Ogoh-ogoh di Selatan NKRI

oleh -4701 Dilihat
Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus Saek seremonial melepaskan pawai ogoh-ogoh

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Tahun Caka 1945 tahun 2023 menjadi tahun yang berbeda dalam perayaan Nyepi di Kabupaten Rote Ndao Pulau Terselatan NKRI ini. Bagaimana tidak, baru tahun ini perayaan Nyepi yang dilakukan Umat Hindu di Rote Ndao diisi dengan pawai ogoh-ogoh (Selasa/21/3/2023).

Rangkaian ritual perayaan Nyepi Tahun Baru Caka 1945 kali ini diawali dengan Upacara Tawur Kesanga (mecaru) di Pura Agung Girinatha Tuabolok Kelurahan Mokdale Kecamatan Lobalain Kabupaten Rote Ndao pukul 14.00 Wita . Selanjutnya Umat Hindu melaksanakan persembahyangan bersama (tilem kesanga).

READ  Kapolsek Lobalain Beri Arahan ke Casis Rekpro Angkatan 50
Umat hindu dikabupaten Rote Ndao

Yang unik tahun ini, perayaan Nyepi 2023 Umat Hindu di Kabupaten Rote Ndao menggelar pawai ogoh-ogoh keliling Kota Rote. Dua ogoh-ogoh yang diarak tersebut tentunya menjadi pusat perhatian bagi masyarakat disepanjang jalan. Disamping warnanya yang unik, bentuk rupanya juga menyeramkan. Dalam ajaran Hindu, Ogoh-ogoh merupakan wujud dari sifat-sifat jahat yang ada dalam diri manusia. Ogoh-ogoh yang setelah diarak keliling kemudian dibakar dengan tujuan untuk menghilangkan sifat-sifat jahat yang ada dalam diri manusia tersebut.

READ  Tingkatkan Silaturahmi. Kapolsek Pantai Baru Sambangi Aparat Desa

Kegiatan pawai ogoh-ogoh ini dilepas oleh Wakil Bupati Rote Ndao dan didampingi oleh Porkopinda sert para tamu undangan langsung dari gerbang Pura Agung Girinatha Tuabolok pukul 16.30 Wita.

(**)

No More Posts Available.

No more pages to load.