Di Sikka Ada Kendala Pengiriman Swab ke Laboratorium BTKL Surabaya

oleh -56 Dilihat
oleh

Editor: Agustinus Bobe

MAUMERE, METROTIMOR.ID– Juru Bicara Covid -19 Kabupaten Sikka Petrus Herlemus kepada Pers di Media Center Posko Covid- 19 Kabupaten Sikka, Sabtu (25/4/2020) mengatakan ada kendala pengiriman Swab ke laboratorium BTKL Surabaya, Jawa Timur, karena masih menunggu maskapai penerbangan.

Hal ini berhubungan dengan kebijakan pemerintah untuk pemberhentian sementara semua penerbangan domestik maupun internasional sejak 24 April hingga 1 Juni 2020.

Sehingga hingga hari ini 9 orang pelakukan perjalanan eks KM Lambelu belum bisa diambilĀ  Swab karena masih menunggu penerbangan.

9 orang pelaku perjalanan yang terindikasi reaktif covid -19 berdasarkan hasil Rapid Tes kedua pada Kamis ( 23/4/2020) di evakuasi ke ruang isolasi RSUD dr Tc Hillers Maumere saat ini kondisi mereka baik – baik saja.

” Sehingga kami saat ini sementara melakukan koordinasi dengan pihak bandara. Dan sudah ada petunjuk dari pemerintah provinsi bahwa 1 sampai 2 hari kedepan ini akan ada informasi dari provinsi bagaimana cara pengiriman sampel.

Menurut Petrus Herlemus, informasi pemerintah provinsi akan berkoordinasi dengan semua pemerintah di seluruh kabupaten untuk pengambilan sampel swab satu kali atau serentak sehingga penerbangan maskapai bisa diatur.

Terkait teknisnya, kata Petrus, keputusan ada di tangan gubernur NTT. Dan pasti ada jalan keluarnya agar sampel swab bisa di kirim.

” Ada kabar gembira untuk kabupaten Sikka, Minggu depan tim teknisi Kementerian Kesehatan akan datang ke NTT, khususnya di Kupang, Maumere dan Sumba untuk di pasang instalasi alat swab kita tentang bagaimana pemeriksaan cepat di Maumere,” ungkap Petrus Herlemus dengan wajah gembira.

Tim medis dan dokter telah melakukan protokoler kuratif dengan memberikan obat dan vitamin agar kondisi tubuh mereka tetap vit bertahan dan sistem imun dinaikan.

Dikabarkan sebelumnya, pengambilan swab pada 9 pasien eks KM LambeluĀ  dilakukan pada Jumat (24/4/2020) dan Sabtu (25/4/2020) masih tertunda berhubungan semua penerbangan domestik maupun internasional sejak 24 April hingga 1 Juni 2020.

Pewarta : Athy Meaq

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *