10 Program Studi Populer, Diprediksi Paling Diminati Tahun 2022

oleh -33 Dilihat
Inilah 10 program studi (Prodi) yang diprediksi paling diminati pada tahun 2022.

 

Pilihlah program studi (Prodi) yang sesuai dengan bakat dan minat. Seperti yang dilansir REPUBLIKA.CO.ID, Program studi (prodi) menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih tempat kuliah bagi para calon mahasiswa. Minat dan bakat, juga selalu dikaitkan dengan prodi yang dipilih, setelah status akreditasi dari perguruan tinggi yang dituju.

Tahun 2022, diprediksi akan menjadi tahun akselerasi pertumbuhan ekonomi Indonesia. Laju pertumbuhan ekonomi  mendorong kebutuhan sumber daya manusia (SDM) yang banyak dan berkualitas.

Ada 10 prodi yang diprediksi paling diminati pada tahun 2022 nanti seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

  1. Ilmu Komputer

Di era teknologi informasi yang kian pesat ini, Prodi  Ilmu Komputer menjadi incaran para calon mahasiswa. Sebabnya, di era ini, lulusan bidang Ilmu Komputer banyak dicari perusahaan.

Selain itu, banyak perusahaan startup yang berkembang saat ini, membutuhkan banyak SDM yang ahli di bidang Ilmu Komputer. Berikut beberapa perguruan tinggi yang menyediakan dan membuka program studi Ilmu Komputer yakni Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link daftar melalui https://daftar.nusamandiri.ac.id/daftar.html, Universitas Brawijaya dengan link daftar melalui https://selma.ub.ac.id/, Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan link daftar melalui https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri, dan masih banyak lainnya.

  1. Teknik Informatika

Prodi Teknik Informatika mirip dengan Ilmu Komputer.  Hanya saja Teknik Informatika mempelajari penggunaan teknologi komputer untuk mengolah data dan keterampilan merancang perangkat lunak.

Di tahun 2022, Teknik Informatika akan memiliki banyak peminat, sebab diperlukan banyak SDM untuk bisa menciptakan teknologi canggih di masa depan.

Prodi  Teknik Informatika  tersedia di beberapa perguruan tinggi berkualitas di antaranya Universitas Telkom, untuk link pendaftaran silahkan cek di link https://smb.telkomuniversity.ac.id/pendaftaran/, Universitas Nusa Mandiri (UNM), untuk link pendaftaran di link https://daftar.nusamandiri.ac.id/daftar.html atau bisa download di Playstore secara gratis aplikasi MyNusa PMB,  Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan link pendaftaran https://smits.its.ac.id/ dan masih banyak lainnya.

  1. Sains Data

Di masa depan, Prodi Sains Data banyak diminati. Pasalnya, lulusan Prodi ini mampu menemukan pola-pola tersembunyi dari jutaan tumpukan data. Profesi sebagai data scientist juga menjadi profesi paling populer yang digandrungi kaum milenial.

Kampus yang menyediakan Prodi  Sains Data  ini di antaranya Universitas Airlangga (Unair) dengan link pendaftaran http://www.ppmb.unair.ac.id/, Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan link pendaftaran https://admisi.ipb.ac.id/, Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/daftar.html, dan masih banyak kampus lainnya.

  1. Bisnis Digital

Laju  perkembangan teknologi membuat pemanfaatan teknologi digitalpun sangat diperlukan di bidang bisnis. Program studi ini menjadi peluang yang cukup bagus bagi mahasiswa.

Sebab, di masa depan lulusan program studi Bisnis Digital menjadi pekerjaan yang hampir ada di semua sektor perusahaan. Pemanfaatan platform digital dalam kehidupan sehari-hari, semakin menarik untuk dianalisis serta bisa memprediksi pengunaan strategi dalam berbisnis.

