Hari Ketiga Evaluasi Pencapaian Indikator Kinerja RPJMD 2016-2021 Bupati dan Wakil Bupati Belu Tekankan Data dan Koordinasi

oleh -12 views
, Metro Timor

 

 

ATAMBUA,METROTIMOR.ID – Hari ketiga pelaksanaan Rapat Evaluasi Pencapaian Indikator Kinerja Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Belu tahun 2016-2021, Bupati dan Wakil Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM dan Drs. Aloysius Haleserens, MM menegaskan pentingnya data yang riil dan akurat serta selalu berkoordinasi antar lintas OPD demi mewujudkan visi dan misi Pemerintah yakni “Mewujudkan Masyarakat Belu yang Sehat, Berkarakter dan Kompetif”.

Evaluasi Pencapaian Indikator Kinerja RPJMD tahun 2016-2021 pada hari ketiga ini adalah dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan PDAM Belu dan dihadiri juga oleh pemerhati Bidang PUPR dan PDAM. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Wanita Betelalenok Atambua, Rabu (9/6/2021).

Bupati Belu, dr. Taolin Agustinus dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa hal penting diantaranya agar PDAM menyiapkan rencana induk sistem distribusi air dalam kota secara lengkap dengan biaya dan tahapan pembangunannya.
“Tadi saya dengar Kepala Dinas PUPR bilang sudah sebagian. Mari kita duduk bersama karena Dinas PUPR sendiri tidak bisa, PDAM sendiri juga tidak bisa. Jadi siapkan rencana induk distribusi dalam kota lengkap dengan biaya dan tahapan pembangunannya, kaji peremajaan jaringan perpipaan secara bertahap, termasuk sambungan rumah menjangkau seluruh masyarakat dalam kota,” tandas Bupati Belu.

Baca Juga:  TNI Gelar Kerja Bakti Sosial Mempercantik Ibukota Kabupaten Rote Ndao

Bupati juga menginstruksikan agar membentuk tim terpadu dengan Dinas PUPR untuk menginventarisir sumber air yang potensial untuk Kota Atambua.
“Perhatikan kondisi debit air terutama saat musim hujan dan musim kemarau agar disaat intervensi pada saat musim kemarau tidak kelabakan, berapa armada yang harus disiapkan, sumber air dimana yang mau kita ambil, bagaimana distribusinya termasuk biayanya sehingga nanti di perubahan musim kemarau kita sudah siap,” ujarnya.

Bupati Belu juga menginstruksikan kepada PDAM agar membuat bisnis plan secara terperinci.

Bupati Belu juga menenkankan pentingnya data yang akurat dan valid, sehingga harus disiapkan secara baik.
“Kita sedang menuju Belu satu data, bertahap kita integrasikan dari semua sektor sehingga semuanya dapat dilihat dengan cepat di internet. Ini tidak gampang tetapi kita akan menuju kesana,” terang Bupati Belu.

Baca Juga:  Emanuel Makaraek Siap Aktif Jadi Kader PDIP

Diakhir, Bupati Belu kembali mengingatkan agar hal-hal yang menjadi rekomendasi dalam rapat ini untuk disiapkan datanya dan dalam waktu dekat akan dipaparkan lagi secara teknis dalam Focus Group Discussion.

Wakil Bupati Belu, Drs. Aloysius Haleserens, MM yang hadir dalam kesempatan tersebut kembali menekankan pentingnya data yang akurat dan valid serta memperkuat koordinasi dan komunikasi yang baik dan terarah.
“Hasil amatan saya ternyata benar, kurang kita itu didata. Data harus disiapkan dengan baik dan benar. Setelah ada data, tadi disampaikan bahwa koordinasi kita lemah karena ego kita tinggi. Kita harus mengakui itu,” ujar Wabup, Alo Haleserens.

Baca Juga:  Didampingi Dandim, Bupati Sikka Tinjau Lokasi TMMD

Lanjutnya, dalam rapat terdapat berbagai masukan kepada PDAM dan Dinas PUPR agar diperhatikan dan ditindaklanjuti.
“Kita lihat ada berbagai masukan untuk PDAM yakni sambungan rumah tangga, meteran ilegal, coba dicek, ini harus dicek baik-baik karena ini untuk keperluan kita semua, kita harus memperbaiki ini dan juga PDAM harus membuat kajian yang matang,” tandas Wabup.

Wabup juga menyampaikan kepada Dinas PUPR untuk mendata secara baik serta memperhatikan skala prioritas.
“Berhubungan dengan Perda Tata Ruang, kurang kita disosialisasikan dengan menggandeng Bagian Hukum dan Badan Pertanahan serta OPD terkait. Sertifikat tanah masyarakat juga menjadi perhatian saat dilakukan pelebaran jalan. Jadi, yakinlah bahwa kepemimpinan kita bersama dalam membangun Belu kedepan ini kita pasti mencari jalan keluarnya,” tutup Wabup Belu.

(prokompimbelu)