Munuju H-8 PKD Baus Menyampaikan Kepada PTPS se-Kecamatan Boking Harus Bermental Baja

oleh -449 Dilihat

BOKING, METRO TIMOR ID – Dalam rangka menghadapi pemilihan umum mendatang, Munuju H-8 Panitia Pengawas Kecamatan (PKD) Baus, Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Jitron E. Tamonob, SH, menegaskan kepada para Pegawai Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di seluruh Kecamatan Boking untuk memiliki mental yang kuat seperti baja.

Hal tersebut disampaikan oleh Panitia Pengawas Desa Baus, Jitron E. Tamonob, SH, kepada wartawan media lokal melalui pesan WhatsApp pribadinya pada tanggal 6 Februari 2024.

READ  Polres Rote Ndao Limpahkan Dua Tersangka Dugaan Tindak Pidana Pemilu ke Kejaksaan Negeri Rote Ndao

Jitron E. Tamonob, SH, mengimbau kepada seluruh PTPS di Kecamatan Boking untuk memiliki mental baja, mengingat bahwa TPS menjadi tempat diskusi antara penyelenggara dan peserta pemilu ketika terjadi konflik saat pemungutan suara.

“Pengawas TPS harus memiliki mental baja karena konflik utama terjadi di TPS. Mereka dianggap sebagai orang yang paling mengerti aturan mainnya,” kata Jitron.

Selain itu, Jitron juga menekankan pentingnya para pengawas untuk memahami aturan-aturan terkait pemilu dengan rajin membaca Peraturan Bawaslu, Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), Petunjuk Teknis, serta surat edaran terkait. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mereka yang akan berimbas pada kinerja di lapangan.

READ  Pasukan DOBRAK Amankan Kegiatan Jalan Santai dalam Rangka HUT Guru Tahun 2023 di SMAN I Lobalain

“Pengetahuan tentang aturan adalah bekal bagi para pengawas. Dengan memahami aturan, mereka dapat memberikan solusi terbaik untuk menyelesaikan persoalan yang muncul,” tambahnya.

Jitron juga mengingatkan kepada seluruh Panitia Pengawas Desa di Kecamatan Boking untuk rutin melakukan patroli ke seluruh TPS baik sebelum maupun setelah penghitungan surat suara. Tujuannya adalah untuk dapat mengambil tindakan jika terjadi masalah di TPS, seperti kesulitan pemilih disabilitas dalam menggunakan hak suaranya karena kurangnya aksesibilitas.

READ  Aksi Tanam Pohon: Bhayangkari Ranting Lobalain Peduli Lingkungan

“Ini merupakan salah satu fungsi PKD untuk memastikan bahwa setiap pemilih dapat menggunakan hak suaranya dengan baik. Kita harus siap sedia untuk memastikan bahwa seluruh proses pemilu berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” tutupnya.

(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.