Program Agrosolution Hadir di Rote Ndao, Dukung Kemandirian Petani Jagung

oleh -147 Dilihat

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Guna meningkatkan kapasitas produksi pertanian dan ekonomi petani PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) melalui Program Agrosolution berhasil membina Kelompok Usaha Tani Hidup Baru khususnya komoditas jagung di Kelurahan Olafulihaa , Kecamatan Pantai baru, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT.

Keberhasilan komoditas jagung tersebut ditandai panen raya Budidaya Tanaman jagung project Agrosolution oleh beberapa stakeholders, bersama perwakilan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, Kamis 23 November 2022.

Agronomis PT. Pupuk Kaltim Ibrahim Battu,mengungkapkan produktivitas jagung hasil pendampingan program agrosolution Bagi Kelompok Tani Hidup Baru kelurahan Olafulihaa dilahan seluas kurang dari 10 Hektar, walau perdana namum ditargetkan bisa mencapai 10 ton per hektar atau lebih.
Menurut Ibrahim Battu, Program Agrosolution Menjadikan petani mandiri lewat adanya kemitraan yang menghadirkan pemodal, penyedia benih, pupuk non subsidi, pestisida, dan pasar (Offteker). Program kemitraan ini mengandeng PT. Seger Agro Nusantara (offteker) distributor Roda Tani Kupang, PT. Nufarm (pestisida), PT Bissi (Benih) sehingga Mulai dari penyediaan agri input seperti bibit, pupuk non sub dan pestisida, akses permodalan serta pendampingan berkala dalam budidaya, hingga jaminan pembelian hasil panen oleh offtaker secara kontinyu dengan harga pasaran Nasional.

“Para petani mendapat pendampingan Pupuk Kaltim bersama stakeholder terkait, agar produktivitas jagung dapat meningkat sesuai tujuan program Agrosolution,” tambah Ibrahim
Menurutnya, program Agrosolution merupakan salah satu fokus Pupuk Kaltim melalui sinergi dengan pihak setempat agar Petani bisa mandiri dalam hal peningkatan produksi panen lewat penggunaan saprotan yang baik dan berujung pada peningkatan ekonomi petani untuk kebutuhan keluarga dan tabungan.

Dandim 1627 Rote Ndao Letkol (Inf) Bayu Panji Bangsawan S.Si.M.H.,berharap agar petani bersemangat, pekerjaan petani menjanjikan, namun petaninya harus semangat, apalagi saat ini diberikan modal dan pupuk serta pendampingan, sehingga petani hanya siap tenaga ungkapnya, memberikan motivasi.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Armis Saek, berterima kasih PT. Pupuk Kaltim dan stakeholder terkait yang telah mendukung program pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat diharapkan bisa dikembangkan di 11 Kecamatan di Kabupaten Rote Ndao.

“ ini juga telah mendukung program Tanam Jaguna Panen Sapi (TJPS) Gubernur NTT, dan patut diakui sektor pertanian khususnya jagung memiliki potensi untuk dikembangkan dalam menopang ketahanan pangan nasional, sekaligus menjadi peluang bisnis bagi para petani di Rote, selain Padi dan tamana holtikultura lain,” kata Armis.
Plt Camat Pantai Baru, Mat Yonathan Poy, SH, M.Kes, mengucapkan terima kasih kepada PT Pupuk Kaltim yang telah memilih Kec. Pantai baru sebagai pilot project jagung diwilayah Rote Ndao, kedepana bukan saja di Kelurahan Olafulihaa, tetapi di kembangkan di 17 Desa/kelurahan di Pantai baru.

Pantauan media ini, hadir juga dalam kegiatan itu, pihak perbankan di wilayah Kab. Rote Ndao dan Koperasi serta para Petani dan penyuluh Pertanian
Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Ir. Armis Saek, Plt Camat Pantai Baru, Mat Yonathan Poy, SH, M.Kes, Rosiana Sigar Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao.

(*Tim)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.