IAI Cabang Sikka Bagi Alkes Gratis di Pasar Alok

oleh -262 Dilihat
oleh

MAUMERE, METROTIMOR.ID– Ikatan Apoteker Indonesia ( IAI) Cabang Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur menggelar aksi bakti sosial mencegah penyebaran wabah Covid -19 dengan membagikan alat kesehatan secara gratis bagi warga di Pasar Alok, Kecamatan Alok, berupa Hand Sanitezer sebanyak 100 botol.

Selain itu, vitamin 10 dox ( 100 tablet) dan komix jahe atau obat herbal yang diperoleh dari distributor.

Alasan memilih lokasi kegiatan baksos di pasar Alok karena masyarakat kebanyakan golongan ekonomi lemah yang terdiri dari para ojek,  pembeli dan  berjualan di pasar tersebut,” turut Ketua Pengurus IAI Cabang Sikka Fransiska Sinandona Nona Rusli, A.AP kepada metrodunia.id group di sela -sela  kegiatan baksos tersebut, Sabtu (4/4/2020).

Alasan lain menurut Fransiska Sinandona adalah membagikan hand Sanitezer di pasar karena kelompok penjual dan pembeli di pasar Alok rentan transaksi uang. Karena virus ini rentan sekali menempel pada uang.

Maka dengan dibagikan hand sanitezer ini bisa mempermudah untuk mencuci tangan setelah terima uang dari pembeli atau pengguna jasa ojek di Pasar Alok.

Setelah membagikan alket, IAI Cabang Sikka pun menggelar penyuluhan singkat dan membagikan brosur dengan tulisan menggunakan bahasa daerah terkait bahaya virus corona itu. Tujuan ditulis dengan bahasa daerah agar mudah dipahami warga daerah setempat.

Ia mengharapkan dengan kegiatan ini bisa membawah manfaat bagi warga kabupaten Sikka tentang dampak pandemi covid-19.

Seorang pedagang sayur mayur Theresia mengucapkan terimakasih kepada IAI Cabang Sikka yang telah memberikan alkes secara gratis kepadanya.

Meski begitu, dia merasa sangat prihatin terkait kondisi saat ini. Karena sejak adanya kebijakan pemerintah untuk mencegah  dan berupaya memutuskan mata rantai wabah Covid -19 dengan himbauan warga tidak  boleh keluar rumah.

Akibatnya jualnya di pasar kadang tidak laku terjual. ” Kita mau beli saja besar pun susah. Kalau sayur tidak laku dari mana kita mau dapat uang untuk beli beras untuk makan setiap harinya. Maka saya berharap agar  virus corona ini cepat stop sudah,” harapnya.

Sumber : Metrodunia.id

Editor: Agustinus Bobe