Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrim: Personil Barbar Polsek Pantai Baru Himbau Warga Pesisir

oleh -437 Dilihat

 

PANTAI BARU,METROTIMOR.ID–Senin 11 Maret 2024  intensitas curah hujan yang mulai tinggi, terutama di wilayah Kecamatan Pantai Baru dan Rote Ndao secara keseluruhan, menimbulkan perhatian akan potensi dampak yang bisa ditimbulkannya. Sisi positifnya, curah hujan ini menjadi berkah bagi petani sawah tadah hujan yang mayoritas berada di Kecamatan Pantai Baru. Namun, bagi masyarakat pesisir pantai yang hidupnya bergantung pada hasil melaut, situasi ini menjadi tantangan serius.

“Apa yang terjadi dengan cuaca alam kita hanya bisa diperkirakan, namun kita juga harus siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi,” ujar Aipda Samuel Ndun, yang memimpin kegiatan Patroli-Barbar Polsek Pantai Baru, didampingi oleh Bripka Alfian Maskur dan Briptu Yitro Lay Kanny.

READ  KPU Kabupaten Rote Ndao Tetapkan Jumlah Daftar Pemilih Sementara sebanyak 102.283 Pemilih

Pada Senin siang, pukul 11.30 Wita, Personil Barbar Polsek Pantai Baru melaksanakan Patroli-Barbar guna memantau perkembangan situasi di daerah pesisir dan lokasi rawan longsor akibat hujan yang terus-menerus. Desa Oenggae, Kecamatan Pantai Baru, yang mayoritas penduduknya adalah nelayan, menjadi fokus utama patroli ini.

Selain memantau kondisi di wilayah pesisir, Personil Barbar Polsek Pantai Baru juga memberikan himbauan kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap perubahan cuaca. “Kepada seluruh warga, saya himbau untuk sementara waktu tidak melaut dan tetap waspada terhadap kondisi cuaca. Keselamatan kita semua adalah yang utama,” kata Aipda Samuel Ndun kepada warga pesisir Desa Oenggae.

READ  Bupati dan Wabup Hadiri Pisah Sambut Kapolres Rote Ndao

Dalam konfirmasinya melalui telepon seluler, Kapolsek Pantai Baru yang juga dikenal dengan sebutan Komandan Barbar Polsek Pantai Baru, Ipda I Gede Putu Parwata, SH, menjelaskan bahwa beberapa hari terakhir curah hujan di wilayah Pantai Baru cukup tinggi, menyebabkan kondisi cuaca menjadi ekstrim. Akibatnya, aktivitas penyeberangan laut pun dihentikan sementara waktu.

“Masyarakat diharapkan untuk saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain, serta tetap waspada menghadapi perubahan cuaca. Jika terjadi bencana, segera berkoordinasi dengan pemerintah desa atau langsung menghubungi Polsek Pantai Baru. Manfaatkan teknologi yang ada agar informasi dapat tersampaikan dengan cepat,” tegas Komandan Barbar Polsek Pantai Baru.

READ  Bupati Paulina  Melepaskan Peserta Karnaval Peringati HUT RI ke-78 Tahun

Upaya preventif dan himbauan yang dilakukan oleh Polsek Pantai Baru ini diharapkan dapat membantu masyarakat menghadapi dampak cuaca ekstrim dengan lebih siap dan waspada. Semoga dengan kerjasama dan koordinasi yang baik, semua pihak dapat terhindar dari potensi bahaya yang mungkin terjadi.

(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.