BNNK Rote Ndao Gelar Bimtek Penggiat P4GN di Lingkungan Pendidikan Memperkuat Peran Anti Narkoba

oleh -1179 Dilihat

 

ROTE NDAO, METROTIMOR.ID– Rabu 18 Oktober 2023 Bertempat di Aula Hotel Riki Baa, BNNK Rote Ndao menggelar Hari Kedua Bimbingan Teknis Penggiat Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lingkungan Pendidikan. Acara ini menjadi tonggak penting dalam upaya memperkuat peran penggiat anti narkoba dalam rangka menciptakan lingkungan bebas dari narkoba.

Sebanyak 30 peserta dari lingkungan pendidikan tingkat SD dan SMP di Kabupaten Rote Ndao berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan tujuan utama mendalami pemahaman P4GN dan belajar cara efektif menyampaikan pesan anti narkoba kepada masyarakat.

READ  Ini Susunan Pengurus Ikatan Keluarga Faot Periode 2024-2026

Bimtek ini menghadirkan lima narasumber yang memberikan wawasan yang berharga. Narasumber pertama, Filmon J. Tulle, SE, Kabid Kepemudaan dan Olahraga Dinas PKO Kabupaten Rote Ndao, membahas pentingnya P4GN di lingkungan sekolah. Praktisi Maraden Patola, ST., M.Sc, memberikan perspektif tentang pengembangan karakter individu sebagai penggiat P4GN, sementara Praktisi Dina Y. Ndun, S.I.KOM, berbagi pengetahuan tentang Public Speaking, keterampilan penting dalam menyampaikan pesan anti narkoba.

Selain itu, Ricky Ndolu, S.Kom, perwakilan SMSI Rote Ndao, membahas Literasi Digital dalam P4GN, termasuk penggunaan media sosial dan aplikasi dalam upaya pencegahan narkoba. Terakhir, Penyuluh Narkoba Ahli Pertama, Mona E. Siagian, S.KM, membantu peserta merencanakan tindakan P4GN yang akan diterapkan di lingkungan pendidikan masing-masing.

READ  Kemenag TTS Tingkatkan Profesional Guru PAKAT

Kepala BNNK Rote Ndao, Hendrik J. Rohi, S.H., dalam arahan penutupnya, menekankan pentingnya peran aktif seluruh komponen masyarakat, termasuk penggiat P4GN, dalam upaya mengurangi penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Ia juga menjelaskan tugas dan fungsi penggiat P4GN, yang mencakup memberikan informasi, mendampingi masyarakat, serta menjadi penggalang laporan.

Pada akhir kegiatan, Kepala BNNK Rote Ndao dan narasumber memberikan sertifikat kepada para penggiat P4GN sebagai pengakuan atas komitmen mereka. Perwakilan peserta, Stefanus Tafaib, Kepala Sekolah SMP N 2 Rote Barat, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaraan bimtek dan merasa bahwa sertifikat tersebut akan mendukung tugas fungsional mereka sebagai guru. Dengan semangat ini, penggiat P4GN di lingkungan pendidikan Rote Ndao bersatu dalam tekad untuk terus berperan aktif dalam menciptakan lingkungan bebas dari narkoba.

READ  Mahasiswa IAKN Kupang Gelar Ibadah Bersama di Pantai Pasir Panjang untuk Menutup Mata Kuliah Teologi Religionum

(**BNNK Rote Ndao)

No More Posts Available.

No more pages to load.