Disdukcapil Rote Ndao Sambangi Desa Terpencil Layani Adminduk & Edukasi Stunting

oleh -209 Dilihat
Disdukcapil Rote Ndao lakukan pelayanan perekaman KTP di Desa Sonimanu

PANTAI BARU,METROTIMOR.ID–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Rote Ndao gencar melakukan pelayanan administras kependudukan  dengan pelayan langsung  menyasar daerah yang terpencil. Bukan itu saja disdukcapil juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang stunting yang sedang digalakan pemerintah.

“Dalam rangka peningkatan Pendaftaran pelayanan administrasi kependudukan sebagai bentuk memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan masyarakat rentan Adminduk  (Disabilitas, Lansia, Ibu Hamil, Anak Stunting dan Masyarakat terpecil) di desa untuk guna kepentingan pelayanan publik masyarakat,” demikian diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rote Ndao, Petson hangge,S.Sos melalui Bidang Pendaftaran Penduduk, Jodian A.Suki,S.Sos, Jumat (25/11/2022)

Pelayanan dilaksanakan  dua hari, Kamis hingga  Jumat  25 Nopember 2022 bertempat kediaman kepala  Desa Sonimanu, Aprianus Saek.

tujuan kehadiran  untuk memaksimalkan pelayanan  menurunkan Tim Layanan Adminduk dari  3 (tiga) bidang secara lengkap yakni Bidang Pendaftaran Penduduk, Bidang Pencatatan Sipil , dan dibantu Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan untuk pelayanan Adminduk masyarakat di Desa Sonimanu dan sekitarnya.

terpantau media ini, masing-masing Bidang Dukcapil Kab Rote Ndao tersebut yang turun langsung lapangan :

Bidang Pendaftaran Penduduk, Jodian A.Suki, Reny Malelak,Jedi Lau,Yusuf Manidjeni , Pomy Modok, Jefri Mboik, Mery Johanes.

Bidang Pencatatan Sipil, Suesti R. Duka, S.Kom, Berto Feh, Dety Korengahu, Ecy Dami,  Mery Johanes  cs

Bidang PIAK, Yosua Dethan, Bobi Oeina, Maxi Detakiuk, Mikael Selly .

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Desa Sonimanu, Kecamagtan Pantai Baru, Aprianus Saek, memberikan apresiasi kepada disdukcapil yang memilih desanya untuk pelayanan dukcapil dan pemberian edukasi stunting.

“saya  berterimakasih kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rote Ndao karena sudah datang melayani Adminduk masyarakat disini, memudahkan kami karena memang selama ini kami agak jauh dan terpencil sehingga banyak masyarakat yang belum sempat terupdate dokumen kependudukannya yang menyesuaikan alamat RT/ RW dengan aturan baru seperti KK, KTP elektronik, Mutasi Pendudu ( SKPWNI) , Akta Perkawinan, Akta Kelahiran serta berkenan beri edukasi  Stunting bagi kami disini” kesannya.

ungkapan yang sama dari  tokoh Perempuan di Desa Sonimanu, Tin Domirna  Albertus sebagai salah satu pengurus PKK di Desa Sonimanu juga memberikan apresisi kepada pemkab Rote Ndao  melalui Tim Disdukcapil turun kedesa yang terpencil lakukan pelayanan Adminduk masyarakat di Desa Sonimanu berupa  KK , KTP serta Akta Perkawinan dan Akta kelahiran termasuk Disabilitasx dan Ibu Hamil

 

Mewakili Kadis Dukcapil Kabupaten Rote Ndao oleh kepala  Bidang Pendaftaran Penduduk Jodian A Suki,S.Sos   memberikan edukasi pencerahan tentang Adminduk serta Dukungan Dukcapil dalam masalah Stunting serta pentingnya Kesehatan Ibu dan Bayi kepada masyarakat bahwa anak  aset keluarga dan negara perlu diberikan asupan gizi, termasuk menyesui asi eksklusif  sehingga tumbuh sehat dan cerdas ,  demikian pula Ibu Hamil senantiasa pro aktif memeriksa kesehatan dan rajin konsumsi makanan bergizi seperti nasi,  kacang – kacangan, Telur, Ikan dan Sayur marungga , susu untuk Ibu dan Bayi dalam kandungan serta diminta melahirkan di Fasilitasi Kesehatan ungkapnya mengajak.

 

Yosua Dethan ( Kabid PIAK) mengatakan  Dukcapil Kabupaten  Rote Ndao hadir di Sonimanu karena peduli dengan Bapa dan Mama  sehingga melayani Adminduk. Oleh karena itu,  diharapkan kerjasama dan pro aktif mengurus dokumen kependudukan. Karena dokumen kependudukan itu penting untuk semua jenis urusan publik.

berkat kerjasama tersebut, hasil layanan Adminduk yang dapat dilayanani yakni Kartu Keluarga : 95, Akta Kelahiran : 33, Akta Kematian : 3, Akta Perkawinan : 6, Biodata Disabilitas : 2 dan yang Ganti KTP dari lama ke KTP elektronik yang baru sebanyak 134 dan yang  Perekaman KTP elektronik baru umur 17 Tahun sebanyak 7 anak.

(***team)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.