Kemenag, Kesbangpol, FKUB, dan Tokoh Agama Gelar Rakor Jelang Pemilu 2024, Simak Apa Yang Dihasilkan!

oleh -196 Dilihat

 

ROTE NDAO, METROTIMOR.ID— Rapat koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Rote Ndao digelar di aula Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik pada hari Selasa (06/02/2024). Acara ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Rote Ndao, Marthen L. Nenobais, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Rote Ndao, Marthen Muskanan, serta Ketua FKUB Kabupaten Rote Ndao, Pdt. Mariana J. B. B. Sirah (Ketua Majelis Klasis Lobalain).

Kepala Kemenag Kabupaten Rote Ndao, Marthen L. Nenobais, menyampaikan bahwa rapat ini merupakan rapat perdana FKUB setelah pembentukannya. Agenda rapat meliputi diskusi tentang situasi dan keamanan menjelang Pemilu 2024 serta kondisi kemarau panjang yang melanda kabupaten Rote Ndao.

READ  Jaga Kamtibmas,Pasukan DOBRAK Lakukan ini

“Rapat perdana FKUB ini bertujuan untuk memperkenalkan pengurus baru FKUB serta membahas situasi keamanan dan kerukunan menjelang pemilihan umum tahun 2024 serta kondisi iklim di Rote Ndao,” ungkap Nenobais.

Selanjutnya, Nenobais menambahkan bahwa Kementerian Agama, sesuai dengan Peraturan Bersama Menteri Agama RI dan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 9 dan 8 Tahun 2006, berperan sebagai tim penasehat yang mendampingi FKUB dalam upaya memfasilitasi hubungan kerja antara FKUB dan Pemerintah Daerah serta instansi terkait dalam menjaga kerukunan umat beragama.

Ketua FKUB Kabupaten Rote Ndao, Pdt. Mariana J. B. B. Sirah, berharap agar rapat koordinasi ini dapat menghasilkan kesepakatan bersama untuk memelihara kerukunan, kedamaian, dan keamanan. Ia menekankan pentingnya menjaga budaya kuat yang menyatukan masyarakat Rote Ndao.

READ  Pemuda Papua Diajak Sukseskan Pemilu dan Tidak Golput

“Dalam konteks pelaksanaan pemilihan umum, saya mengajak seluruh pimpinan dan umat beragama untuk bersama-sama menjaga kerukunan, kedamaian, dan keamanan karena kita adalah satu kesatuan dalam budaya Rote Ndao yang kuat,” ujar Pdt. Sirah.

Hasil dari rapat tersebut adalah pembentukan himbauan FKUB Kabupaten Rote Ndao yang menyerukan kepada semua pimpinan dan umat beragama agar menghindari penyalahgunaan mimbar agama untuk kepentingan politik praktis, identitas politik, politik uang, kampanye gelap, isu-isu SARA, dan sentimen agama yang dapat mengganggu kerukunan. Selain itu, juga disepakati untuk menciptakan suasana kondusif menjelang, saat, dan setelah Pemilu 2024 serta menghindari penggunaan media sosial untuk menyebarkan berita palsu dan memprovokasi.

READ  200 Peserta Didik SMAN 1 Soe Ikuti Asesmen Bakat Minat (ABM)

Pengurus FKUB yang baru terdiri dari Pdt. Mariana J. B. B. Sirah sebagai Ketua, Romo Adrianus Meman sebagai Wakil Ketua 1, Ahmad Kiah sebagai Wakil Ketua 2, Pdt. Andri Lulu sebagai Sekretaris, dan anggota lainnya.

Rapat tersebut juga dihadiri oleh sejumlah tokoh agama dan perwakilan gereja dari berbagai denominasi. Penulis & Foto: Krend/ Kontributor Humas

No More Posts Available.

No more pages to load.