Kembangkan Pembinaan Kemandirian Peternakan: Lapas Lembata Ajak Warga Binaan Beternak Ayam Pedaging

oleh -1077 Dilihat

 

LEMBATA,METROTIMOR.ID – Dalam upaya meningkatkan Pembinaan Kemandirian Peternakan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Lembata bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Lembata telah menggelar sosialisasi dan pendampingan peternakan ayam broiler/pedaging bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) pada Senin (13/4).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Lapas Lembata, Hariyadi N. Maikameng, dan dilanjutkan dengan materi dari Lino Marques Cabral, Koordinator Penyuluh Pertanian Ahli Madya, yang memaparkan proses berternak ayam potong. Warga Binaan menunjukkan antusiasme tinggi dalam mengikuti sosialisasi ini.

READ  Miliki Mesin Pengering Kelor, BUmdes Desa Lekunik Garap Usaha Kelor  

Cabral, yang sebelumnya berdinas di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT, menjelaskan pentingnya pemahaman peternak terhadap manajemen usaha peternakan, pembibitan, dan pakan ternak. Dia juga merinci lima tahapan persiapan sarana dan peralatan, mulai dari perkandangan hingga pemeliharaan kandang.

Setelah sosialisasi, Cabral meninjau lokasi pembibitan ayam, memberikan panduan terkait pembersihan wadah penyimpanan air minum, pemilihan bibit, peralatan, dan proses pemberian vaksin. Dia mengingatkan tentang siklus penyakit yang sering menyerang ternak ayam pada bulan April dan Oktober, menekankan pentingnya menjaga kebersihan kandang, suplai makanan, air minum, vitamin, dan pemberian vaksin untuk pencegahan.

READ  Perserond Rote Ndao Siap Hadapi Persim Manggarai dalam Babak Delapan Besar Piala El Tari Memorial Cup 2023  

Menutup kegiatan, Kalapas Hariyadi N. Maikameng menyampaikan terima kasih kepada Cabral atas penyuluhan yang diberikan. Dia berharap kegiatan ini memberikan pemahaman yang baik kepada WBP Lapas Lembata dalam Pembinaan Kemandirian Bidang Peternakan Ayam Broiler/Pedaging, sehingga ilmu yang didapat dapat diterapkan setelah mereka selesai menjalani pidana di Lapas. (*RS)

No More Posts Available.

No more pages to load.