Puncak Peringatan HKN ke 58, Bupati Paulina Ikut Jalan Sehat

oleh -321 Dilihat
HUT Hari Kesehatan Nasional ke-58 Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu,SE bersama para nakes dan ASN Jalan Sehat, Sabtu (26/11/2022)

BA’A,METROTIMOR.ID—Bupati Rote Ndao,Paulina Haning Bullu,SE  mengikuti puncak peringatan  Hari Kesehatan (HKN) yang ke-58 dengan dilaksanakannya kegiatan  Jalan Sehat, Sabtu (26/11/ 2022) pagi.

Acara Jalan sehat tersebut diikuti oleh berbagai insan kesehatan mulai dokter, perawat, bidan, apoteker, berbagai profesi bidang kesehatan lainnya, serta ASN Pemda Pemkab Rote Ndao.

Jalan sehat yang dilaksanakan dengan titik pemberangkatan dari depan Rumah Sakit Umum Ba’a dan berakhir di Auditorium Bumi Ti’I Langga permai dengan jarak perjalan sepanjang dua kilometer dalam suasana santai.

Jalan santai  diikuti Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu,SE, Asisten I setda Kabupaten Rote Ndao,  Ir. Untung Harjito, Kabag Umum, Handryas Bessie, Kadis Kesehatan,dr. Nelly Feby Riwu, Sekertaris Dinkes, Ferdy Ndun dan beberapa kepala OPD dinas terkait.

Pantauan media ini para peserta jalan sehat tiba digaris finis dilanjutkan dengan Lomba tiktok cuci tangan Pakai Sabun (CTPS), Pemeriksaan Gula darah dan Kolestrol, Vaksinasi Covid-19 dosis (1,2 dan 3). Pembagian piagam penghargaan bagi sekolah Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Bupati Rote Ndao,Paulina Haning Bullu,SE dalam sambutanya berterima kasih kepada semua ASN dan masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan memperingati HKN ke-58 Tahun 2022 tingkat Kabupaten Rote Ndao.

“hari ini kita laksanakan jalan sehat, ini menjadi awal yang baik agar jiwa  dan tubuh kita sehat, saya berharap jangan hari ini saja, tetapi kita agendakan agar rutin  tiap hari jumat  dilaksanakan jalan sehat bersama,” imbuh bupati.

Bupati perempuan pertama NTT ini mengajak masyarakat untuk bersama-sama beraksi guna mendorong Gerakan Serentak Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) untuk mensukseskan kebiasaan perilaku mencuci tangan dengan menggunakan sabun.

dr. Nelly Feby Riwu

Penerapan kebiasaan CTPS, kata Bupati  tidak hanya dilakukan pada hari peringatan seperti CTPS saja, namun harus dilakukan secara terus-menerus dan menjadikannya sebagai kebiasaan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

HKN ke-58 Tahun 2022 mengangkat tema “Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat lndonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pandemi COVID-19, sehingga masyarakat dapat kembali beraktivitas dan produktif serta kembali bangkit dan kembali sehat.

Pemerintah terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKl) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

” Terima kasih kepada para insan kesehatan yang telah bahu membanhu berjuang tanpa mengenal lelah dalam pembangunan kesehatan, Perjuangan kita masih panjang,” imbunya.

diakhir sambuatnya Bupati menitipkan harapan kepada Insan kesehatan agar Terus mendorong terbangunnya gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat, di antaranya melalui konsumsi makanan bergizi seimbang, melakukan aktifitas fisik setiap hari, dan mencuci tangan dengan sabun. Terus mendorong masyarakat untuk memeriksakan kesehatannya secata rutin, baik pemeriksaan ibu hamil, pemantauan tumbuh kembang balita, imunisasi, pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai siklus hidup; dan Terus mengembangkan diri dan organisasi dalam kompetensi dan memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, dr Nelly Riwu mengatakan HKN kali ini merupakan HKN yang ke-58. Arahnya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia khususnya Kabupaten Rote Ndao mengenai kesehatan. Sesuai dengan thema HKN tahun ini ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’

“ kita melaksanakan Jalan sehat, pemugutan sampah, Penempelan stiker pada tempat pelayanan Publik dan melakukan senam sehat bersama baik ASN maupun seluruh masyarakat.

Dinas kesehatan juga memberikan edukasi kepada masyarakat Gerakan Indonesia Sehat (Germas) dalam keseharian.

Selain itu,Dinkes mendorong masarakat agar selalu melakukan pemeriksaan rutin kesehatan agar mengetahui kondisi tubuh, sementara ibu hamil harus rutin pemeriksaan, pemantauan bayi dan balita melakukan imunisasi dan pemeriksaan penyakit-penyakit sesuai dengan siklus.

Dinas kesehatan juga terus berbenah untuk melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat tutur Nelly usai digelar Aneka Kegiatan di Pelataran RSUD Ba’a, Sabtu (26/11/2022) pagi.

(ADVETORIAL PEMKAB ROTE NDAO DAN METROTIMOR.ID)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.