Dinas DP3AP2KB Gelar Sosialisasi Pencegahan Stunting di Desa Siomeda

oleh -105 views
, Metro Timor
Sosialisasi Stunting di Kantor Desa Siomeda, Sabtu (10/10/2021)

Editor: Agustinus Bobe,

ROTE NDAO, METROTIMOR.ID–Pemerintah Kabupaten ROTE Ndao melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten ROTE Ndao, Provinsi NTT,  menggelar sosialisasi pencegahan stunting di Desa Siomeda, Kecamatan ROTE Tengah, Sabtu (9/10/2021), dengan tujuan sosialisasi tersebut untuk mendukung program Bupati ROTE Ndao dalam pencegahan stunting.

Kepala Bidang Perlindungan Hak Anak Marthen J.Huan, S.H  mengatakan, dari  dinas  menyasar kurang lebih 50 Desa sehari bisa sampai 3 Desa dan pihaknya bersama   teman-teman ditugaskan oleh kepala DP3AP2KB Kabupaten ROTE Ndao, untuk mengelar sosialisasi  di Desa Siomeda,” terangnya.

Baca Juga:  Babinsa Di Rote Ndao Korbankan Uang Hasil Penjualan Kue Istrinya Demi Bantu Paket Sembako Untuk Warga Binaannya

Ia  mengatakan sosialisasi pencegahan stunting tahun 2021  digelar di semua kecamatan yang ada di Kabupaten ROTE Ndao.

, Metro Timor

“Sosialisasi ini menyangkut pentingnya memahami 1.000 hari pertama kehidupan, yaitu sejak bayi berada di dalam kandungan sampai bayi berumur dua tahun,” ujar Huan.

Ia menjelaskan, sosialisasi ini juga adalah upaya untuk menekan angka stunting di ROTE Ndao yang cukup tinggi, sehingga dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan angka stunting bisa menurun.

“Butuh peran dari semua pihak, terutama bagi para orang tua. Bimbingan orang tua adalah benteng awal untuk para Anak-Anak yang kini berusia remaja ini untuk menyambut masa depan mereka yang lebih baik,” harap Huan.

Baca Juga:  Perayaan Misa Jumat Agung, Mengenang Kisah Sengsara Yesus Kristus Yang Tersalib

Menurut Huan, untuk melahirkan generasi yang sehat harus melibatkan semua sektor, baik itu dari pemerintah daerah, kecamatan, desa hingga peran orangtua dan keluarga.

“Semua pihak mesti terlibat dan memiliki kesadaran yang sama, bahwa kesehatan generasi menjadi sangat penting untuk diperhatikan,” katanya.

Kepala Desa Siomeda, Kecamatan ROTE Tengah, Dominikus Manafe,S.Pd menegaskan, permasalahan stunting di Indonesia menjadi suatu hal yang perlu ditangani secara cepat oleh semua pihak.

Baca Juga:  Polres Rote Ndao Segera Tindak Lanjuti Kasus Persetubuhan Anak Dibawah Umur

Ia mengaku senang dengan kehadiran Dinas DP3AP2KB Kabupaten ROTE Ndao  yang hadir di Desanya, Sabtu (10/10/2021), dalam rangka sosialisasi menurunkan angka stunting di ROTE Ndao khusus didesanya.

Ia juga mengingatkan, baik Ibu hamil dan para remaja mesti juga punya kesadaran yang sama, sebab nasib generasi di ROTE  diemban oleh mereka.

Hadir dalam Sosialisasi tersebut,Amelia Abdul,S.Kom, Kepala Sub Bagian dan Perencanaan dan Pelaporan  pada Sekertariat DP3AP2KB, staf Lapangan PPKBP3A, Ridho Amalo dan Thobias Bessie.

(Idf)