Hadiri Rakor IDRIP Tingkat Provinsi, Kalak BPBD NTT: Bencana Seharusnya Menjadi Tanggungjawab Semua Orang

oleh -2570 Dilihat

NTT, METROTIMOR.ID — Indonesia Disaster Resilience Initiatives Project atau IDRIP Provinsi NTT menggelar Rapat Koordinasi Triwulan Tingkat Provinsi Tanggal 29-30 Agustus 2023 yang bertempat di Sylvia Hotel & Resort Kupang.

Rakor tingkat Provinsi ini bertujuan untuk mendorong sinergi antara berbagai stakeholder dalam mewujudkan percepatan pelaksanaan program Fasilitasi Penguatan Katangguhan Masyarakat Wilayah 2.

Rapat ini merupakan wadah penting dalam memfasilitasi dialog, berbagi informasi, dan merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya penanggulangan bencana di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

READ  Wujud Nyata Kemitraan Polsek Pantai Baru dengan Sekolah: Dukungan Aktif dari SDN Sonimanu

Dalam sambutannya, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Nusa Tenggara Timur Ambrosius Kodo, S.Sos, MM., mengapresiasi pelaksanaan program ini, karena menurutnya masalah bencana seharusnya menjadi tanggung jawab semua orang, oleh karena itu, peran Pemerintah bukan hanya ada pada BPBD namun ada juga pada dinas-dinas lain dengan peran dan tugasnya masing-masing.

Lebih lanjut, dikatakan bahwa 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Alor dan kabupaten Manggarai Barat dipilih untuk didampingi dalam program ini karena berdasarkan sejarah kejadian bencana, kedua kabupaten ini termasuk daerah yang sangat rawan untuk terjadi gempa bumi. Sehingga dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat menjadi paham bahwa daerah mereka rawan bencana sehingga ada langkah-langkah antisipasi yang dapat dilakukan sendiri oleh masyarakat jika terjadi gempa.

READ  Polsek Pantai Baru Sambangi SD Inpres Edalode di Hari Hardiknas

Adapun agenda dari kegiatan ini antara lain :

  1. Pembukaan dan Sambutan;
  2. Presentasi Kebijakan Daerah dalam kegiatan penanggulangan bencana oleh Kalak BPBD Prov. NTT;
  3. Paparan Hasil Kajian Risiko Bencana oleh Kalak BPBD Prov. NTT;
  4. Paparan Program Fasilitasi Ketangguhan Masyarakat oleh RMC 2;
  5. Paparan Progres pelaksanaan ketangguhan masyarakat Tim IDRIP NTT;
  6. Paparan Rencana Kerja dan Tindak Lanjut Tim IDRIP NTT;
  7. Penutupan.
READ  Gunung Lewotobi Laki-Laki Erupsi Menggila: Bandara Frans Seda Maumere Ditutup, Pemda Flotim Segera Tuntaskan Bantuan Erupsi Lama yang Tak Transparan

Hadir dalam Rapat Koordinasi ini antara lain, BNPB, BPBD Provinsi NTT, BPBD Kabupaten Alor dan Manggarai Barat, Perwakilan RMC 2, Tenaga Ahli Provinsi NTT dan beberapa OPD baik Provinsi maupun Kabupaten Alor dan Kabupaten Manggarai Barat antara lain Dinas Sosial, Bapelitbang, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas PMD, Admin Kabupaten dan Fasilitator Daerah. (RED.MT.ID)

No More Posts Available.

No more pages to load.