Disbudpar Gelar Pelatihan Demi Pengembangan Kapasitas Kelembagaan Destinasi dan SDM Pariwisata Rote Ndao

oleh -1024 Dilihat
sumber foto : victorynews.id

 

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Rote Ndao menggelar serangkaian pelatihan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan destinasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor pariwisata. Inisiatif ini bertujuan untuk mempersiapkan destinasi wisata dan para pelaku pariwisata di sejumlah Desa Wisata di Kabupaten Rote Ndao, Indonesia, guna meningkatkan sektor ekonomi di wilayah tersebut.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rote Ndao, Yesy Dae Pany, seperti dilansir victorynews.id, Kamis 24 Oktober 2023 menjelaskan bahwa pelatihan ini melibatkan peserta dari 19 desa yang tersebar di 10 kecamatan. Prioritas diberikan pada desa-desa yang memiliki potensi pariwisata yang dapat ditingkatkan. 

 

Adapun delapan kegiatan pelatihan yang telah dan akan dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rote Ndao adalah:

READ  Bangun Sinergi & Kerja Sama, Lapas Baa Lakukan Koordinasi Dengan Pemda Rote Ndao

 

  1. Pelatihan Keamanan dan Keselamatan di Destinasi/Daya Tarik Wisata**, dilaksanakan pada 24 hingga 26 Juli 2023 dengan 40 peserta dari 19 Desa Wisata.

 

  1. Pelatihan Kebersihan Lingkungan, Sanitasi, dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata**, berlangsung pada 28 hingga 30 Juli 2023 dengan partisipasi 40 peserta dari 19 Desa Wisata.

 

  1. Pelatihan Pengelolaan Usaha Home Stay**, diadakan pada 21 hingga 23 Agustus 2023, dengan 40 peserta yang berasal dari 19 Desa Wisata.

 

  1. Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata**, berlangsung pada 24 hingga 26 Agustus 2023, melibatkan 40 peserta dari 19 Desa Wisata.

 

  1. Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner di Destinasi Pariwisata**, diadakan pada 16 hingga 18 Oktober 2023, dengan partisipasi 40 peserta dari 19 Desa Wisata.
READ  Casis Rekpro Angkatan 50 isi Kegiatan DOBRAK Religi

 

  1. Pelatihan Pemasaran Digital**, diselenggarakan pada 18 hingga 21 Oktober 2023, diikuti oleh 50 peserta dari 19 Desa Wisata.

 

  1. Pelatihan Pemandu Ekowisata**, yang sedang berlangsung dari tanggal 23 hingga 26 Oktober 2023, diikuti oleh 50 peserta dari 19 Desa Wisata.

 

  1. Pelatihan Pemandu Wisata Selancar**, yang akan berlangsung awal bulan November 2023, menghadirkan 20 peserta dari Desa Wisata di Kecamatan Rote Barat.

 

Yesy Dae Pany menekankan bahwa program pelatihan ini adalah usaha berkelanjutan, dan akan terus dilakukan dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Diharapkan bahwa dengan adanya pelatihan-pelatihan ini, masyarakat setempat akan mampu mengelola destinasi wisata sesuai dengan standar prosedur yang telah ditetapkan.

 

Selain kegiatan pelatihan, Disbudpar Rote Ndao juga telah melaksanakan dua event, yakni Lomba Ja’i dan Pagelaran Seni Budaya Tradisional, serta Lomba Tarian Taebenu, Foti, dan Kebalai. Hal ini dilakukan bekerja sama dengan UPTD Museum Daerah Provinsi NTT.

READ  Perss Soe Menang 2-1 Mengalahkan Persesba Sumba Barat dalam Pertandingan Sengit di Lapangan Paulina Haning Rote Ndao

 

Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M Saek, dalam pembukaan kegiatan Pelatihan Pemandu Ekowisata, mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan keamanan di sektor pariwisata Rote Ndao. Rote Ndao memiliki potensi pariwisata yang luar biasa, sehingga pelatihan seperti ini sangat diperlukan untuk mendukung kunjungan wisatawan ke wilayah tersebut. 

 

Dengan upaya ini, Kabupaten Rote Ndao berharap dapat mengembangkan pariwisata lokal dan memberikan manfaat ekonomi yang signifikan bagi masyarakat setempat serta menjadikan destinasi ini lebih menarik bagi para pengunjung.

 

(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.