Cegah Covid-19,Partai Golkar Rote Ndao Bagikan APD Kepada Wartawan

oleh -249 Dilihat
oleh

BA’A,METROTIMOR.ID–Dewan  Perwakilan Daerah (DPD) II Partai Golongan karya Kabupaten Rote Ndao,membagikan sejumlah masker dan Vitamin untuk para wartawan

Pembagian masker-masker gratis itu dilangsukan di kantor DPD II Partai Golkar Kabupaten Rote Ndao Rabu,8 April 2020.

“Teman-teman wartawan adalah orang terdepan yang menggali informasi soal corona atau covid-19. Tanpa teman-teman wartawan kami tidak bisa mengupdate informasi terbaru tentang perkembangan bencana covid-19.

Ketua DPD Partai Golkar Adrianus Yosia Lau,SE didampingi ketua Fraksi Golkar Meksi Mooy membagikan APD  kepada wartawan berupa masker dan Vitamin dikantor DPD II Partai Golkar,Rabu (8/4/2020)

Karena itu,kami serahkan masker dan Vitamin  untuk teman-teman wartawan,” kata Ketua DPD Partai Golkar Adrianus Yosia Lau,SE didampingi ketua Fraksi Golkar Meksi Mooy

Yosia Adri Lau memgaku memberikan masker dan Vitaman kepada para wartawan diwilayah Rote Ndao menindaklanjuti Instruksi DPD I Partai Golkar NTT Nomor B 51/DPD/Golkar/NTT/IV/2020 tanggal 7 April 2020, maka DPD II Golkar Rote Ndao telah membentuk Satgas dan Posko Penanganan Covid-19, yang bertugas membantu dan bersama pemerintah dan masyarakat pada bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Menurutnya alasan kegiatan pembagian masker dan vitamin ini pertama-tama diberikan kepada para pekerja pers karena selain paramedis, setiap hari wartawan juga dalam melaksanakan tugas menyampaikan informasi terkait langkah-langkah yang diambil dan perkembangan penanganan Covid-19, punya potensi melakukan kontak dengan orang lain.

“Saat bertugas, wartawan juga bersentuhan dengan orang dan peralatan yang tidak diketahui apakah merupakan media penularan Covid-19 atau tidak karena selain OAR,ODP,PDP,suspect ada orang tanpa gejala (OTG) yang tak terdeteksi. Sehingga, kami merasa perlu memberikan dukungan sebagai bentuk kepedulian,” katanya.

Pihaknya juga akan membagikan masker untuk tukang ojek, penjual sayur dan ikan keliling, serta pedagang di pasar-pasar tradisional  yang terpaksa harus keluar rumah untuk bekerja.

Ia mengatakan, karena teman-teman yang lain dari Gugus Tugas Covid-19 Rote Ndao, Komunitas Ita Esa, PMI, dan LSM lainnya sudah berperan melakukan penyemprotan disinfektan, maka Satgas Golkar tahap awal ini akan mengambil peran lain, yakni pembagian masker dan vitamin, dan tidak tertutup kemungkinan akan membantu dengan kegiatan lainnya.

Menurutnya, saat ini memang masker pabrikan yang memenuhi standar diutamakan bagi mereka yang sakit dan tenaga medis, sehingga sulit diperoleh di Rote. Sehingga, Satgas mencari alternatif lain dengan menggandeng home industri (para penjahit) untuk membuat masker.

“Tujuan kami menggandeng home industry karena dengan pemberlakuan sosial distancing praktis kegiatannya menurun. Kami memberdayakan para penjahit untuk membuat masker yang disalurkan bagi masyarakat karena saat ini pemerintah galakkan pemakaian masker sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona,” katanya.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Rote Ndao Meksi Mooy menambahkan, dalam instruksi DPD I Golkar NTT itu mewajibkan DPD II menggerakan semua pengurus, kader, dan simpatisan Partai Golkar sampai ke tingkat desa dan kelurahan, dan melaporkan hasil kerja Satgas setiap minggu kepada ketua DPD Golkar NTT.

Terkait peran Satgas, kata dia, disesuaikan dengan kemampuan DPD II, yang mana yang tidak dapat dilaksanakan tidak akan dipaksakan. Namun, harapannya bisa membantu meringankan beban pemerintah dalam melakukan pencegahan menyebarnya Virus Corona.

“Mungkin ada organisasi lain yang berbuat lebih baik dan besar dari pada kami, tetapi kami mulai menebar kabaikan kecil ini dulu. Mudah-mudahan bermanfaat,” imbuhnya.

”Terimakasih untuk teman-teman partai Golkar. Selama ini kami kesulitan dapatkan Alat Pelindung Diri (APD). Kami ini dituntut untuk sebisa mungkin ada di lapangan meliput wabah ini. Kami harus terus mengupdate info terbaru supaya masyarakat dapat info terus menerus. Karena itu, terimkasih juga kepada partai golkar dari pusat hingga kedaerah,” kata Marniks Saleki wartawan Timor Exspres mengapresiasi sumbangan yang diberikan relawan Partai Golkar Ia berharap, upaya-upaya positif seperti ini bisa lahir lebih banyak di Rote Ndao

“Semoga makin banyak orang yang peduli muncul. Ikut ambil bagian dalam gerakan yang teman-teman lakukan. Sekali lagi, terimakasih,” ungkap Marniks. (MTID)