DPRD bersama Pemkab mulai Bahas LKPj Bupati Rote Ndao Tahun Anggaran 2022

oleh -3184 Dilihat

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao mulai melaksanakan Sidang I Tahun 2023, dengan agenda Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2022.

seperti dilansir victorynews.id, Acara pembukaan Masa Sidang I tersebut dilaksanakan di ruang sidang utama DPRD DPRD Rote Ndao, Senin (03/04/2023), dibuka oleh Ketua DPRD Alfred Saudila, didampingi Wakil Ketua I Yosia Adri Lau dan Wakil Ketua II Paulus Henuk, yang dihadiri Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Stefanus M Saek, Forkopimda, Sekda Jonas M Selly, para asiten Sekda, pimpinan Perangkat Daerah, serta undangan lainnya.

Ketua DPRD Rote Ndao Alfred Saudila dalam sambutannya mengatakan, momentum sidang Pembahasan LKPj Bupati TA 2022 ini mesti dimaknai dan diletakan pada tataran dimensi Administratif dan Akuntabilitas Publik.

Di mana, kata Alfred Saudila, dalam tataran Administratif menjalankan amanat aturan perundang-undangan sebagai kewajiban konstitusianal Kepala Daerah. Sedangkan dimensi Akuntabilitas Publik LKPj merupakan potret bagi masyarakat untuk melihat dan mengetahui secara detail apa yang telah dilaksanakan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan di tahun 2022.

READ  Hari ini DPRD Gelar Rapat Kerja Bahas Penanganan Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki Kecamatan Wulanggitang

Dalam mencermati muatan LKPj TA 2022, kata Alfred, dirinya mengajak rekan-rekan anggota DPRD mengacu pada PP Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Permendagri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaannya.

“Kita fokus menilai persentasi kinerja pelaksanaan program dan kegiatan serta menilai Pelaksanaan Perda dan atau peraturan Kepala Daerah dalam menyelenggarakan urusan Pemerintahan Daerah. Dengan demikian maka diharapkan rekomendasi yang dihasilkan DPRD benar-benar dapat berkontribusi bagi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di daerah sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Ayat 3 Permendagri Nomor 18 Tahun 2020,” katanya.

Terhadap LKPj Bupati Tahun 2022 ini, DPRD sebagai mitra dalam penyelengaraan pemerintah daerah, akan memberikan catatan-catatan kritis, korektif, dan konstruktif kepada pemerintah demi perbaikan dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat ke depan.

READ  Janji Kapolri Terwujud, Bripda Karel Dadimo Dilantik Sebagai Anggota Polri

Alfred Saudila juga mengajak pemerintah dan DPRD manfaatkan waktu persidangan dengan baik, sehingga bisa selesai sesuai waktu yang ditentukan.

“Kami perlu ingatkan kepada Perangkat Daerah untuk menyiapkan dokumen-dokumen terkait LKPj untuk melancarkan proses persidangan ini,” ujarnya.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu dalam sambutanya memberikan apresiasi kepada pimpinan, anggota, staf ahli DPRD, Sekwan, dan seluruh staf DPRD, yang telah menjalankan dengan baik peran dan fungsinya sebagai mitra pemerintah.

Menurut Bupati Paulina, pada Tahun Anggaran 2022, Pemkab Rote Ndao telah melaksanakan berbagai program dan kegiatan dalam rangka mewujudkan peningkatan pelayanan publik, mempercepat pembangunan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah yang merupakan tujuan penerapan otonomi daerah.

“Sebagai gambaran, dalam dokumen LKPj TA 2022, pemerintah memberikan gambaran yang mengenai pencapaian dalam berbagai sektor pembangunan, seperti infrastruktur, kesehatan, pendidikan, pariwisata, pertanian, dan sektor ekonomi lainnya,” kata Bupati Paulina.

READ  Bram Belutowe Bantah Tudingan, Klaim Pangkas Pohon di Lahan Sendiri

Dikatakan Bupati Paulina, setiap capaian yang telah berhasil diraih, tentunya tidak terlepas dari dukungan lembaga DPRD bersama seluruh pihak terkait, serta partisipasi masyarakat.

“Kita menyadari bahwa ke depannya masih banyak pekerjaan yang perlu mendapat perhatian kita bersama untuk dilaksanakan demi mewujudkan Rote Ndao yang lebih maju dan Bermartabat. DPRD sebagai mitra pemerintah tentunya punya satu komitmen, yakni bersama-sama pemerintah berupaya maksimal mengemban amanat mulia membangun daerah ini,” ujarnya.

Di akhir sambutannya, Bupati Paulina menyerahkan sepenuhnya sidang pembahasan LKPj Tahun Anggaran 2022 kepada Dewan yang terhormat untuk dibahas dan dievaluasi, guna perbaikan pelaksanaan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan yang lebih baik di masa mendatang. ***

sumber : Victorynews.id

No More Posts Available.

No more pages to load.