Godlief Neonufa Resmi Dikukuhkan Sebagai Guru Besar

oleh -3412 Dilihat

KUPANG, METROTIMOR.ID — Prof. Dr. Ir. Godlief Fredrik Neonufa, MT resmi di kukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Teknologi Hasil Pertanian Universitas Kristen Artha Wacana Kupang melalui Rapat Senat Terbuka Luar Biasa di Aula Yohanes, Kamis (23/03/2023).

Pengukuhan Guru Besar pertama di UKAW Kupang itu dibuka langsung oleh Rektor UKAW Kupang Ayub Urbanus Imanuel Meko. Hadir juga Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah XV, Prof. Adrianus Amheka.

Godlief Neonufa merupakan dosen tetap pada Fakultas Pertanian UKAW Kupang dan pernah menjabat sebagai Rektor UKAW Kupang periode 2007-2011.

Godlif Neonufa lahir di Oekamusa, SoE – TTS, tanggal 17 Januari 1968 ini mulai meniti pendidikan di SD Negeri Oekamusa (tamat tahun 1976), SMP Negeri 2 SoE (tamat tahun 1983), dan SMA Negeri 1 SoE (tamat tahun 1986).

READ  Bhayangkara Polres Rote Ndao Menang Telak 3-0 Melawan Bante 014 dalam Turnamen Volly Bupati Cup III

Selanjutnya Godlief melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi di UKAW Kupang dan dinyatakan lulus Serjana Teknologi Hasil Pertanian pada tahun 1992.

Godlief menyelesaikan studi Pendidikan Dasar Pembentukan Teknik Kimia (PDTK) di Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB) Tahun 1995/1996 dan Magister (S2) Teknik Kimia di Tahun 1998 serta Doktor (S3) Teknik Kimia di ITB Tahun 2018.

Prof. Dr. Ir. Godlief Fredrik Neonufa, MT adalah sosok kunci Sustainable Development Goals (SDGs) Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang. Godlief dipercayakan menjadi Direktur SDGs UKAW Kupang.

READ  Krisis Air Bersih di RSUD Larantuka, Pasien Mengeluh

SDGs adalah rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Sebagai akademisi dan peneliti, Godlief F. Neonufa hasil risetnya adalah terkait bahan bakar terbarukan (biofuel) yang telah ditekuninya sejak tahun 2014 di Laboratorium Metodika Perancangan dan Pengendalian Proses-IT(Teknik Kimia).

Produk rekayasa teknologi proses dekarboksilasi minyak nabati menjadi green diesel, bio-avtur dan bio-gasoline telah dihasilkan bersama tim riset Teknik Kimia-ITB yang tergabung dalam proyek Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) KEMENKEU-RI.

Lebih dari 20 artikel terkait proses tersebut dan produk biofuel telah dipublish di aneka jurnal international bereputasi, juga jurnal Nasional terakreditasi.

READ  Penyuluh Agama Katolik TTS Ikuti Pembinaan Angkatan Angkatan Ke-3

Terakhir, Profesor Godlief dikukuhkan oleh SDG Academy Indonesia sebagai SDG Certified Leaders.

Sedangkan pengalaman sebagai Dosen pada Program studi teknologi Hasil pertanian UKAW Kupang sampai saat ini sudah sekitar 27 tahun (sejak Maret 1994).

Godlief F. Neonufa adalah Profesor pertama di Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UKAW Kupang.

Hadir dalam acara pengukuhan tersebut, LLDikti Wilayah XV Pengurus Yayasan UKAW Kupang, Kapolda NTT, Irjen Pol Johni Asadoma. Ketua DPRD NTT, Emelia Julia Nomleni. Ketua Alumni UKAW, Inche Sayuna. Mantan Wakil Gubernur NTT, Ir. Esthon Foenay, Keluarga, dan ratusan tamu undangan lainnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.