Gandeng Kemenkes RI,Anggota Komisi IX DPR Sosialisasi Prokes Vaksinasi Covid-19 Di Rote Ndao

oleh -50 views
, Metro Timor
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena (MLL), disambut secara adat oleh Tokoh masyarakat dan Ketua Majelis Sion Nahaduoen, Minggu (21/11/2021)

Editor: Agustinus Bobe,

ROTE NDAO, METROTIMOR.ID–Sosialisasi Program Kementerian Kesehatan untuk masyarakat dan  vaksinasi Covid-19 digelar oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI bersama DPR RI Komisi IX di Gereja GMIT Silo,Nauhadoen,Kecamatan Lobalain,Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT),Minggu (21/11/2021).

Pemateri  Wakil Ketua  Komisi IX DPR RI Fraksi Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao,dr.Nelly.F.Riwu, dan turut hadir   perwakilan Kemenkes RI.,Wakil Ketua DPRD Rote Ndao,Yosia A.Lau,SE, Ketua Fraksi Golkar DPRD Meksi Mooy,S.Pd  serta Wakil Ketua Partai Golkar Rote Ndao, Ricki Ndolu.

, Metro Timor
Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Fraksi Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena,Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao,dr.Nelly.F.Riwu, perwakilan Kemenkes RI.,Wakil Ketua DPRD Rote Ndao,Yosia A.Lau,SE saat mengelar Sosialisasi Program Kementerian Kesehatan, Minggu (21/11/2021) di Gereja GMIT Sion Nauhadoen.

Pada kegiatan yang dihadiri sekitar 200 orang peserta yang berasal dari warga Gereja GMIT Silo, Nahadoen,Kecamatan Lobalain,Rote Ndao umumnya, difokuskan pada sosialisasi Germas, Prokes dan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

 

Anggota Komisi IX DPR RI,Emanuel Melkias Lakalena memaparkan, betapa  pentingnya menerapkan perilaku hidup sehat. Hal ini sejalan dengan keadaan saat ini,di mana terdapat pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat menjaga kekebalan tubuh,agar kuat dalam menghadapi ancaman virus corona ini.

Baca Juga:  Perkuat Kerja Sama Pembangunan Infrastruktur TIK, Menkominfo Temui Kapolri

 

“Dalam menghadapi ancaman virus,masyarakat tidak boleh lalai dalam menjaga kesehatan, utamanya terus mengikuti anjuran dari pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19,” katanya

 

Selain menyampaikan terkait dengan Prokes,Lakalena juga sampaikan terkait dengan vaksinasi Covid-19 yang merupakan program pemerintah dan harus kita dukung pelaksanaannya. Baginya vaksinasi harus tetap dilaksanakan,kalau capaian vaksinasi di Wilayah NTT Khususnya di Rote Ndao sampai sasaran 70%, maka bisa terlaksana Herd Immunity.

 

“Saya harap,pemerintah daerah untuk lebih fokus dalam pelaksanaan vaksinasi terhadap masyarakat, nantinya pemberian vaksin ini harus merata sebagai salah satu upaya pencegahan virus Covid-19, dan kalau sudah mencapai 70% sasaran vaksinasi, maka itu akan berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian masyarakat,” ungkapnya

Baca Juga:  Bovine Colostrum (KOLOSTRUM SAPI) Sebagai Sumber Antibodi IgA Dan IgG Di Luar Tubuh Manusia

 

Lakalena juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak takut pada saat akan melakukan vaksinasi.

“Kepada pemerintah Rote Ndao dalam pelaksanaan sosialisasi vaksinasi Covid-19,untuk mengikutsertakan tokoh masyarakat seperti Tokoh Agama,Pemuda dan lainnya,” pungkasnya.

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rote Ndao, dr.Nelly F.Riwu pada kesempatan yang sama mengatakan, ia berharap kepada masyarakat Rote Ndao untuk mau divaksin,jangan takut karena vaksinasi ini untuk meningkatkan imunitas tubuh kita,agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

“Dengan banyaknya beredar berita bohong atau hoaks di media sosial tentang vaksinasi, saya harap masyarakat jangan percaya,”pesannya.

dr.Nelly pun menyebutkan, jumlah kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Rote Ndao saat ini tercatat posetif 1.888,sembuh sebanyak 1.809,yang meninggal 30 orang, total kasus yang masih aktif sebanyak 49 orang.

Baca Juga:  1.030 KK DI Belu Korban Siklon Seroja Terima “SUMBANGAN PARA PIHAK”

Saat ini 2 orang sedang isolasi terpusat di Rusun Ne’e,sedangkan 47 orang isolasi mandiri dalam pantauan tenaga medis, hal ini diakibatkan tidak menerapkan Prokes Covid-19.

Ia juga berterima kasih kepada MLL dan partai Golkar melalui Yellow Clinik yang telah berkontribusi besar kepada  masyarakat Rote Ndao untuk vaksin covid-19.

Kehadirian Rombongan Wakil Ketua  Komisi IX DPR RI Fraksi Golkar Emanuel Melkiades Laka Lena (MLL), disambut secara adat oleh tokoh masyarakat dan Ketua Majelis Sion Nahaduoen dan tarian Adat.

Usai kegiatan dilaksanakan penyerahan bingkisan oleh Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melkias M.Lakalena kepada masyarakat secara simbolis yang diterima oleh tokoh masyarakat.

Kegiatan sosialisasi berjalan sesuai Protokol Kesehatan (Prokes) berjalan aman,lancar,berkat kesiagaan anggota Polsek Lobalain dipimpin oleh Kapolsek Ipda I Gede Putu Parwata, SH.

(***)