Difabel Rote Ndao Rayakan Hari Disabilitas 2022 di Rujab Bupati

oleh -287 Dilihat
Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu,SE Pose bersama para kaum difabel dan Camat Loaholu,Jimi O Adu, Senin (5/12/2022) usai gala dinner

 

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Bupati Rote Ndao, Paulina Haning Bullu,SE,Senin (5/12/2022)  mengelar Gala Dinner bersama kaum difabilitas di wilayah Kabupaten Rote Ndao yang berlangsung dipondopo Rumah Jabatan Bupati Rote Ndao dibilangan Ne’e Desa Sanggaoen Kecamatan Lobalaian, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT.

 

Kegiatan itu difasilitasi oleh Sasana Inklusi dan Gerakan Advokasi Difabel (SIGAB) adalah organisasi non pemerintah yang bersifat independen yang telah beroperasi di enam desa,  tiga desa di kecamatan Kecamatan Rote Barat laut yakni  Desa Inguinak, Modosinal dan Desa Oetutulu, sedangkan di Kecamatan Loaholu, Desa Oelua, Tolama dan Desa Lidor.

 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Rote Ndao, Ferdinan Haning dalam laporannya mengatakan dinas sosial telah melaksanakan pelayanan kemasyarakatan termasuk kaum difabel.

Kaum difabel ada yang berdaya dan tidak berdaya, yang berdaya dinas sosial dengan stakholder terkait memberikan life skill dan dan saat ini ada sebagian  sudah mandiri ada yang berprofesi sebagai penjahit di Desa Lalukoen, wirausaha dibidang kuliner bernama Miji asal Desa Daleholu Kecamatan Rote selatan, bahkan Miji terpilih di tingkatk Nasional mewakili Indonesia ajang disabilitas mandiri International di Korea pada tahun 2023 mendatang.

 

Pramono Murdoko, Ketua SIGAB mengaku berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Rote Ndao yang merespon dengan mengelar Gala Dinner bersama para kaum difabel.

“Mereka sebagian tidak bisa melihat kepada desanya bahkan kantor desanya, namun hari ini mereka bisa melihat rumah jabatan bupati dan melihat dari dekat bupati dan para kepala OPD dan Camat,” ungkapnya.

Bupati Rote Ndao, Paulina Haning saat memberikan sambutan dihari Disabilitas Internasional tingkat Kabupaten Rote Ndao, Senin (5/12/2022)

Dalam kesempatan itu pula, Ia berterima kasih kepada Bupati yang telah mengeluarkan peraturan Bupati (perbup) untuk melindungi para kaum difabel, Namun perlu dukungan semua stakholder terkait agar perbup tersebut bisa bermanfaat.

 

“Ini sangat luar biasa keberanian keberpihakan bupati ada kaum difabilitas, sehingga belum ada perda, tetapi sudah ada perbup,” katanya beri apresiasi.

Dalam sambutan Bupati Paulina mengungkapkan awalnya didatangi dari pihak SIGAB agar kegiatan digelar didesa, namun sebagai bupati mempertimbangkan agar para kaum difabel bisa melihat dari dekat rumah jabatan dan juga para camat dan kepala OPD, sehingga hari ini dalam rangka memperingati hari difabel international tahun 2022 dilaksanakan dirumah Jabatan Bupati.

 

Bupati juga mengatakan dari sebagian disabel ada sebagian yang bisa diperdayakan sehingga diharapkan untuk mempergunakan curah hujan untuk bercocok tanam, sementara yang tidak bisa diperdayakan pemerintah akan memberikan bantuan, namun keterbatasan dana.

Bupati juga memberikan semangat kepada para difabel untuk percaya diri, karena keadaan demikiaan karena takdir Tuhan, sehingga perlu optimis dan tertantang untuk berkarya kata Bupati mengajak

Pantauan media ini usai digelar gala dinner dilaksanakan pose bersama dan para difabel menjulan hasil produk mereka dan dibeli oleh para kepala OPD.

Migel Dano salah seorang difabel

Migel Dano salah satu difabel (Tunanetra) yang keseharian berwirausaha ikan Asap mengaku senang hari ini bisa Gala Dinner bersama Bupati dan Para Pejabat Pemkab Kabupaten Rote Ndao.

“terima kasih kami tidak disepelehkan tapi kami dianggap sebagai asset yang berkontribusi bagi daerah ini, saya ajak teman-teman difabel untuk percaya diri dan bersosialisasi diri dan bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup,” ungkap Mijan

dirinya juga membuktikan bahwa kaum difabelitas juga bisa buktinya Ia pernah mengikuti kegiatan bhakti Kominfo, Jakarta pada  bulan oktober 2022 dan dirinya wakili Provinsi NTT. dan tahun 2023 ia akan mewakili Indonesia di Korea.

 

(Team)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.