Bupati Rote Ndao Mengakhiri Masa Jabatan dengan Pemanggilan Tanggung Jawab dan Harapan untuk Masa Depan yang Lebih Baik

oleh -517 Dilihat

 

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Di tengah suasana haru dan nostalgia, Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu, SE, dan Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus Saek, menggelar apel terakhir bersama para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para kepala desa se-Rote Ndao pada Selasa, 13 Februari 2024. Acara tersebut menjadi momentum penutupan masa jabatan mereka yang akan berakhir pada 14 November 2024. Dalam kesempatan ini, Bupati Paulina memberikan beberapa pesan penting yang mengarah pada pembangunan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu poin penting yang disoroti oleh Bupati adalah kenaikan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) pada tahun 2025. Meskipun tahun 2024 tidak memungkinkan untuk kenaikan TPP karena jadwal Pemilihan Umum, Bupati telah merencanakan peningkatan ini di tahun berikutnya. Namun demikian, ia menegaskan perlunya Sekretaris Daerah (Sekda) untuk menggali sektor-sektor potensial guna meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), serta mendukung administrasi yang dibutuhkan untuk pemekaran 22 desa, penanggulangan kemiskinan, dan program rumah layak huni.

READ  Juara 2 ETMC XXXII Rote Ndao 2023 Dipegang oleh Bintang Timur Atambua (BeTa)

Tak hanya itu, Bupati juga menggarisbawahi urgensi penyelesaian persoalan aset tanah milik Pemkab yang kini dikuasai oleh para ASN di kompleks perkantoran. Beliau meminta Sekda bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan pemilik tanah untuk menyelesaikan masalah ini, mengingat bahwa tanah yang dibeli oleh para ASN seharusnya merupakan aset daerah. Bupati mengacu pada hibah tanah sebelumnya yang dilakukan oleh mantan Bupati Leonard Haning untuk kepentingan Pemkab.

Selain itu, Bupati juga menyoroti masalah manajemen di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya yang dipegang oleh dua kepala OPD perempuan. Ia menyatakan kekecewaannya terhadap kinerja mereka yang dinilai kurang efektif, terutama dalam mengelola keuangan dinas. Hal ini disampaikan dengan harapan agar kedepannya, pemilihan jabatan di OPD dapat lebih merata dan berdasarkan pada kualifikasi serta kinerja.

READ  Bram Belutowe Bantah Tudingan, Klaim Pangkas Pohon di Lahan Sendiri

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Rote Ndao, Bupati menyampaikan rencana peningkatan jumlah beasiswa bagi anak-anak daerah tersebut. Dia berharap agar jumlah beasiswa dapat ditingkatkan dari seribu menjadi dua ribu, sehingga lebih banyak anak Rote Ndao yang memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan hingga jenjang sarjana. Selain itu, Bupati juga mengingatkan tentang pentingnya kerjasama antara Universitas Terbuka (UT) dengan para guru di daerah tersebut, sehingga mereka juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang magister.

Namun, di samping semua harapan dan rencana yang disampaikan, Bupati juga menyatakan rasa kekecewaannya terhadap kinerja dua kepala OPD perempuan yang dinilai gagal dalam mengelola manajemen di instansinya. Bupati menegaskan bahwa meskipun perempuan diharapkan bekerja dengan hati, namun kontrol terhadap staf tetap diperlukan untuk mencegah terjadinya masalah.

READ  Penumpang Garda Maritim Sepi Pasca Pencoblosan

Dengan penuh harapan, Bupati Paulina berharap bahwa Warisan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah berhasil dicapai oleh Pemkab Rote Ndao dapat dipertahankan. Di samping itu, beliau juga meminta maaf kepada sejumlah kader perempuan yang tidak mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan jabatan mereka hingga akhir masa jabatan. Namun, Bupati Bullu berharap agar di masa depan, pemerintahan yang baru dapat lebih memperhatikan pengembangan kaderisasi perempuan untuk mengisi posisi strategis di berbagai bidang pemerintahan.

Dengan penghormatan yang tinggi terhadap masa jabatan mereka, Bupati Paulina Haning Bullu dan Wakil Bupati Stefanus Saek berharap agar visi dan misi pembangunan yang telah mereka rintis dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Rote Ndao. Semoga upaya-upaya yang telah dilakukan selama ini akan menjadi pondasi yang kuat bagi kemajuan daerah ini di masa mendatang. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.