Pasukan Hantu Biru Sambangi Pulau Terluar Rote Ndao untuk Meningkatkan Keamanan dan Silaturahmi

oleh -317 Dilihat

 

ROTE NDAO, METROTIMOR.ID- Pasukan Hantu Biru, yang baru-baru ini diberi sebutan baru sebagai Satuan Polisi Air dan Udara (Polairud) Polres Rote Ndao, melaksanakan kunjungan ke Pulau Landu pada Jumat (19/1/2024). Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk menjaga keamanan dan ketertiban di laut dan pesisir, sekaligus menjalin silaturahmi dengan masyarakat nelayan pesisir.

Komandan Pasukan Hantu Biru, Ipda I Nyoman Bagia Utama, menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin ke pulau-pulau dan desa-desa pesisir sebagai langkah preventif untuk meminimalisir potensi kriminalitas dan pelanggaran di laut.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolres Rote Ndao, AKBP MARDIONO, S.ST., M.K.P., yang didampingi oleh Kapolsek Rote Barat Laut IPDA ESBON TOELLE, Kepala Desa Landu ISKANDAR MESSAH, Bhabinkamtibmas Polsek RBD, dan sekitar 100 nelayan Pulau Landu.

READ  Polsek Lobalain Berikan Bantuan Buku Bacaan dalam Upaya Meningkatkan Literasi

Komandan Pasukan Hantu Biru menyampaikan beberapa pesan kamtibmas, antara lain:

1. Perjanjian Bilateral dengan Australia: Menyampaikan isi MoU BOX 1974 antara pemerintahan Australia dan Pemerintah Indonesia. Hal ini bertujuan agar para nelayan memahami hak dan larangan perikanan tradisional Indonesia di perairan sekitar Pulau Pasir.

2. Pasal 51 UNCLOS 1982: Menyampaikan hak para nelayan sebagai negara kepulauan dalam menangkap ikan secara tradisional di negara tetangga, termasuk Pulau Pasir, dengan batasan yang telah ditentukan.

READ  Audiensi Dengan Kepala Perpusnas RI, Bupati Paulina Usul Bangun Kantor Perpustakaan

3. Perlindungan Biota Laut:Mengajak para nelayan untuk turut serta dalam melestarikan biota laut yang dilindungi guna mencegah kepunahan.

4. Penggunaan Alat Tangkap Ikan yang Ramah Lingkungan: Menghimbau nelayan untuk tidak menggunakan alat tangkap ikan yang merusak lingkungan, seperti bom ikan dan bahan kimia, untuk menjaga ekosistem laut.

5. Prioritas Keselamatan: Mengutamakan keselamatan diri dan perahu saat berlayar untuk menangkap ikan, dengan selalu dilengkapi alat keselamatan dan waspada terhadap perubahan cuaca buruk.

READ  DOBRAK Pintar,Suguhkan Ilmu Bagi Anak-Anak

6. Partisipasi Masyarakat: Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk bertanya dan menyampaikan kendala di laut maupun di pesisir.

Kapolres Rote Ndao, AKBP MARDIONO, juga memberikan pesan kamtibmas menjelang pemilu 2024, mengajak masyarakat untuk tetap menjaga silaturahmi dan hubungan sosial, serta menjauhi tindakan yang dapat mengganggu situasi kamtibmas. Warga diminta untuk tetap rukun dan damai dalam menghadapi pemilu.

Dengan semangat “ARNAVAT DARPA MAHE,” Pasukan Hantu Biru bertekad untuk menjalankan tugasnya dengan bangga, sambil terus memberikan kontribusi positif dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah laut. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.