Di Rote Selatan, Bupati Paulina Launching Penyaluran Beras Cadangan 

oleh -4521 Dilihat

 

DALEHOLU, METROTIMOR.ID-Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu,S.E Launching kegiatan penyaluran cadangan Beras pemerintah untuk bantuan pangan untuk masyarakat yang ada di kabupaten Rote Ndao,yang bertempat di kantor Desa Daleholu, kecamatan Rote Selatan, kabupaten Rote Ndao, Sabtu (15/04/23)

Bupati didampingi oleh Anggota DPRD kabupaten Rote Ndao, Carlie Lian, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda kabupaten Rote Ndao,Armis Saek,ST.

Launching Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah dalam rangka pemberian bantuan pangan tahun 2023 untuk se-kabupaten Rote Ndao maka pemerintah kabupaten Rote Ndao lebih memilih kecamatan Rote Selatan, khusunya Desa Daleholu bertempat dihalaman kantor Desa.

Dipadati warga masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM) sangat antusias menunggu giliran pembagian bantuan pangan masing-masing keluarga memegang kartu keluarga dan KTP sebagai salah satu syarat menerima bantuan ini.

Bupati mengatakan ditengah kesulitan hidup dan naiknya harga barang dipasaran khususnya sembako, pemerintah pusat masih memberikan perhatian terutama bantuan cadangan pangan yang akan dibagikan kepada masyarakat.

READ  Retaknya Jembatan Oele Menimbulkan Kekwatiran Di Desab Daleholu

Bupati juga menghimbau agar masyarakat tidak melihat dari besar atau kecilnya bantuan yang diberikan tetapi selalu mensyukuri berkat yang ada.Ia juga berharap, meski bantuan tidak cukup untuk satu bulan tetapi setidaknya bisa mengurangi pengeluaran masyarakat.

” Saya kira kalau sepuluh kilo tidak cukup untuk satu bulan.Tapi kita bersyukur walaupun sedikit tapi itu merupakan berkat ” Harap Bupati.

Selain itu Bupati juga beberapa program pembangunan yang akan dikerjakan di tahun ini antara lain: 

  1. Bidang Pendidikan : ruang UKS Rp.240.000.000,ruang LAB IPA Rp.600.000.000 ,ruang tata usaha Rp.195.000.000,rehab ruang kelas Rp.195.000.000,dan ruang lab komputer Rp.480.000.000, untuk SMP 2 Rote Selatan.
  2. Bidang pertanian dan peternakan: pembangunan irigasi di desa Pilasue Rp.150.000.000,pembangunan irigasi di desa Daleholu Rp.300.000.000,peralatan Puskeswan untuk hewan Rp.100.000.000, peralatan klinik hewan Rp.50.000.000, peralatan bedah Rp.50.000.000, peralatan produksi ternak Rp.50.000.000,alat USG hewan Rp.120.000.000.
  3. Bidang infrastruktur: rehabilitasi jaringan irigasi Nunukhun desa Pilasue Rp 200.000.000, Peningkatan ruas jalan Lekunik -Oele Sekmen Kapasiok (Hotmix) panjang 1,3 kilo dengan pagu Rp.3.650.000.000.
READ  BNNK Rote Ndao Gelar Monev Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba di Desa Bo'a

Bupati juga berharap agar masyarakat juga ikut kawal pekerjaan agar kontraktor bekerja sesuai dengan spek yang ada.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Rote Ndao, Hanok Ndoen dalam laporannya menjelaskan,penerima bantuan beras di kabupaten Rote Ndao sebanyak 16,966 KPM (Keluarga Penerima Manfaat).

Alokasi bantuan kepada setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 10 kilo gram per bulan per KK yang akan diterima selama 3 bulan (Maret s/d Mei 2023).

Sementara total bantuan untuk kabupaten Rote Ndao sebanyak 508,980 ton beras, yang tersebar di 11 kecamatan atau 120 Desa/kelurahan yang ada di kabupaten Rote Ndao.

READ  Masyarakat Pertanyakan Upah Kerja Rabat Jalan, Ini Penjelasan Kepala Desa Hoi

Dijelaskan,pelaksana penyaluran bantuan cadangan pangan ini yakni,Badan Pangan Nasional dalam hal ini Dinas Pertanian dan ketahanan pangan kabupaten Rote Ndao yang bertanggung jawab atas proses koordinasi pelaksanaan, selanjutnya perum Bulog yang bertugas untuk penyediaan dan distribusi beras dan melakukan proses serah terima beras di gudang Perum Bulog.

Selain itu,PT.Pos Indonesia bertanggung jawab untuk penerimaan bantuan pangan beras di gudang Perum Bulaog dan melakukan distribusi pembagian kepada masyarakat penerima bantuan serta mengecek kualitas dari beras sebelum didistribusikan kepada masyarakat.

 

Untuk diketahui bahwa pelaksanaan penyaluran Pangan beras dilaksanakan di titik lokasi setiap Desa dan kelurahan yang representatif untuk melakukan pembagian secara tertib dan transparan.

 

(Khenjo**)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.