ganjil 2023-2024 di SMK Pantai Baru : Siswa Gelar Praktek Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025 ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, dari tanggal 4 hingga 5 April 2024, baik secara daring maupun luring. Pembukaan Musrenbang hari ini dilanjutkan dengan diskusi yang mencakup tiga bidang utama, yaitu Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan, serta Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia.

(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.