Bupati Paulina Serahkan Bantuan Alsintan Bagi Poktan,Disaksikan Ansi Lema Secara Virtual

oleh -78 Dilihat
Bupati Rote Ndao didampingi Sekda Rote Ndao, dan para asisten sela-sela penyerahkan alsintan bagi 21 poktan di gudang pertanian

 

 

LOBALAIN,METROTIMOR.ID–Sebanyak 21 Kelompok Tani (Poktan) dan 1 Kelompok Nelayan (Pokyan), menerima alat mesin pertanian dan perikanan, yang merupakan Bantuan Aspirasi Anggota DPR RI Komisi IV Fraksi PDI Perjuangan Yohanis Fransiskus Lema.

Adapun bantuan alat mesin pertanian (alsintan) pra panen yang diterima, yakni 1 unit medium traktor (roda empat), 5 unit hand traktor (roda dua), 5 unit mesin pompa air 4 inchi, dan 10 unit hand sprayer. Sementara alat perikanan, yakni 1 unit peralatan pengolahan ikan.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu kepada para Ketua Poktan dan Pokyan penerima, di gudang Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao, yang terletak di Desa Persiapan Lelain, Kecamatan Lobalain, dan disaksikan secara virtual oleh anggota DPR RI Yohanis Fransiskus Lema, yang akrab dipanggil Ansy Lema, dari Jakarta.

Acara penyerahan dihadiri pula oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Armis Saek, Kepala Dinas Pertanian Salmun Haning, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Rote Ndao yang juga Ketua Komisi B DPRD Rote Ndao Denison Moy, Bendahara DPC PDI Perjuangan yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Rote Ndao Zinsendorf Josus Adu, jajaran Pengurus DPC dan PAC PDI Perjuangan, serta para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL).

 

Di awal sambutannya, Ansy Lema mengatakan, kita patut bersyukur karena bantuan konkret alsintan dan alat pengolahan ikan ini merupakan hasil perjuangan kita bersama.

Menurut Ansy, kalau hari ini ada bantuan untuk Kabupaten Rote Ndao, ini bukan semata-mata kerja dan perjuangan seorang Ansy Lema. Ini kerja dan perjuangan banyak pihak.

Menurut mantan Juru Bicara Ahok ini, yang punya program kerja (RPJMD) adalah Bupati. Dirinya hanya sekadar sebagai suporting sistem, yang bekerja atas dasar RJPMD-nya kepala daerah.

Oleh karena itu, ujar Ansy, komunikasi, interaksi, dan sinergitas yang baik itu kami harapkan dijalin dan terus ditingkatkan. Sehingga kami di DPR RI juga tau apa saja yang menjadi kebutuhan, permasalahan, dan aspirasi daerah.

Atas dasar itulah saya berjuang dan bekerja untuk kabupaten-kabupaten di NTT, khususnya Kabupaten Rote Ndao,” katanya.

Menurutnya, Kabupaten Rote Ndao merupakan teras depan di bagian selatan NKRI. Presiden Joko Widodo selalu berpesan untuk membangun dari teras depan (daerah 3T dan perbatasan), sehingga selaku anggota DPR RI dirinya juga harus bisa memberikan kepedulian, atensi, dan keberpihakan kepada Kabupaten Rote Ndao.

“Saya tidak perlu berpanjang kata, Mama Bupati dan jajaran sudah tau apa saja yang saya lakukan dan mungkin ke depan apa yang saya akan lakukan. Komitmen saya untuk mendukung pembangunan pertanian dan perikanan di Rote Ndao. Saya terus mendapat bisikan dan masukan dari teman-teman PDIP Rote Ndao untuk terus memperhatikan Rote Ndao,” kata Ansy.

Ansy juga menyampaikan terima kasih khusus kepada Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Rote Ndao Salmun Haning dan jajaran yang berkerja cepat.

Kadang-kadang, kata Ansy bantuan itu akan diberikan ke kabupaten lain, namun karena mereka terlalu lama urus administrasi, sementara Pak Salmun dan Pak Deny Moy lebih cepat, maka Rote Ndao mendapat untung.

Ia mengisahkan, beberapa waktu lalu ada kabupaten yang sudah kami berikan waktu sampai 1 bulan lebih, mereka terlalu lama urus administrasinya. Tapi kita berikan kesempatan untuk Rote Ndao, Pak Salmun dan Pak Deny kerja cuma setengah hari berkas sudah langsung masuk. Akhirnya yang mendapat manfaat adalah Kabupaten Rote Ndao.

Ansy meminta kelompok tani dan kelompok nelayan penerima bantuan agar memanfaatkan dan memelihara dengan baik. Sebab, perawatan yang baik akan memperpanjang usia perangkat dan membuat sarana pertanian tersebut tidak mudah rusak.

“Alat-alat ini harus digunakan secara optimal, jangan sampai tidak dimanfaatkan sesuai peruntukan, sehingga akhirnya menjadi rusak,” ujar Ansy.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menyampaikan terima kasih kepada Ansy Lema yang terus memperjuangkan kebutuhan masyarakat petani dan nelayan di Kabupaten Rote Ndao sejak tahun 2020 lalu.

“Kami berharap Pak Ansy terus berjuang untuk Rote Ndao dan ke depan nantinya diharapkan akan ada bantuan yang lebih banyak. Pemerintah bersama masyarakat Rote Ndao terus mendoakan agar Pak Ansu diberikan kesehatan dan kebijaksanaan, serta terus berada di DPR RI,” kata Bupati Paulina.

Terima kasih yang sama juga disampaikan perwakilan penerima Alsintan Jeskial Doko dan perwakilan penerima alat pengolahan ikan Sumadi Beda.

Demikian siaran pers yang diterima metrotimor.id.

(**)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.