Peringatan HUT Ke-21 Kabupaten Rote Ndao: Bupati Ungkap Capaian Keberhasilan yang Telah Diraih

oleh -2315 Dilihat
Upacara Penringatn HUT Rote Ndao ke-21 yang berlangsung dihalaman Kantor Bupati Rote Ndao

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID—Pemerintah Kabupaten Rote Ndao dan masyarakatnya bersama-sama merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Rote Ndao dengan penuh kekhidmatan. Perayaan ini merupakan momen bersejarah karena Kabupaten Rote Ndao dimekarkan dari Kabupaten Kupang pada tahun 2001. Upacara peringatan HUT ke-21 berlangsung di lapangan kantor Bupati Rote Ndao dan dipimpin oleh Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE, yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Stefanus M. Saek, SE, M.Si serta Forkompimda Kabupaten Rote Ndao.

Ribuan peserta upacara, termasuk ASN Lingkup Pemkab Rote Ndao, mengenakan pakaian adat berwarna kuning lengkap dengan aksesori, memadati lapangan sejak pukul 08.00 pagi. Peringatan HUT ke-21 Kabupaten Rote Ndao ini mengangkat tema “Rote Ndao Kawal Produktifitas untuk Transformasi Ekonomi Guna Kesejahteraan Rakyat,” dengan sub tema “Dengan Semangat Ita Esa, Kita Kawal Produktifitas Menuju Rote Ndao Yang Sejahtera dan Bermartabat.”

Bupati Paulina mengawali sambutannya dengan pantun syair yang sarat makna, merayakan kebersamaan dan semangat Ita Esa.

Dia menyatakan apresiasi dan penghormatan kepada para tokoh pendiri serta pemimpin dari masa ke masa atas segala kontribusi dan perjuangan mereka dalam membentuk Kabupaten Rote Ndao.

“Hari ini, 21 tahun yang lalu, semua elemen masyarakat Rote Ndao dalam semangat Ita Esa, bahu-membahu sukses memperjuangkan pembentukan wilayah administrasi Rote Ndao menjadi daerah otonom. Tekad dan harapannya adalah agar Rote Ndao menjadi daerah yang bermartabat,” ungkap Bupati Paulina.

READ  Bupati Pimpin Upacara HUT ke – 21 Kabupaten Rote Ndao

Dalam sambutannya, Bupati Paulina mendorong semua pihak untuk bergandengan tangan dalam memajukan Kabupaten Rote Ndao menuju kesejahteraan masyarakat. Upacara HUT ini juga menjadi momen untuk mengevaluasi komitmen dan kontribusi semua pihak dalam pembangunan daerah ini.

Bupati Paulina menyampaikan bahwa tema HUT ke-21 ini mencerminkan komitmen untuk memajukan Kabupaten Rote Ndao dalam berbagai aspek, termasuk:

1. Pembangunan Ekonomi Bermartabat: Mendorong ekonomi kreatif berbasis sumber daya lokal seperti marungga, gula, dan daun tuak.

2. Pembangunan Rumah Layak Huni: Memastikan warga memiliki akses ke rumah yang layak dengan atap, lantai, dinding, listrik, air bersih, dan sanitasi yang memadai.

3. Kesejahteraan Sosial: Mengatasi stunting, eliminasi kematian ibu dan bayi, perlindungan perempuan dan anak, serta mengurangi kemiskinan.

4. Infrastruktur: Membangun 84,97 kilometer jalan pada tahun 2023, menuju sentra produksi, destinasi pariwisata, dan wilayah kantong kemiskinan, serta meningkatkan upaya penanggulangan bencana.

5. Pembangunan Sumber Daya Manusia:Meningkatkan akses pelayanan kesehatan, inovasi pendidikan, pemberian beasiswa, dan pengembangan olahraga, termasuk El Tari Memorial Cup pada bulan Agustus.

HUT Rote Ndao ke-21Bupati Paulina juga memberikan apresiasi terhadap berbagai capaian yang telah diraih Kabupaten Rote Ndao dalam beberapa bidang, seperti keuangan daerah, penyaluran dana desa, penurunan angka kemiskinan ekstrem, penilaian aksi konvergensi stunting, serta peningkatan dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik.

READ  Dispenduk Rote Ndao Buka Layanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital di Gereja Syalom Mokdale

Peringatan HUT ke-21 ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk ibadah dan pemotongan tumpeng yang diselenggarakan oleh Bupati Rote Ndao, dihadiri oleh sejumlah stakholder terkait.

Perayaan HUT ke-21 Kabupaten Rote Ndao tahun ini menjadi bukti semangat Ita Esa yang telah mendorong kesuksesan dan kemajuan daerah ini. Semua pencapaian ini adalah hasil kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, DPRD, dan seluruh elemen masyarakat yang telah bersatu untuk memajukan daerah ini.

Perayaan HUT ke-21 Kabupaten Rote Ndao tahun ini menjadi bukti semangat Ita Esa yang telah mendorong kesuksesan dan kemajuan daerah ini. Semua pencapaian ini adalah hasil kerja keras seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, DPRD, dan seluruh elemen masyarakat yang telah bersatu untuk memajukan daerah ini.

Lebih lanjut menurut Bupati Perempuan pertama NTT ini memberikan apresiasi terhadap  beberapa upaya, inovasi dan kerja keras telah kita laksanakan membuahkan hasil dan apresiasi, antara lain:

  1. Kinerja pengelolaan keuangan daerah mendapat opini “Wajar Tanpa Pengecualian” pada tahun 2020 sampai dengan tahun 2022, dan terus berkomitmen untuk mempertahankannya pada tahun yang akan datang.
  2. Kinerja terbaik dalam penyaluran dan pengelolaan dana desa se-NTT dari KPPN Kupang tahun 2022.
  3. Persentase angka kemiskinan ekstrem mengalami penurunan yang signifikan, di mana pada tahun 2020 sebesar 16,14 persen menjadi 9,62 persen di tahun 2022.
  4. Peringkat dua penilaian aksi konvergensi Stunting Se-NTT Tahun 2022. kita berhasil menurunkan angka stunting pada tahun 2022 sebesar 22,3 persen menjadi 21,7 persen tahun 2023.
  5. Kinerja terbaik ketiga se-ntt dalam sistem pemerintahan berbasis elektronik atau spbe dari nilai indeks 1 pada tahun 2021 menjadi 2,48 poin di tahun 2022, dan nilai ini melampaui rerata nasional tahun 2022 yakni 2,35 poin.
  6. Bahoruk meraih juara tiga terbaik api award tahun 2022 dalam kategori atraksi budaya
  7. Inovasi ka’a fadi dan mama bo’i masuk dalam sepuluh besar terbaik inovasi rintisan kompetisi inovasi pelayanan publik provinsi NTT tahun 2022.
  8. Skor indeks inovasi daerah meningkat dari tahun 2021 sebesar 34,86 poin menjadi 36,11 poin tahun 2022.
  9. Prestasi yang kita raih ini terwujud berkat kerja keras seluruh jajaran di Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, DPRD dan semua elemen masyarakat yang merupakan perwujudan dari semangat ita esa dan menjadi pengungkit motivasi sekaligus hadiah istimewa pada perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Rote Ndao.

    Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu,SE seremonial pemotongan tumpen HUT Rote Ndao ke-21 disaksikan wakil bupati, dan forkompimda Kab Rote Ndao/ Foto metrotimor.id

ADVETORIAL Pemkab Rote Ndao Kerjasama dengan Metrotimor.id

No More Posts Available.

No more pages to load.