Hindari Penyalahgunaan, Dukcapil Rote Ndao  Musnahkan 3.395 Blangko E-KTP Rusak

oleh -176 Dilihat

 

 

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Sebanyak 3.395 dokumen kependudukan, terutama kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) di Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT  ditemukan rusak ataupun invalid.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rote Ndao kemudian mengambil langkah untuk memusnahkan ribuan dokumen kependudukan yang rusak tersebut. “Pemusnahan ini dalam rangka menghindari penyalahgunaan oleh orang untuk kepentingan yang tidak bertanggung jawab,” kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Rote Ndao Petson Hangge dalam keterangan tertulis yang diterima METROTIMOR.ID, Jumat (18/1/2023).

Petson menjelaskan, pemusnahan terhadap sejumlah dokumen kependudukan yang rusak atau invalid tersebut dilakukan dengan cara dibakar. Dukumen yang ditemukan rusak ataupun invalid tersebut bukan dokumen atau arsip yang masih dibutuhkan, tetapi dokumen rusak atau tidak dapat difungsikan kembali, seperti e-KTP rusak yang dikembalikan oleh pemohon.

Menurutnya, tujuan dari pemusnahan ini untuk penertiban dan pengamanan agar dokumen e-KTP tidak dimanfaatkan pihak yang tidak bertanggung jawab. “Tentunya, dokumen-dokumen kependudukan yang dimusnahkan tersebut setelah dipastikan para pemohon sudah mendapat kembali pencetakannya yang baru atau sudah mendapat e-KTP baru,” tuturnya.

Ia juga mengimbau masyarakat Kabupaten Rote Ndao  untuk mengurus sendiri dokumen kependudukan yang diperlukan. Sehingga, dapat dengan mudah untuk dipastikan validasinya serta memudahkan dalam pengurusan administrasi kependudukannya.

Dikatannya, pemusanahan tersebut dilaksanakan Kamis, 19 Januari 2023 di samping Kantor Dukcapil Kab Rote Ndao dipimpin oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rote Ndao, Petson S. Hangge, S.Sos di dampingi oleh Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional Disdukcapil Kabupaten  Rote Ndao serta mewakili Masyarakat Hanok Lusi dan Jefri Boik.

 

E-KTP Rusak Terbanyak Perkecamatan.

 

Untuk diketahui, rincian KTP yang dimusnahkan tersebar disejumlah kecamatan diwilayah Kabupaten Rote Ndao Kecamatan Rote Barat Daya, 299 Keping,

Kecamatan Rote Barat Laut 756 Keping,

Kecamatan Lobalain  641 Keping,

Kecamatan Rote Tengah 340 Keping,

Kecamatan Pantai Baru 524 Keping,

Kecamatan Rote Timur  220 Keping,

Kecamatan Rote Barat  137 Keping,

Kecamatan Rote Selatan  79 Keping,

Kecamatan Ndao Nuse 52 Keping,

Kecamatan Landu Leko  83 Keping,

dan Kecamatan Loaholu  61 Keping ,

sementara Luar Daerah Rote Ndao 203 Keping.

Humas Disdukcapil Kabupaten  Rote Ndao, Jodian A. Suki, Sos Pejabat Fungsional Administrator Data Base Kependudukan Pada Disdukcapil Kabupaten Rote Ndao membenarkan Pemusnahan KTP elektronik yang rusak dan tidak terpakai sebanyak 3.395 Keping, itu penting supaya tidak disalahgunakan, memang setiap tahun kebijakan Kadis Dukcapil Kabupaten Rote Ndao, Petson S. Hangge, S.Sos  selalu dilakukan pemusnahan KTP  yang tidak terpakai imbuhnya singkat.

Tokoh Masyarakat, Hanok Lusi mengatakan Pemusnahan KTP elektronik yang rusak itu sangat baik untuk kepentingan pelayanan publik yang baik pula.

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.