Bupati Paulina Kukuhkan Empat Puluh Sembilan Maneleo Di Rote Selatan

oleh -3771 Dilihat

 

DALEHOLU,METROTIMOR.ID – Rabu, (24/05/23) Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu, SE, kukuhkan 49 Lembaga Adat Maneleo Se – kecamatan Rote Selatan.

Acara pengukuhan dipusatkan di Desa Daleholu kecamatan Rote Selatan.

Bupati dan rombongan disambut dengan tuturan syair adat Rote dan dilanjutkan dengan pemakaian topi Ti’i Langga dan penggalungan selendang serta diiringi dengan Tarian Adat Rote (Menari).

Adapun dasar pelaksanaan kegiatan pengukuhan lembaga adat Maneleo di kecamatan Rote Selatan adalah dengan adanya peraturan desa tentang Lembaga Adat di Desa se – kecamatan Rote Selatan.

Acara diawali dengan pembacaan surat keputusan Kepala Desa dari masing-masing Sekretaris Desa se – kecamatan Rote Selatan.

 

Pantauan Media ini Bupati kukuhkan 49 Lembaga Adat Maneleo Se – kecamatan Rote Selatan dengan menamatkan topi Ti’i Langga serta penggalungan selimut kepada tujuh perwakilan Maneleo dari masing-masing Desa dan selanjutnya dilanjutkan oleh para istri dari masing-masing menelo.

READ  Kapolsek Lobalain Sosialisasikan UU Perlindungan Anak di Desa Helebiik

Paulus Bengu selaku ketua panitia dalam laporannya mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan pengukuhan lembaga adat Maneleo di kecamatan Rote Selatan agar dengan adanya wadah lembaga adat dapat membina, melestarikan serta melindungi Adat dan Budaya yang terus bertumbuh di masyarakat.selain itu dapat membantu pemerintah dalam kelancaran dan pelaksanaan pembangunan di segala bidang serta melakukan hukum adat dan istiadat dalam desa serta mengembangkan nilai-nilai adat.

 

Bupati Rote Ndao Paulina Haning Bullu, SE saat memberikan sambutan menghimbau agar menel eo yang baru saja dilantik terus bersyukur kepada para leluhur yang telah meninggalkan budaya yang perlu kita lestarikan dan kembangkan.

” Pengukuhan hari ini bukan seremonial tetapi merupakan satu tanggung jawab dan kepercayaan yang diberikan ” kata Bupati

READ  Pool Neraka di ETMC XXXII Sulit Diprediksi Siapa Masuk Babak 16 Besar

” Tadi itu ada penyamatan Topi dan selimut itu pertanda bahwa kepala ini adalah melambangkan pemimpin ” lanjut Bupati.

Lebih lanjut Bupati berharap agar para Maneleo yang baru saja dilantik terus menjaga kepercayaan yang telah diberikan oleh anak-anak leonya.

” Tugas dari pada meneleo adalah memperhatikan anak leonya dan lebih banyak ada di tengah-tengah anak leonya supaya tau keluh-kesah anak leonya ” tegas Bupati.

Dalam kesempatan yang sama Maneleo Se’i Teik Benyamin Sinlae,S.Pd mewakili rekan-rekan Maneleo menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Bupati Rote Ndao yang hadir secara langsung serta sudah mengukuhkan Lembaga Adat Maneleo Se – kecamatan Rote Selatan.Dirinya berkomitmen serta siap membantu pemerintah dalam hal mendukung pembangunan di kabupaten Rote Ndao.

READ  Oknum Kepsek SMAN Di Flotim Diduga Lakukan Pelecehan Seksual Terhadap Seorang Siswi

Hal yang sama disampaikan oleh Meneleo Maneana Jon D.Malelak merasa sangat bersyukur dimana kegiatan pengukuhan ini sudah ditunggu-tunggu bahkan sempat tertunda beberapa kali namun hari ini sudah dilaksanakan.

” Sebagai Maneleo tentunya kami mempertahankan lembaga adat istiadat di Rote Selatan sebagai Budaya Bangsa,sebagai Adat Bangsa tentunya terus digali dan dilestarikan warisan yang telah ditinggalkan oleh leluhur kita ” kata Jon Malelak.

Turut hadir mendampingi Bupati dalam kegiatan tersebut Asisten l Ir.Untung Hardjito, Asisten ll Armis Saek serta kepala perangkat daerah lingkup Pemkab Rote Ndao.

Hadir juga Camat Rote Selatan bersama staf, Kapolsek Rote Selatan bersama anggota,para kepala desa se – kecamatan Rote Selatan bersama perangkat,serta para Maneleo Se – kecamatan Rote Selatan.

(*Khenjo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.