Tingkat Produktifitas Ternak,Pemkab Rote Ndao Launching  Tiga Sentra Pelayanan IB

oleh -255 Dilihat
Skertaris Daerah Kabupaten Rote Ndao, Jonas M Selly,MM Jumat (25/11/2022) siang. melauching 3 sentra peternakan babi di Desa Busanlangga Barat

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Jonas M. Selly,MM. mewakili Pemerintah Kabupaten Rote Ndao melaunching 3 sentra pelayanan Inseminasi Buatan (IB), seremonial launching berlangsung di desa  Busalangga Barat, Kecamatan Rote Barat laut, Jumat (25/11/2022) siang.

Sekretaris Daerah Jonas, Dalam sambutan saat melauncing IB, memberikan apresiasi dan berterima kasih  kepada Prisma yang telah memilih Kabupaten Rote Ndao sebagai salah satu mitra, Jonas berharap kerja sama ini akan terus berlanjut.

“kami menyampaikan rasa terima kasih yang tulus kepada mitra dalam hal ini Prisma, Terimakasih untuk pimpinan manajemen, Semoga kerjasama ini bisa berlanjut seterusnya, dengan tujuan melayani masyarakat demi kemakmuran bangsa kita, karena untuk kesejahteraan masyarakat perlu kaloborasi dengan terkait,” kata Jonas.

Sekda Jonas mengatakan, semua yang dilakukan hari ini, bertujuan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat khususnya peternak, bisa merasakan manfaatnya demi meningkatkan kesejahteraan.

dalam kesempatan itu pula, Sekda Jonas juga berpesan kepada para peternakan Babi untuk menjaga kemintraan dan bekerja dengan maksimal sehingga hasilnya lebih baik dari semula beternak tanpa bimbingan,bahkan berharap menularkan kepada peternak lain.

 

Adapun lokasi Sentra IB yang yang ditempatkan Dinas Peternakan, masing-masing centra dilakukan dengan sistem zonasi. Yaitu, zona Timur, ditempatkan di Desa Keoen, Kecamatan Pantai Baru. Sentra ini dengan wilayah pelayananya adalah, Kecamatan Rote Timur, Landu Leko dan juga Pantai Baru.

Sekertaris Daerah JDrs. Jonas M Selly,MM

Zona tengah, ditambah lagi satu unit di Desa Sanggaoen, untuk melayani Kecamatan Rote Tengah, Rote Selatan dan juga Lobalain. Kemudian, zona Barat, ditempatkan di Desa Busalangga Barat, Kecamatan Rote Barat Laut, untuk melayani Kecamatan Rote Barat Daya, Loaholu dan Rote Barat. (LA)

kepala Dinas Peternakan Rote Ndao, Hermanus Haning. Dalam laporannya, mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama Pemerintahan Rote Ndao bersama PRISMA, dalam hal peningkatan kualitas dan jumlah populasi ternak babi, melalui Inseminasi ternak babi.

Sekertaris Daerah Drs Jonas M Selly,MM pose bersama Kadis Peternakan Herman Haning,S.Pt dan Perwakilan Prisma serta para penyuluh peternakan, Jumat (25/11/2022)

Herman mengakui, bahwa luasnya wilayah dan banyaknya peternak babi yang tersebar di seluruh wilayah Rote Ndao membuat Dinas Peternakan belum mampu untuk menjangkau seluruh peternak. Namun, Herman menegaskan, bahwa Dinas Peternakan tetap mengoptimalkan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Berikut kami laporkan bahwa kami belum bisa menjangkau seluruh pelosok daerah peternak kita. karena wilayah yang luas, tetapi sampai saat ini, kita berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada peternak yang ada di desa-desa,” kata Herman.

Kedepan, Herman melanjutkan, rencana penambahan sentra IB, di Pantai Baru bagian selatan, Rote selatan, Rote barat dan Ndao.

Menurutnya, paling tidak dibutuhkan empat tempat lagi, namun, Herman menyebut semua tergantung pada alokasi anggaran.

(*team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.