Rote Ndao Kembali Raih Opini WTP, Bupati Paulina : Terima Kasih Untuk Kita Semua  

oleh -56 Dilihat
Selasa (17/05/2022) petang, Ada 5 Bupati dan Ketua DPRD di NTT yaitu : Rote Ndao,TTS, Nagekeo, Sumba Tengah, Manggarai Timur berkumpul di Kantor BPK Perwakilan Provinsi NTT di Kupang dalam rangka penerimaan LHP BPK atas LKPD Pemerintah daerah tahun anggaran 2021.

 

Pemerintah Kabupaten Rote Ndao (Pemkab)  kembali meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Tahun Anggaran 2021.

Hal tersebut merupakan Sebuah Opini yang menunjukan profesionalisme Pemerintah Daerah dalam pengelolaan keuangan daerah sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Ini merupakan salah satu capaian positif Bupati Paulina Haling-Bullu,SE dan Wakil Bupati Stefanus M. Saek,SE,M.Si dalam hal pengelolaan keuangan yang baik dan professional untuk pembangunan daerah.

Pada selasa (17/05/2022) petang, Ada 5 Bupati dan Ketua DPRD di NTT yaitu : Rote Ndao,TTS, Nagekeo, Sumba Tengah, Manggarai Timur berkumpul di Kantor BPK Perwakilan Provinsi NTT di Kupang dalam rangka penerimaan LHP BPK atas LKPD Pemerintah daerah tahun anggaran 2021.

Bupati Rote Ndao Paulina Haning-Bullu,SE hadir dan didampingi Ketua DPRD Alfred Saudila dan Sekretaris Daerah Drs. Jonas M. Selly,MM. LHP BPK ini diserahkan langsung oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi NTT Adi Sudibyo.

Bupati Paulina mengungkapkan WTP untuk LKPD Pemerintah Kabupaten Rote Ndao tahun ini adalah yang kedua kalinya dalam masa kepemimpinannya bersama Wabup Stef. Untuk itu ia tak dapat menyembunyikan rasa haru, syukur dan terima kasihnya atas capaian ini.

Ia menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Kepala kantor BPK Perwakilan Provinsi NTT serta semua jajarannya atas semua dampingannya terhadap pemerintah daerah sehingga hasil yang baik ini dapat dicapai.

“Terima kasih kepada Kepala Kantor  BPK Perwakilan Provinsi NTT serta seluruh jajaran yang telah membimbing kami selama proses ini berlangsung. Terhadap catatan-catatan kecil yang diberikan menjadi perhatian dan tentu kami terus mengharapkan bimbingan untuk lebih baik lagi ke depannya,” ungkap Bupati Paulina. Ia menambahkan, WTP kali ini adalah yang kedua kali diterima dimasa kepemimpinannya bersama Wabup Stef. Sehingga ia juga menyampaikan terimakasih kepada DPRD Rote Ndao, pemerintah dan seluruh masyarakat Rote Ndao.

Bupati Paulina melihat capaian ini sebagai hasil kerja keras bersama.

“ Ini merupakan opini WTP yang kedua. Terima kasih Pimpinan dan anggota DPRD, jajaran Pemkab Rote Ndao dan seluruh masyarakat yang bekerja keras sehingga kita mampu mempertahankan opini WTP ini dua tahun berturut-turut. Juga semua pihak yang memberikan kontribusi dalam pengelolaan keuangan daerah ini secara profesional,” ungkap Bupati Paulina.

Pemerintah daerah, lanjut Bupati Paulina, dibawah kepemimpinannya akan terus menjaga komitmen untuk tata kelola keuangan daerah yang professional. Penyusunan anggaran tetap maksimal untuk memberikan dampak yang positif bagi penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah ini.
Bupati Paulina menyatakan wujud profesionalisme pengelolaan keuangan daerah sesuai standar akuntansi pemerintah terbaca lewat raihan WTP ini. Artinya pemerintah daerah telah mampu memenuhi standar pengelolaan keuangan daerah yang baik. “ Sebuah pernyataan profsionalisme yang menunjukan bagaimana pemerintah kabupaten Rote Ndao memenuhi standar akuntansi pemerintah dalam pengelolaan keuangan daerah,” Jelas Bupati Paulina.

Menurutnya, capaian ini juga terus memotivasi jajaran Pemkab Rote Ndao agar semakin bersemangat dan profesional dalam bekerja dan terus mempertahankan Predikat WTP ini.

Meski demikian, Bupati Paulina juga menyadari bahwa hasil yang diraih ini bukan tanpa kendala. Menurutnya, masih ada beberapa hal yang tetap harus di sempurnakan lagi agar tidak terjadi kesalahan di tahun yang akan datang.
“ Bukan berarti tidak ada temuan lagi. Kita harus akui bahwa masih ada yang menjadi perhatian untuk ditindaklanjuti sehingga harapan kita sedikit kendala yang sempat dihadapai tidak terulang di tahun berikutnya,” harap Bupati Paulina.

 

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Rote Ndao, Alfred Saudila mengatakan, DPRD memberikan dukungan secara kelembagaan kepada pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah agar menjadi semakin baik. “ DPRD memberikan dukungan. Lembaga DPRD mendukung pemerintah untuk terus meningkatkan pengelolaan keuangan daerah. Agar terus semaik baik,” tegasnya.

 

Untuk diketahui, dalam surat BPK Perwakilan NTT Nomor 241/S/XIX.KUP/05/2022 tertanggal 17 Mei 2022 dengan Perihal Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Rote Ndao Tahun Anggaran 2021 yang ditujukan kepada Bupati dan Ketua DPRD Rote Ndao menyatakan pokok hasil pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah bahwa Opini yang diberikan BPK atas LKPD Pemkab Rote Ndao Tahun Anggaran 2021 adalah Wajar Tanpa Pengecualian.

 

(ADVETORIAL )

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.