Para Manaleo Desa Kuli  Curhat ke Kapolsek Lobalain Persoalan Pagar Dan KDRT

oleh -2768 Dilihat

 

BA’A,METROTIMOR.ID–Komitmen Polsek Lobalain dalam berkegiatan sebagai upaya untuk menjalin silaturahmi serta untuk mengetahui secara langsung kondisi riil masyarakat diwilayahnya patut diapresiasi.

Rutinitas mingguan lewat Nyantai Bareng DOBRAK Polsek Lobalain sebagai implementasi Program Jumat Curhat untuk mendengarkan keluh kesah masyarakatnya.

Uniknya, pantauan media ini, Jumat (28/4/2023) pukul 10.00 Wita dikantor Desa Kuli Aesele Kecamatan Lobalain Kabupaten Rote Ndao, kegiatan Nyantai Bareng DOBRAK Polsek Lobalain dihadiri sebagian besar para Manaleo setempat. Perbincangan pun langsung mewarnai ajang curhatan setelah dibuka langsung Kapolsek Lobalain Ipda I Gede Parwata, S.H.

DANIEL PAULUS mengawali curhatan dengan menyampaikan :
“Kami warga masyarakat memberitahukan bahwa kami akan membuat saluran irigasi secara swadaya, mohon masukan dari bapak Kapolsek ” ujar salah satu manaleo Kuli Aesele.

Selanjutnya disambung oleh (Manaleo) SAMUEL TINE yang menyampaikan Ucapan terimakasih kepada bapak Bhabin atas kinerjanya di desa kami, yang dimana setiap kegiatan dan saat kami butuhkan bapak Babin selalu hadir.

Johanes Kue Hu’a(manaleo) menyampaikan keluhan agar kasus kasus KDRT yang terjadi di desa kami sering dilapor ke pihak kepolisian padahal setelah lapor mereka bersepakat untuk tidak melanjutkan lagi laporan tersebut , apa boleh laporan tersebut kami tarik. Dilanjutkan keluhan dari Martinus Sakarias 1 yang mengeluhkan mengenai pagar di areal persawahan kami masih banyak yang berlubang dan yang punya pagar tidak mau memperbaiki dengan segala jenis alasan. Dan terakhir Ismail Musu yang menyampaikan Terimakasi atas kehadiran anggota dan bapak Kapolsek di desa kami dan mengenai penertiban pasar, banyak lapak jualan dipinggir jalan yang membahayakan bagi pengguna jalan, Penjual ikan menutupi akses keluar masuk kedalam pasar kami mohon bisa untuk ditertibkan.

READ  Pemilihan Penatua dan Diaken GMIT Imanuel Deaoen Berbasis Digital

 

Semua masukan dan keluhan dari para Manaleo dan masyarakat yang hadir dalam kegiatan Nyantai Bareng DOBRAK langsung ditanggapi oleh Kapolsek Lobalain. adapun yang disampaikan diantaranya terkait keluhan atau penyampaian dari :

1. DANIEL PAULUS
* Terimakasih bapak atas pemberitahuannya kami berharap pelaksanakan pembanguan tersebut dilaksanakan secara gotong royong sehingga pembangun bisa dilaksanakan dengan baik.

2. SAMUEL TINE
* Terimakasih bapak atas penerimaan anggota Babin kami didesa , semoga dengan kehadiran kami situasi Kamtibmas tetap kondusif .

READ  Dugaan Kuat Interfensi Caleg Demi Kepentingan Politik Lewat Panwascam

3. JOHANIS KELUHAN
* Terimakasih atas masukan. Dari bapak untuk kasus kasus yang dilaporkan ke polsek tidak serta merta juga kami langsung melakukan penangkapan ataupun penahanan. Ada tahapan proses yang harus kami lakukan. Namun apabila dalam prosesnya dari kedua belah pihak bersepakat untuk berdamai, kami juga tidak menutup pintu namun tentunya tidak semua kasus pidana yang dapat dilakukan penyelesaian diluar pengadilan atau restoratif justice.

4.MARTINUS SAKARIAS 1
* Terimakasi kasih atas masukan dari bapak untuk pagar sawah kami sarankan agar semua anggota yang punya sawah diharapkan untuk bisa berpartisipasi dalam pengerjaan pagar, sehingga dalam pengerjaan pagar tidak menitik beratkan pada seseorang, seperti pepatah bilang berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

5. ISMAIL MUSU
* Terimakasih bapak atas penerimaan kedatangan kami dari Polsek.
* Terimakasi atas masukan bapak,, kami dari polsek akan kordinasikan dengan dinas Dispenda untuk bisa mengambil langkah selanjutnya, kami juga berharap dari bapak desa sebelum pasar mulai bisa memberikan sosialisasi untuk menempati pasar yang ada tempatnya didalam, dan kami juga berharap bapak desa bisa bersurat resmi ke Dispenda untuk menyampaikan permasalah pasar.

READ  Kapolsek Pantai Baru Berikan Bantuan Kacamata kepada Jemaat Penderita Glukoma

Demikian tanggapan lugas Kapolsek Lobalain yang akrab disapa Komandan DOBRAK ini. Mengakhiri kegiatan, Kapolsek juga menyampaikan himbauan diantaranya :

1. Agar masyarakat tidak mempercayai dengan adanya isu suanggi apalagi Sampai membuat tindakan pidana gara gara isu suanggi,, maka kami akan tindak tegas
2. Hindari tindakan kekerasan dalam rumah tangga, kendalikan diri kita agar tidak terjadi perbuatan tersebut.
3. Jangan sampai terjadi tindakan pelecahan seksual terhadap anak-anak
4. Mari kita sama sama jaga situasi Kamtibmas di wilayah kab. Rote Ndao tetap kondusif.
5. Menyampaikan kring kring Polsek lobalain.

Dilaporkan juga kegiatan curhatan yang digelar Polsek Lobalain dipimpin langsung Kapolsek Lobalain yang didampingi oleh Kanit Binmas Polsek Lobalain Aipda I Wayan Partama,ST., Bhabinkamtibmas Kuli-Aesele dan bhabinkamtibmas Desa Bebalain-Suelain. Dan seluruh rangkaian kegiatan berakhir pukul 11.15. Wita dengan aman.

 

(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.