Pimpin Upacara HUT Rote Ndao KE-20, Bupati Paparkan Keberhasilan Pembangunan

oleh -79 Dilihat

 

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID—Akibat hujan yang mengguyur Kota Ba’a, sejak pagi, akhirnya Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Rote Ndao, Sabtu 2 Juli 2022 yang rencananya digelar di lapangan upacara yang tepat berada di depan kantor Bupati, terpaksa dilaksanakan di aula lantai 1 kantor Bupati.

Perayaan HUT Kabupaten Rote Ndao ke-20 menjadi tonggak sejarah bagi Kabupaten Rote Ndao  Setelah melalui diskusi panjang dengan memperhatikan rentetan fakta Sejarah, tanpa terasa, saat ini usianya sudah menginjak 20 tahun.

“Tekad dan harapan kita adalah agar Rote Ndao dapat menjadi daerah yang bermartabat,” ungkap Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, S.E dalam upacara peringatan HUT di Lobi lantai 1 Kantor Bupati Rote Ndao. Sabtu, 2 Juli 2022.

Diterangkannya, dua puluh tahun lalu, semua elemen masyarakat Rote Ndao, dalam semangat ‘Ita esa’ (Kita Satu), bahu membahu sukses memperjuangkan pembentukan wilayah administratif Rote Ndao menjadi daerah otonom.

“Upacara hari ini menjadi media intropeksi dan evaluasi terhadap komitmen dan kontribusi kita untuk kemajuan daerah ini,” kata Bupati Paulina.

Perayaan hari ulang tahun ini, juga dijelaskan Bupati Paulina, mengambil tema, ‘Rote Ndao bergerak membangun ekonomi rakyat’.

“Dan Sub tema, dengan semangat persatuan dan kesatuan, kita tingkatkan produktivitas ekonomi dan derajat kesehatan, mutu pendidikan, pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, menuju Rote Ndao yang bermartabat,” tandasnya.

Bupati Paulina juga merincikan, spirit tema dan sub tema tersebut, menjadi acuan dalam pembangunan Rote Ndao dengan prioritas diantaranya;

Pertama, meningkatkan produktivitas ekonomi berbasis Lakamola Anan Sio yang berhasil membawa Rote Ndao menjadi daerah swasembada pangan.

 

Kedua, peningkatan produksi peternakan melalui tanam odot panen Sapi dan bantuan ayam petelur untuk swasembada ayam dan telur.

Ketiga, peningkatan UMKM aktif mendukung Ekonomi Kreatif yang menghasilkan beragam produk oleh-oleh dari Rote.

Keempat, pembangunan pariwisata terintegrasi untuk meningkatkan daya tarik wisata yang sudah berulang kali meraih penghargaan. Pada tahun ini atraksi Budaya Bahoruk / Pukul Kaki masuk nominasi sepuluh besar ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) dan votingnya berlangsung sampai 31 Oktober 2022.

“Saya berharap agar kita semua berpartisipasi aktif dengan cara ketik sms API spasi 13 A, kirim ke 99386,” harap Bupati Paulina

“Saya juga mengajak seluruh masyarakat Rote untuk menghadiri festival Rote Malole yang akan diselenggarakan pada tanggal 6-7 Juli 2022,” sambungnya.

Lanjutnya, prioritas Kelima, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang fokus pada upaya penurunan angka stunting melalui berbagai inovasi, salah satunya Gerakan Kakak Angkat Adik Asuh.

Keenam, eliminasi kematian ibu dan bayi dengan meningkatkan pelayanan ibu hamil terutama yang beresiko tinggi dan perbaikan sistem layanan rujukan berbasis komunitas melalui Inovasi Mama Bo’i.

Ketujuh, kualitas pelayanan kesehatan terus  ditingkatkan. Saat ini terdapat enam dokter spesialis di RSUD Ba’a. Dokter Spesialis Patologi Klinik, Penyakit Dalam, Anak, Anestes, Bedah dan Radiologi, juga tersebar di setiap puskesmas dokter umum.

Kedelapan, meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan jumlah beasiswa yang diberikan setiap tahun, baik untuk dokter maupun mahasiswa miskin dan berprestasi.

Kesembilan, meningkatkan perlindungan masyarakat untuk menghentikan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

Kesepuluh, penanggulangan kemiskinan ekstrem melalui pembangunan rumah layak huni dengan pendekatan Aladin (Atap, Lantai dan Dinding). Saat ini, melalui kepemimpinan Bupati Paulina dan Wakil Bupati Stefanus M Saek, sudah membangun 5.589 unit, tersisa 5.675 unit yang harus dituntaskan hingga tahun 2024.

Kesebelas, pembangunan infrastruktur terus ditingkatkan terutama jalan lingkar selatan.

Keduabelas, penanggulangan bencana daerah melalui pembentukan desa tangguh bencana dan pengalokasian dana belanja tidak terduga untuk rehabilitasi embung, jalan dan abrasi.

Upaya inovasi dan kerja keras yang telah dilaksanakan dalam pemerintahan Bupati Paulina dan Wabup Stefanus antara lain

  1. Berhasil mempertahankan opini WTP atas laporan keuangan daerah Kabupaten Rote Ndao tahun anggaran 2020 dan 2021.
  2. Meraih predikat CC atau cukup baik pada tahun 2020 dan 2021 pada penilaian sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.
  3. Berhasil melakukan pengembangan wilayah dari 6 Kecamatan pada awal pembentukan Kabupaten menjadi 11 Kecamatan, 7 Kelurahan, 112 Desa, dan 22 Desa Persiapan.
  4. Berbagai penghargaan yang telah diterima Kabupaten Rote Ndao tahun sebelumnya di bidang perencanaan pembangunan, pariwisata, pencegahan stunting, pemerintahan desa, inovasi daerah dan penanggulangan kemiskinan.

Di akhir penjelasan Bupati Paulina, dirinya mengucapkan limpah terima kasih kepada para tokoh pendiri, semua elemen masyarakat dan semua pihak yang telah mendukung pembangunan di Kabupaten Rote Ndao

“Saya berterima kasih kepada para tokoh pendiri serta para pemimpin dari masa ke masa atas segala curahan pikiran dan tenaganya demi mewujudkan kesejahteraan di daerah ini. Apa yang telah dicapai kiranya dapat terus kita tingkatkan melalui kerja keras dalam semangat Ita Esa,” ungkapnya.

“Saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada segenap masyarakat Kabupaten Rote Ndao serta semua pihak yang telah berpartisipasi gotong royong dalam pembangunan di Kabupaten Rote Ndao ” sambungnya.

Tak lupa juga mengatasnamakan pemerintah dan masyarakat Rote Ndao, Bupati Paulina menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-76 pada tanggal 01 Juli 2022. Ia berharap semoga Polri terus bertransformasi menjadi Polri yang presisi.

Tambahnya, pemerintah juga akan menganugerahkan tanda kehormatan satyalancana karya satya kepada 658 ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Rote Ndao. Ia berharap, semoga jadi teladan dalam pengabdian bagi Bangsa dan Negara.

(Advetorial kerjasama Pemkab Rote Ndao & METROTIMOR.ID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.