KKN Di Mukusaki, Pihak Unipa Hadirkan Anggota DPRD Ende

oleh -53 views
, Metro Timor
Yohanes Don Bosco Richardson Minggo, S.Pi.M.Si - Ketua Program Studi Manajemen Sumber Daya Perikanan UNIPA Maumere

MAUMERE-METROTIMOR.ID – Dalam rangka pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat pesisir di masa pandemi covid-19, mahasiswa Unipa melaksanakan kegiatan KKN di wilayah Desa Mukusaki, Kabupaten Ende. Kegiatan ini akan berlangsung sekitar 1 bulan.

, Metro Timor

Kepada Metrotimor.id, Selasa (22/06), Ketua Program Studi Manajemen Sumber Daya Perikanan yang juga sebagai Dosen Pendamping Lapangan kegiatan KKN di Desa Mukusaki, Yohanes Don Bosco Ricardson Minggo, S.Pi.M.Si mengatakan, tema besar yang diusung dalam kegiatan KKN kali ini adalah Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Masyarakat Pesisir ditengah pandemi Covid-19.

Dikatakan Bosco, terkait dengan tema tersebut, pihaknya yang melaksanakan KKN di Desa Mukusaki melakukan beberapa macam kegiatan atau program, dan yang paling utama adalah peningkatan ekonomi di bidang Perikanan bagi masyarakat pesisir dalam kegiatan pembuatan Abon Ikan, sedangkan di bidang Pertanian pihaknya melakukan kegiatan pelatihan pembuatan pupuk dan penanaman sayur-sayuran, terangnya.
Selain itu pihaknya juga melakukan kegiatan Pemerintah Desa yakni melakukan pendataan, pembuatan papan jalan dan juga kegiatan-kegiatan lainnya yang mendukung program Desa.
Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa disela-sela kegiatan KKN tersebut pihaknya juga mengundang salah satu anggota DPRD Kabupaten Ende yang juga adalah ketua komisi 3, Vinsensius Sanggu, SH untuk berdiskusi dan sekaligus mendorong dan memberikan inovasi bagi orang muda ataupun masyarakat yang ada di desa tersebut, termasuk dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan saat KKN terswbut, jelas Rickson.
Selain itu, ada juga beberapa hal yang merupakan aspirasi dari masyarakat yang bisa disampaikan melalui kehadiran anggota DPRD Ende tersebut antara lain, tidak adanya Dokter di Puskesmas dan juga kekurangan mobil ambulance di puskesmas tersebut.
Diakui Bosco bahwa kehadiran anggota DPRD tersebut merupakan usaha dari pihaknya dalam rangka membantu masyarakat di wilayah KKN tersebut untuk menyampaikan aspirasi-aspirasi mereka lewat kehadiran anggota DPRD ini.
Selain itu, Vinsensius Sanggu juga memberikan modal awal sebesar 3,5 juta kepada kelompok olahan sabuk kelapa dan juga mendorong agar desa tersebut bisa memiliki website desa. Dan pihak Unipa pun sudah bersedia untuk bekerja sama dalam pembuatan Website desa tersebut, ujar Bosco yakin.
Ia menambahkan bahwa saat itu juga pihaknya langsung menghidupkan kembali kelompok nelayan yang selama ini tidak aktif dengan melakukan kegiatan awal berupa pembuatan abon ikan, ungkap Bosco.
Dengan demikian dirinya mengakui bahwa kehadiran Vinsen Sanggu selaku Ketua Komisi 3 DPRD Ende disela-sela kegiatan KKN mampu memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat di wilayah desa Mukusaki. Ia berharap agar apa yang sudah dilakukan oleh Vinsen Sanggu ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, ucap Bosco.

Baca Juga:  Heppy Trenggono: Pesantren Bisa Selamatkan Ekonomi dan UMKM

*(Frans Dhena)*