Diduga Caleg PAN Terjerat Korupsi Dana Desa Saat Menjabat: Pengacara Erles Rareral Menekan Pentingnya Penyelesaian Tepat Waktu

oleh -446 Dilihat

 

JAKARTA,METROTIMOR.ID– Kasus dugaan korupsi dana desa yang melibatkan Caleg PAN Ama Lego, yang baru saja berhasil lolos sebagai Calon Legislatif dari Partai PAN, terus menjadi sorotan. Ama Lego diduga terlibat dalam penyalahgunaan dana desa saat menjabat sebagai Kepala Desa Riangduli, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur. Inspektorat Kabupaten Flores Timur telah mengirimkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) sejak 19 Februari lalu, menyoroti dugaan penyelewengan tersebut.

Pengacara nasional dari Kota Ende, Erles Rareral, S.H., M.H., menyoroti pentingnya penyelesaian kasus ini secara tepat waktu. “Jika memang temuan dan LHP sudah ada, saya menekankan agar segera mengembalikan dana yang diduga disalahgunakan tersebut agar tidak berdampak besar ke depannya,” tegas Erles.

READ  Raih Penghargaan Satkamling: Briptu Ferdinan Cakra Sudoso Beri Ucapan Terima Kasih

Menurut pemberitaan sebelumnya, hasil audit dari Inspektorat Kabupaten Flores Timur mengungkap bahwa mantan Kepala Desa Riangduli diduga menyalahgunakan sejumlah anggaran dana desa sebesar Rp. 237.636.318. Lorens Bahy, Kepala Desa Riangduli, menyampaikan bahwa pihaknya telah menerima LHP terkait penyalahgunaan tersebut, yang terjadi dari tahun 2017 hingga 2021.

Lorens Bahy menjelaskan bahwa pihaknya sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesuai waktu yang ditentukan oleh Inspektorat, yaitu 60 hari sejak LHP dikeluarkan. “Kami sementara melakukan upaya untuk menyelesaikan masalah ini. Kami akan menyampaikan lanjutannya kepada media nantinya,” ucap Lorens Bahy.

READ  Ketua LMA Mamberamo Raya Apresiasi Penerimaan Bintara Polri Utamakan OAP

Ketua BPD Desa Riangduli, Alwan G. Nama, juga menegaskan bahwa pihaknya sebagai pengawas siap mengambil tindakan jika temuan penyelewengan dana desa tidak diselesaikan tepat waktu. “Kepala desa sebagai kuasa pengguna anggaran wajib bertanggung jawab atas temuan tersebut. Jika tidak diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan, akan ditindaklanjuti oleh aparat penegak hukum,” tegas Alwan.

READ  Sambangi 5 Gereja, Polsek Pantai Baru Himbau Warganya

Hingga berita ini diturunkan, mantan Kepala Desa Riangduli, Ama Lego, belum memberikan respon terkait dugaan penyalahgunaan dana desa tersebut. Kasus ini terus menjadi sorotan publik seiring dengan upaya penyelesaiannya yang tengah dilakukan oleh pihak terkait.

(**RS)

No More Posts Available.

No more pages to load.