Perayaan HUT ke-20 Kabupaten Rote Ndao Bupati Beri Setya Lencana Bagi ASN Berprestasi

oleh -127 Dilihat
Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu, Wakil Bupati Stefanus M Saek, dan Sekda Jonas M Selly, meniup lilin kea HUT ke-20, yang diberikan Bank NTT KC Rote Ndao dan Bank BRI Unit Rote Ndao. Foto: rotendaovictorynes.id

ROTE NDAO,METROTIMOR.ID–Akibat hujan yang mengguyur Kota Ba’a dan sekitarnya dan sekitarnya, sejak pagi, akhirnya Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Rote Ndao, Sabtu 2 Juli 2022 yang rencananya digelar di lapangan upacara yang tepat berada di depan kantor Bupati, terpaksa dilaksanakan di aula lantai 1 kantor Bupati.

sejak pukul 07.30 Wita, Forkopimda, pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD, pimpinan Perangkat Daerah dan para ASN lingkup Pemkab Rote Ndao, serta para undangan, sudah hadir di kantor Bupati setempat dengan mengenakan pakian adat ala Rote Ndao.

Wakil Bupati Rote Ndao Stefanus M Saek menyerahkan penghargaan kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yesy Dae Pany, atas kinerja dinas tersebut dalam ketegori Capaian Kinerja Teringgi II dan urutan I Penyerahan LKIP Tercepat.

Namun, akibat hujan deras yang tak henti-henti, akhirnya diambil kebijakan menggelar upacara HUT ke-20 Kabupaten Rote Ndao di aula lantai 1 kantor Bupati, dengan space yang terbatas dan tidak bisa menampung seluruh peserta yang sudah datang.

Walau demikian, upacara memperingati HUT ke-20 Kabupaten Rote Ndao tetap dilaksanakan secara sederhana, namun penuh khidmat. Tampak banyak ASN yang rela menembus guyuran hujan untuk menghadiri momen bersejarah memperingati berdirinya Kabupaten Rote Ndao itu.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu menyerahkan Piagam dan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya Tahun 2022 kepada Kepala Dinas Pendapatan Melkianus Ndun

Upacara yang dipimpin Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu itu berjalan lancar dan aman hingga selesai.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan Tanda Kehormatan Satya Lencana Karya Satya Tahun 2022, Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Perangkat Daerah di lingkup Pemkab Rote Ndao, oleh Bupati Paulina, Wakil Bupati Stefanus Saek, dan Forkopimda.

Kegiatan ditutup dengan peniupan lilin kue HUT ke-20 oleh Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda Jonas M Selly, dan para Asiten. Setelah itu dilakukan sesi foto bersama.

Menurut malam hari Syukuran HUT ke-20 akan dilaksanakan pukul 18.00 Wita, di auditorium Ti’ilangga, Kompleks Civic Center kantor Bupati Rote Ndao.

Bupati Paulina Canangkan Penerapan dan Pengenalan KTP Digital

Tepat di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (02/07/2022), Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu,SE melakukan Pencanangan Penerapan dan Pengenalan KTP Digital.

Acara pencanangan tersebut dilaksanakan di ruang Video Conference, lantai 2 kantor Bupati Rote Ndao, dihadiri Bupati Paulina, Wakil Bupati Stefanus Saek, mantan Wakil Bupati Jonas C Lun, Kapolres Rote Ndao AKBP I Nyoman Putra Sandita, Kajari Rote Ndao Budi Narsanto, anggota DPRD Rote Ndao Zinsedaorf J Adu dan Charlie Lian, Sekda  Jonas M Sell,MM. Kepala BNNK Rote Ndao R Bogie SP Nusa, dan sejumlah pejabat instansi vertikal dan pimpinan Perangkat Daerah.

 

Bupati Paulina dalam sambutannya mengatakan, siap mendukung suksesnya penerapan KTP Digital oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri RI, yang akan dilakukan secara bertahap mulai tahun ini.

Untuk saat ini, kata Bupati Paulina, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia telah melakukan uji coba di kalangan sendiri serta 58 kabupaten/kota di Indonesia, dan secara bertahap akan dibuka untuk masyarakat umum.

“Khusus di Kabupaten Rote Ndao, dalam pencanangan penerapan sekaligus pengenalan, maka diberikan ruang akses kepada Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda, anggota DPRD, serta pejabat eselon 2, dan pejabat instansi vertikal yang ada untuk meregistrasi,” katanya.

Bupati Paulina berharap dengan dilakukannya pencanangan KTP Digital hari ini, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Rote Ndao harus siap melakukan sosialisasi dan memperkenalkan kepada masyarakat luas, sambil menunggu kebijakan lanjutan Kemendagri dalam rangka pembukaan untuk umum.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Rote Ndao Petson Hangge mengatakan, KTP Digital akan menjadi pelayanan dasar karena nantinya terintegrasi dengan berbagai program Pemerintah Pusat.

Menurutnya, untuk bisa memiliki KTP Digital, syaratnya harus memiliki handphone android atau smartphone. Selain itu harus ada jaringan internet.

Untuk masuk ke dalam aplikasi ini, pengguna harus melakukan registrasi dengan memasukan NIK, email, dan nomor ponsel. Dalam aplikasi identitas digital ini, pengguna bisa mengakses dokumen kependudukan masing-masing, seperti KTP Digital yang dilengkapi dengan QR Code.

Dijelaskan Petson, manfaat KTP Digital, antara lain:
1. Mempermudah dan mempercepat transaksi pelayanan publik atau privat dalam bentuk digital.
2. KTP digital bisa mengamankan kepemilikan identitas digital melalui sistim otentifikasi untuk mencegah pemalsuan data.

3. Pembuatan identitas menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih murah, dan efisien.

Ditanya terkait bagaimana bagi warga yang tidak punya smartphone, Petson Hangge katakan, Sesuai arahan Kemendagri melalui Dirjen Dukcapil tetap menerapkan prinsip pelayanan dua jalur, yakni layanan digital dan juga layanan secara fisik (manual).

“Jadi selain kami tetap akan menerapkan prinsip pemberian layanan secara digital dan juga fisik, sambil secara bertahap mempersiapkan segala sesuatu menuju digital,” katanya.

(ADVETORIAL KERJASAMA PEMKAB ROTE NDAO DAN METROTIMOR.ID)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.