Luncuran Awan Panas dari Gunung Lewotobi Menyebabkan Kekhawatiran di Flores Timur

oleh -794 Dilihat

 

Flores Timur,METROTIMOR.ID– Pada Minggu, 14 Januari 2024, pukul 8 pagi, terjadi luncuran awan panas dari puncak Gunung Lewotobi Laki-laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Data dari pos pengamat Lewotobi Laki-laki di Desa Pululera mencatat bahwa guguran material berupa awan panas meluncur ke sektoral Utara Barat Laut dengan jarak mencapai 1 km.

READ  Sudah Lima Tim Lolos Masuk Babak 16 Besar ETMC XXXII Rote Ndao

Petugas di Pos Pemantau Gunung Lewotobi Laki-laki segera menghimbau agar warga tidak melakukan aktivitas di dalam radius 4 km dan sektoral 5 km ke arah Barat Laut Utara serta Timur Laut. Saat ini, potensi ancaman lahar dingin dan lava pijar membuat situasi harus tetap dijaga dengan kewaspadaan tinggi.

Meskipun petugas telah memberikan himbauan, jumlah pengungsi masih mendominasi dan memilih untuk tetap berada di tenda pengungsian. Situasi ini menciptakan tantangan baru dalam penanganan dampak dari luncuran awan panas Gunung Lewotobi. Masyarakat diminta untuk tetap siaga menghadapi potensi ancaman dan mengikuti arahan petugas keamanan setempat.

READ  Polsek Lobalain Berhasil Amankan Malam Natal 2023 di Wilayah Lobalain

(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.