Erupsi G. Lewotobi Laki-laki, Nusa Tenggara Timur: Ancaman Terkendali dengan Status Siaga III

oleh -927 Dilihat

 

METROTIMOR.ID–Senin,  8 Januari 2024, pukul 17:22 WITA, Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami erupsi dengan tinggi kolom abu mencapai ±1.500 m di atas puncak (±3.084 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna putih, kelabu, hingga coklat, dengan intensitas tebal condong ke arah utara. Erupsi ini direkam di seismogram dengan amplitudo maksimum 10 mm dan durasi sementara ±1 menit 40 detik.

**Status Erupsi: Berlangsung Saat Ini**
Erupsi G. Lewotobi Laki-laki masih berlangsung saat ini. Gunung tersebut berada pada Status Level III (Siaga). Rekomendasi diberikan kepada masyarakat di sekitarnya dan pengunjung agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari pusat erupsi, serta sektoral 4 km pada arah barat-laut-utara dan barat daya dari pusat erupsi.

READ  Wabup Saek, Buka Kegiatan Pameran Museum Keliling Rote Ndao Tahun 2023 

Tindakan yang Dianjurkan:
Masyarakat diminta tetap tenang, mengikuti arahan Pemda, dan tidak mempercayai isu-isu tidak jelas. Jika erupsi dan hujan abu terjadi, disarankan untuk tetap berada di dalam rumah. Apabila di luar rumah, menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan mata (kaca mata) merupakan langkah yang disarankan.

Koordinasi Pemerintah:
Pemerintah Daerah terus berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunungapi Lewotobi Laki-laki di Desa Pulolera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Folres Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi di Bandung, serta BPBD Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Satlak PB setempat juga terlibat dalam memberikan informasi terkini mengenai kegiatan Gunung Lewotobi Laki-laki.

READ  Dugaan Kejahatan Korporasi di Bank NTT Cabang Flores Timur, PADMA Indonesia Desak Proses Hukum Segera

Sumber Informasi:
Berita ini bersumber dari KESDM, Badan Geologi, dan PVMBG, dengan Pos Pengamatan Gunungapi Lewotobi Laki-laki sebagai sumber data utama. Ketua PVMBG Lewotobi di Kabupaten Flores Timur, Herman Yosep, menegaskan bahwa pihaknya terus berkoordinasi untuk menyediakan informasi terkini kepada masyarakat.

(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.