Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki Mengancam Flores Timur

oleh -1223 Dilihat

 

FLORES TIMUR,METROTIMOR.ID–Pada tanggal 13 Januari 2024, pukul 09:24 WITA, Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Kecamatan Wulanggitang, Nusa Tenggara Timur, mengalami erupsi. Tinggi kolom abu mencapai ± 1.000 m di atas puncak (± 2.584 m di atas permukaan laut), dengan abu berwarna putih hingga kelabu, mengarah utara.

Seismogram merekam erupsi dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan durasi sementara ini ± 4 menit 10 detik. Saat laporan ini dibuat, erupsi masih berlangsung, dan Gunung Lewotobi Laki-laki diberi status *Level IV (Awas)*.

READ  Babinsa Inaoe Bagi Paket Sembako dari Hasil Jualan Kue

Rekomendasi resmi melibatkan evakuasi masyarakat di sekitar dalam radius 4 KM dari pusat erupsi dan sektoral 5 KM ke arah Barat Laut – Utara dan Timur Laut. Masyarakat diminta untuk tetap tenang, mengikuti arahan Pemda, dan tidak menyebarkan isu yang tidak jelas sumbernya.

Dalam menghadapi erupsi dan hujan abu, disarankan agar masyarakat tetap berada di dalam rumah. Apabila berada di luar rumah, penggunaan pelindung hidung, mulut (masker), dan kaca mata sangat disarankan. Potensi banjir lahar dingin pada sungai-sungai di sekitar Gunung Lewotobi menjadi perhatian khusus saat hujan intensitas tinggi.

READ  Penjabat Bupati Rote Ndao Pimpin Jumat Bersih

Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki dan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung untuk mengkoordinasikan respons dan memberikan informasi kepada masyarakat. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Sumber data utama berasal dari KESDM, Badan Geologi, dan PVMBG. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi selalu berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Satlak PB setempat untuk menyediakan informasi terkini tentang kegiatan Gunung Lewotobi Laki-laki.

READ  Kemenag Rote Ndao Melakukan Serah Terima Jabatan Pejabat Struktural Eselon IVa

(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.