Kepala Dinas PK NTT Apresiasi Literasi Peserta Didik SMAN 1 Soe

oleh -950 Dilihat

 

Soe, METROTIMOR.ID–Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Linus Lusi, S.Pd., M.Pd., memberikan apresiasi yang tinggi terhadap budaya literasi yang berkembang di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA) 1 Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Kunjungan kerja Linus Lusi ke sekolah tersebut pada Jumat (15/12/2023) menjadi momen penting untuk menyoroti prestasi dan budaya literasi peserta didik.

Dalam keterangan kepada media, Linus Lusi menyampaikan kekagumannya terhadap tingginya minat baca, budaya diskusi, dan perkembangan budaya debat di SMA 1 Soe. “Budaya literasi sangat bagus, ini yang kita rindukan di kelas kita dunia pendidikan. Saya sudah turun gunung supaya budaya literasi kita dibangkitkan,” tutur Linus Lusi.

READ  Tim Juri Lomba Perpustakaan Provinsi NTT Gelar Visitasi Di SMAN 1 Soe

Linus menekankan pentingnya memberi ruang bagi siswa untuk berkembang dalam literasi, mengajak guru untuk memberikan ruang pada siswa agar literasi dapat tumbuh dengan baik. “Suasana pembelajaran di kelas harus diberi ruang oleh guru kepada siswa untuk berkembang sebagai satu strategi agar para siswa membudayakan literasi,” tambahnya.

Lebih lanjut, Linus menjelaskan bahwa tindakan konkret budaya literasi dapat berjalan baik dengan pengelompokkan dalam kelompok kecil yang dibimbing oleh guru sesuai alur. Dia berharap SMA Negeri Soe dapat menjadi lokomotif pergerakan literasi di Timor Tengah Selatan (TTS) dan NTT secara umum.

READ  Pengamanan Sukses, Polsek Pantai Baru Ciptakan Ketenangan dalam Perayaan Malam Natal 2023

“Saya dapat menyimpulkan bahwa anak-anak yang datang dan bersekolah di sekolah ini diberdayakan oleh orang-orang dewasa. Saya berharap sekolah ini berkembang menjadi salah satu sekolah terbaik di TTS pada khususnya dan NTT pada umumnya,” ujar Linus.

Kepala Sekolah, Rovis Selan, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas kunjungan Linus Lusi ke sekolahnya. “Kiranya kehadiran ini memotivasi peserta didik untuk terus belajar dalam meraih impian dan masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

READ  Julie Laiskodat Minta Kader NasDem Kerja Linear Untuk Meningkatkan Perolehan Kursi Pada Pemilu 2024

Dalam pertemuan dengan guru dan peserta didik, Linus bertatap muka dengan dua peserta didik yang bertindak sebagai nara sumber dan satu peserta didik sebagai moderator dalam diskusi mini tentang kepemimpinan gubernur NTT. Pertanyaan kritis dari peserta didik membuat diskusi semakin menarik. Semua ini menjadi langkah positif dalam mendorong literasi di NTT.

 

(Albert Baunsele)

No More Posts Available.

No more pages to load.