Beberapa kampus yang membuka Prodi Bisnis Digital  antara lain BRI Institute yang menyediakan jenjang sarjana untuk Teknologi Bisnis Digital untuk kekhususan Bisnis & Keuangan Perbankan, silahkan cek link pendaftaran pada https://bri.siakadcloud.com/spmbfront/. Universitas Prasetiya Mulya dengan link pendaftaran pada https://www.prasetiyamulya.ac.id/en/undergraduate-admission/, Universitas Padjadjaran dengan link pendaftaran pada http://smup.unpad.ac.id/ dan Universitas Nusa Mandiri (UNM) dengan link pendaftaran https://daftar.nusamandiri.ac.id/daftar.html.

  1. Psikologi

Mahasiswa jurusan ini akan banyak mengetahui berbagai penyakit mental yang kemudian digunakan untuk menganalisis. Prodi  Psikologi memiliki mata kuliah yang menyenangkan dan akan berguna dalam kehidupan sosial sehari-hari.

Kampus yang menyediakan Prodi Psikologi di antaranya Universitas Al Azhar Indonesia dengan link pendaftaran https://penerimaan.uai.ac.id/, Universitas Paramadina dengan link pendaftaran pada https://paramadina.ac.id/, Universitas Binawan dengan link pendaftaran pada https://pmb.binawan.ac.id/ dan masih banyak lainnya.

  1. Hubungan Internasional

Lulusan Prodi  Hubungan Internasional  dibutuhkan dalam skala besar untuk menjaga relasi dengan negara lain. Kampus yang membuka Prodi HUbungan Internasional  di antaranya Universitas Hasanuddin dengan link https://unhas.ac.id/v2/, Universitas Indonesia dengan link https://penerimaan.ui.ac.id/, Universitas Muhammadiyah Malang dengan link https://pmb.umm.ac.id/, dan kampus lainnya.

  1. Bisnis Administrasi

Lulusan Prodi  Bisnis Administrasi akan mempelajari SDM, keuangan dan pemasaran. Sehingga,  cakupan lulusan Prodi Bisnis Administrasi cukup luas. Beberapa kampus yang membuka Prodi Bisnis Administrasi antara lain Universitas Brawijaya dengan link https://selma.ub.ac.id/, Universitas Diponegoro dengan link pendaftaran https://pmb.undip.ac.id/, Universitas Katolik Parahyangan dengan link pendaftaran https://pmb.unpar.ac.id/, dan masih banyak lainnya.

  1. Kedokteran

Prodi Kedokteran sedang banyak dicari dan masih banyak diminati di negara ini. Lulusan Kedokteran banyak dibutuhkan di masa depan. Kampus yang membuka Prodi Kedokteran antara lain Universitas Indonesia dengan link https://penerimaan.ui.ac.id/, Universitas Gadjah Mada dengan link pendaftaran https://um.ugm.ac.id/ dan Universitas Airlangga dengan link pendaftaran http://www.ppmb.unair.ac.id.

  1. Teknik Kimia

Prodi Teknik Kimia  mempelajari tentang cara memproses bahan baku, untuk dijadikan produk komersial dengan sejuta manfaat. Kampus yang membuka jurusan Teknik Kima antara lain Institut Teknologi Bandung dengan link pendaftaran https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri, Universitas Indonesia dengan link pendaftaran https://penerimaan.ui.ac.id/ dan Universitas Gadjah Mada dengan link pendaftaran https://um.ugm.ac.id/.

  1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV)  memiliki daya pikat yang cukup kuat, sebab mempelajari ilmu desain grafis secara mendalam, untuk berbagai kebutuhan. Di masa depan akan terbuka peluang kerja yang cukup luas sebagai content creator visual.

Kampus yang membuka Prodi DKV di antaranya Institut Teknologi Bandung dengan link pendaftaran https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan link pendaftaran https://smits.its.ac.id/, Universitas Negeri Malang dengan link pendaftaran https://um.ac.id/eng/akademik/seleksi-mahasiswa/jalur-seleksi-masuk/, serta kampus lainnya.

Itulah 10 program studi yang bakal diminati di tahun 2022. Tahun dimana masih terdapat banyak tantangan di bidang teknologi. Jangan sampai salah memilih program studi. Pilihlah yang sesuai dengan bakat dan minat. Juga jangan lupa cari kampus yang mengedepankan inovasi teknologi, sebab itu masih akan menjadi tantangan di masa depan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.