Kades Waibao Kibuli Gubernur NTT, BUMDes Mati Suri Direkayasa Masih Eksis 

oleh -3974 Dilihat
Gubernur NTT Viktor Laiskodat Topi Hitam saat Kunker ke Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur

 

FLORES TIMUR,METROTIMOR.ID–Saat Kunjungan Gubernur NTT Viktor Laiskodat Ke Desa Waibao Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur pada April 2022 lalu sempat mengapresiasi pada Kepala Desa Waibao Hery Aran.

 

“Kepala desa Waibao luar biasa. Saya baru lihat ada Kepala Desa yang bicaranya berapi-api seperti ini di depan Gubernur. Kalau kita memiliki 1000 Kepala Desa model begini sudah amanlah,” “Ucap Gubernur NTT Viktor saat itu.

 

Dalam Kunjungan kerja Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Kabupaten Flores Timur khususnya Kecamatan Tanjung Bunga, Politisi dari Partai Nasdem itu juga memberikan aplausse atas kiprah Kades Hery yang sukses mengelola potensi desa masuk dalam wadah Bumdes.

 

Menurutnya, prestasi pembangunan daerah sangat bergantung pada kiprah pemerintah desa. Masa kepemimpinan Gubernur dan Bupati akan habis sia-sia jika semua Kades tidak bisa berbuat apa-apa.

 

“Biar Gubernurnya hebat kayak apa, Bupatinya hebat kayak apa, tapi Kepala Desa matanya melotot terus, orang pikir dia pintar tapi matanya melotot terus. Sampai habis masa jabatan tidak pakai apa-apa,” ungkapnya.

 

Sementara  Pengakuan Kepala Desa  Waibao Hery Aran saat kunjungan Gubernur NTT menerangkan, bahwa semenjak dirinya dipercayakan masyarakat menjadi Kepala Desa, ia  langsung menyusun progres pengelolaan Bumdes untuk merampung semua potensi desa.

READ  Marthen L. Nenobais Pimpin Tatap Muka dengan ASN Kemenag Rote Ndao

diantaranya.

 

“Ada empat unit usaha yang dikelola Bumdes. Pengolahan pasar desa, perdagangan jambu mente, perkiosan barang sembako secara grosir, bahan bangunan dan tenun ikat. Yang terakhir pengolahan pariwisata.” tuturnya saat Kunjungan kerja Gubernur NTT April 2022 lalu.

 

Faktanya berbanding terbalik dengan apa yang di sampaikan Warga Desa Waibao Kecamatan Tanjung Bunga Kabupaten Flores Timur Viktor Hokon  beserta timnya  bahwa semenjak Kehadiran Bapak Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Tanjung Bunga yang mengunjungi Desa Waibao ternyata di tipu mentah-mentah oleh Kepala Desa Hery Aran.

 

Pasalnya menurut Viktor Hokon dan Timnya mengatakan BUMDes di Desa Waibao itu sudah tidak berjalan lagi sejak 2022. Saat Kunjungan dari Propinsi itu BUMDes Waibao sudah tidak berjalan lagi.

 

Saat ada Pak Gubernur NTT Kades Waibao Hery Aran merekayasa untuk penuhkan isi BUMDes dengan cara mendatangkan Pengrajin Tempurung,Penenun dan lainnya untuk mengisi BUMDes tersebut.

Begitu habis dan selesai Kunjungan Pak Gubernur NTT BUMDes Desa Waibao juga isinya Lenyap seperti di telan Bumi,”Tandas Viktorianus Suban Hokon Kamis 22 Juni 2023 saat di temui Awak Media.

READ  Anggota DPRD Rote Ndao Dukung Club Putra Oesao Pada Laga ETMC XXXII 2023

 

Menurut Viktor Hokon, BUMDes Desa Waibao ini sudah pernah di Laporkan ke Tipikor oleh Kades Hery Aran untuk memproses Ketua BUMDes.

 

Saat di kembalikan oleh Tipikor Polres Flotim  ke Desa Waibao kesepakatan 70 hari harus di tuntaskan tetapi sampai saat ini Kepala Desa Waibao Hery Aran  tidak  beberkan hasilnya.padahal sebelumya Kades Waibao Hery Aran ini yang selalu mengumumkan lewat pengeras suara di desa, terus kenapa sekarang malah diam? Urainya tanda tanya.

 

Pengajuan juga datang dari Ketua BPD Lambert saat temui Awak media di Kecamatan Tanjung Bunga Desa Waibao membenarkan BUMDes tersebut sudah setahun tidak berjalan dan sedang tidak sehat, apalagi isi di dalam BUMDes Desa Waibao ternyata di rekayasa oleh Kades Hery Aran, Dengan Menipu Gubernur NTT Viktor Laiskodat bahwa BUMDes Desa Waibao sementara  berjalan padahal sudah tidak ada lagi,”Tandas Lambert.

 

Sementara itu, Jumat ( 23/6/2023) sampai   Sabtu 24 Juni  Kades Waibao Hery Aran saat di datangi Awak media malah enggan temui Wartawan dengan alasan ada ke pantai dengan Bodi kapalnya serta malah  menyampaikan lewat pesan suara kepada Awak media  bahwa Kunjungan Kerja Gubernur NTT Viktor Laiskodat itu  By Desain dari Dinas PMD Flotim.

READ  Tinjau Langsung Perekaman e-KTP. Kapolsek Pantai Baru Pastikan Pelayanan Aman

 

Kami terima saja dan berusaha datangkan seperti Pengrajin Tempurung,tenunan dan lainnya  kami di desa yang bayar,”Urainya.

 

Sekali lagi kunjungan Gubernur NTT Viktor Laiskodat di Desain oleh Dinas PMD Lanjutnya, Saya tidak mau konfirmasi di jalan,rumah, tetapi harus di kantor saja. Silahkan tanya Kadis PMD Flotim itu dari Mereka, mereka yang tau “Tutur Kades Hery Aran 

 

Terpisah Kepala Dinas PMD  Alfi Kaha di hubungi Awak media lewat WhatsApp Sabtu 24 Juni 2023 membanta pernyataan kades, 

itu Kades Omong sembarang tu, itu Program Pak Gubernur NTT dari Propinsi  ke Tanjung Bunga, tetapi kami juga kaget kalau BUMDes Desa itu sudah tidak ada sehingga kami sampaikan di atur bapak kades karena Pak Gubernur NTT akan ke Tanjung Bunga untuk Kunjungi BUMDes yang ada di Desa Tersebut,” ungkapnya

 

Kadis PMD Alfi Kaha,Memang beberapa waktu lalu Ketua BPD Waibao dan Tim sudah ke dinas PMD  guna melaporkan  Kades tidak buat LKPJ Desa sehingga saya sudah menyampaikan kepada Kades untuk di tindak lanjuti,”Beber Alfi Kaha kepada Awak Media.

 

(RS)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.